PENGUATAN USAHA TAHU DAN TEMPE KEKALIK MELALUI PELATIHAN MENGHITUNG HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN PENDEKATAN FULL COSTING

Authors

  • Lukman Effendy Universitas Mataram
  • Isnawati Isnawati Universitas Mataram
  • Eni indriani Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/independen.v1i1.8

Keywords:

Harga Pokok Produksi; Full Costing; Usaha Kecil dan Menengah

Abstract

Masalah pokok yang sering terjadi dari para pengusaha industri tahu tempe adalah meningkatnya harga kacang kedelai dalam beberapa bulan ini. Kelangkaan kedelai impor dari Thailand yang merupakan kedelai dengan kualitas terbaik dan yang digunakan oleh usaha tahu tempe Pak Satriawan inilah yang menyebabkan harga kacang kedelai meningkat drastis. Selama ini, perhitungan biaya produksi yang dilakukan oleh perusahaan hanya berdasarkan perkiraan saja. Perusahaan hanya menghitung biaya produksi berdasarkan bahan baku saja tanpa menghitung biaya seperti penyusutan, gaji karyawan, dan biaya overhead pabrik. Hal ini dapat mempengaruhi keuntungan yang didapat oleh perusahaan dan dapat membuat perusahaan mengalami kerugian. Solusi yang ditawarkan untuk masalah perhitungan harga pokok produksi yang dihadapi para pengusaha tahu dan tempe milik Pak Satriawan di Kekalik, dengan cara memberikan pelatihan cara menghitung harga pokok produksi yang sesuai menggunakan pendekatan Full Costing. Harapannya dari kegiatan PKM ini,

Pak Satriawan benar-benar menentukan harga jual berdasarkan harga pokok produksi yang sudah dihitung sebelumnya. Kegiatan Pengabdian ini berjalan dengan lancar dan telah berhasil memberikan pemahaman kepada Bapak Satriawan bahwa perhitungan harga pokok produksi yang diterapkan selama ini masih keliru, karena perhitungannya tidak berdasar pada metode atau konsep Full Costing atau Variabel Costing. Dari kegiatan pengabdian ini memberikan kesimpulan bahwa terdapat selisih harga pokok menurut perhitungan Bapak Satriawan dengan perhitungan Metode Full Costing sebesar Rp. 338 (Rp.20.390 - Rp.20.052) percetak dan Rp.16.900 (Rp.338 x 50 cetak) per hari.

References

Aripin, Zainal. 2014. Analisis Harga Pokok Produksi Tahu Tempe Pada Home Industri Lela Jaya Manna, Bengkulu Selatan.Skripsi. Jurusan Manajemen. FEB Universitas Bengkulu.

Mulyadi. (1997). Akuntansi Manajemen. Yogyakarta: STIE YKPN.


Mulyadi. (2012). Akuntansi Biaya. Yogyakarta: BPFE.


Suprihatin, Latib. 2009. Penyusunan Harga Pokok Produksi Pada Pabrik Tahu “ Bu Gito” Pedan Dengan Metode Process Costing. Tugas Akhir. Prodi D3 Akuntansi. FEB Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Supriyono. (1999). Akuntansi Biaya. Yogyakarta: BPFE.

Downloads

Published

2020-05-25

How to Cite

Effendy, L., Isnawati, I., & indriani, E. (2020). PENGUATAN USAHA TAHU DAN TEMPE KEKALIK MELALUI PELATIHAN MENGHITUNG HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN PENDEKATAN FULL COSTING. Jurnal Abdimas Independen, 1(1), 23–43. https://doi.org/10.29303/independen.v1i1.8