Edukasi Pembukuan dan Perpajakan untuk Meningkatkan Kapasitas Lembaga Pendidikan Nonformal dan Pelatihan Kerja Kemaritiman

Authors

  • D. Tialurra Della Nabila Universitas Mataram
  • Baiq Anggun Hilendri Lestari
  • Widia Astuti
  • Yogi Firman Hadi
  • Yulia Irma Suriyani

DOI:

https://doi.org/10.29303/independen.v4i2.891

Keywords:

pengabdian, pembukuan, perpajakan

Abstract

Internasional Sci-Tech Diving Assosiation (ISTDA) didirikan untuk mewadahi akselerasi peningkatan kuantitas dan kualitas Sumber Daya Manusia di bidang jasa usaha kemaritiman. Terbatasnya pengetahuan tentang pembukuan dan perpajakan di bidang jasa kemaritiman merupakan masalah yang dihadapi oleh mitra. Sehingga solusi yang ditawarkan adalah dengan memberikan edukasi berupa pelatihan dan pendampingan mengenai pembukuan dan perpajakan yang sesuai dengan kebutuhan mitra.Kegiatan edukasi ini berjalan dengan sangat baik dan mampu memberikan kontribusi dalam peningkatan kapasitas mitra. Melalui pengabdian ini mitra dapat menyusun pembukuan dan perpajakan di bidang jasa kemaritiman sesuai dengan standar dan peraturan yang berlaku.

References

Fujianti, L. 2022. Pembukuan Berbasis Digital Bagi UMKM Batik Kalitengah Kabupaten Cirebon. SULUH: Jurnal Abdimas, 3(2), 120- 127.

Halim, A., Bawono, I. R., & Dara, A. 2020. Perpajakan : Konsep, Aplikasi, Contoh, dan Studi Kasus Edisi ke-3. Jakarta: Salemba Empat.

https://www.pajak.go.id

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Della Nabila, D. T., Baiq Anggun Hilendri Lestari, Widia Astuti, Yogi Firman Hadi, & Yulia Irma Suriyani. (2023). Edukasi Pembukuan dan Perpajakan untuk Meningkatkan Kapasitas Lembaga Pendidikan Nonformal dan Pelatihan Kerja Kemaritiman. Jurnal Abdimas Independen, 4(2), 145–149. https://doi.org/10.29303/independen.v4i2.891