PERHITUNGAN ZAKAT HASIL PERTANIAN BAGI PETANI DI DESA KERUMUT LOMBOK TIMUR

Authors

  • Muaidy Yasin Universitas Mataram
  • Surati Surati Universitas Mataram
  • Akhmad Jufri Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/independen.v2i1.44

Keywords:

Perhitungan Zakat, Hasil pertanian, Petani

Abstract

Pengabdian pada masyarakat ini berjudul “Penyuluhan Tentang perhitungan zakat hasil pertanian di Desa Kerumut Kecamatan Pringgabaya Lombok Timur”, bertujuan untuk Memberikan pemahaman tentang zakat hasil pertanian kepada petani padi dan menjelaskan cara perhitungan besarnya zakat hasil pertanian.

Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode metode ceramah dan diskusi kelompok terarah (focus discussion group) serta pendampingan kepada para peserta, dengan memberikan contoh dan cara perhitungan zakat hasil pertanian dan peternakan kepada para petani yang menajadi sasaran dalam kegiatan penyuluhan ini. Dari hasil diskusi kelompok terarah dengan peserta diperoleh informasi bahwa, para petani di desa kerumut pada umumnya telah mengeluarkan zakat hasil pertaniannya setelah panen usai dilakukan. Dalam penyaluran zakat hasil pertanian tersebut, para petani langsung memberikan zakat tersebut kepada warga di desa kerumut yang dianggap berhak menerimanya yaitu anggota masyarakat yang kurang mampu.      

Pengelolaan zakat belum berjalan secara efektif, dibawah Badan Amil Zakat Desa (BAZDES). Badan ini dihajatkan untuk mengelola zakat yaitu menghimpun dan menyalurkan zakat baik zakat harta, zakat hasil pertanian maupun peternakan dan jenis zakat lainnya, namun hingga saat ini berlum berjalan sebagaimana diharapkan. Untuk lebih efektipnya pengelolaan zakat, maka perlu dilakukan reorgnisasi pengelolaan zakat yang ada sekarang ini, tidak lagi dibawah koordinasi Ketua Badan Amil Zakat Desa (Bazdes) tetapi dibawah Ta’mir Masjid.

References

_________. 2002. Perda Pengelolaan Zakat, Bagian Hukum Sekretariat Daerah. Lombok Timur.

_________. 2010. Laporan Pelaksanaan Kegiatan Tahun 2010, BAZDA, Lombok Timur.

_________ 2020. Kecamatan Pringgabaya Dalam Angka, Mataram

Muslim, Muslihun, 2005, Fiqih Ekonomi, LKIM UIN Mataram,

Muhasim, Ahmad, 2008, Pendidikan Agama Islam, Lembaga Cerdas Press, Mataram.

Rasjid, H. Sulaiman, 1989, Fiqh Islam, Sinar Baru, Bandung.

Indrijatiningrum, Mustikorini, 2005, Zakat Sebagai Alternatif Penggalangan Dana Masyarakat Untuk Pembangunan, EKSIS, Jakarta.

Nurlaili, 2008, Prospek Zakat Sebagai Salah Satu Pembentuk PAD di Kabupaten Lombok Timur, Skripsi, Tidak dipublikasikan.

Khatimah, Husnul, 2005, Pengaruh Zakat Produktif Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Ekonomi Para Mustahik, EKSIS, Jakarta

Yasin, Muaidy, 2011. Pembiayaan Usaha Tani dan Implikasinya pada Pendapatan dan Kesejahteraan Petani Padi Dalam Perspektif Islam di Lombok Tumur. Disertasi.

Downloads

Published

2021-05-25

How to Cite

Yasin, M., Surati, S., & Jufri, A. (2021). PERHITUNGAN ZAKAT HASIL PERTANIAN BAGI PETANI DI DESA KERUMUT LOMBOK TIMUR. Jurnal Abdimas Independen, 2(1), 77–85. https://doi.org/10.29303/independen.v2i1.44