The ISLAM-BASED ENTREPRENEUR EDUCATION AND INTRODUCTION OF SHARIA ACCOUNTING FOR TILE AND RED BRICK BUSINESS GROUPS

Authors

  • Endar Pituringsih universitas mataram
  • Khalid Abjadi Universitas Mataram
  • Thatok Asmony Universitas Mataram
  • Hailuddin Hailuddin Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/independen.v4i2.816

Keywords:

Pengenalan Akuntansi Syariah, Entrepreneur Berbasis Islam, Pencatatan dan Pembukuan

Abstract

Kegiatan pelatihan dan pendampingan tentang entrepreneur berbasis islam dan pengenalan akuntansi syariah bagi kelompok usaha genteng dan bata merah di Lingkungan Bawak Gunung Desa Dasan Geres Kecamatan Gerung. Tujuan di lakukannya kegiatan ini adalah untuk memberikan kontribusi pengetahuan serta bekal keterampilan bagi kelompok usaha genteng dan bata merah di lingkungan Bawak Gunung desa Dasan Geres kecamatan Gerung mengenai entrepreneur berbasis islam dan pengenalan akuntansi syariah. Hasil pelatihan dan pendampingan tentang entrepreneur berbasis islam dan pengenalan akuntansi syariah bagi kelompok usaha genteng dan bata merah di Lingkungan Bawak Gunung Desa Dasan Geres Kecamatan Gerung meningkatkan pengetahuan pengurus dan pentingnya dalam pengenalan akuntansi syariah kepada entrepreneur. Indikator keberhasilan yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu tingkat kehadiran peserta pengabdian yang sangat tinggi, animo yang besar untuk mengikuti kegiatan, tanya jawab yang aktif serta interaksi dua arah yang baik antara tim pengabdian dan peserta selama proses diskusi berlangsung. Beberapa hal yang masih kurang baik dalam pelaksanaannya akan ditingkatkan pada kegiatan mendatang, yaitu praktik dalam pencatatan pembukuan dan pembuatan laporan keuangan syariah dalam kewirausahaan.

References

Abd Aziz’, A.S, Dato. (2002). Konsep Syarikat Dalam Islam: Satu Tinjauan, Universiti Utara: Malaysia. 81-86.

Agustina, Y., Setianingsih, S., Santoso, YD. 2019. Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Bagi Entitas Mikro, Kecil dan Menengah Bidang Usaha Dagang pada UMKM Binaan Pusat Inkubasi Bisnis Syariah Majelis Ulama Indonesia. Intervensi Komunitas, 1 (1):1-13.

Amin, Asbi., Niken, PA. 2019. Pelatihan Laporan Keuangan Syariah Bagi Entrepreneur Muda Di Makassar. Al-Khidmat, 2 (2): 1-4.

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Pituringsih, E., Abjadi, K., Asmony, T. ., & Hailuddin, H. (2023). The ISLAM-BASED ENTREPRENEUR EDUCATION AND INTRODUCTION OF SHARIA ACCOUNTING FOR TILE AND RED BRICK BUSINESS GROUPS. Jurnal Abdimas Independen, 4(2), 109–117. https://doi.org/10.29303/independen.v4i2.816