Peningkatan Marketing Capability Pada Umkm Singkong Thailand Di Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang

Authors

  • Yosi Pupus Indriani Institut Teknologi dan Bisnis Adias
  • Eli Erfandi Institut Teknologi dan Bisnis Adias, Pemalang, Jawa Tengah
  • Alfin Faiz Institut Teknologi dan Bisnis Adias, Pemalang, Jawa Tengah
  • Wulaida Zuhriana Institut Teknologi dan Bisnis Adias, Pemalang, Jawa Tengah
  • Dwiki Setya Handika Institut Teknologi dan Bisnis Adias, Pemalang, Jawa Tengah
  • Viayanti Lala Institut Teknologi dan Bisnis Adias, Pemalang, Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.29303/independen.v4i2.893

Keywords:

UMKM, Marketing Capability

Abstract

  1. Kegiatan Kuliah Kerja Usaha (KKU) Kelompok 8 bersama dengan mitra pendampingan yaitu UMKM Singkong Thailand yang bergerak di bidang kuliner. UMKM Singkong Thailand yaitu makanan olahan Singkong yang lumuri santan. Produk yang ditawarkan memiliki ciri khas rasa manis dan creamy, hal ini dikarenakan proses produksi menggunakan bahan baku yang original dan tanpa bahan pengawet, pengolahan masih manual menggunakan peralatan tradisional. Kegiatan peningkatan kemampuan marketing ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan memasarkan produk, terlebih secara digital menggunakan sosial media. Tujuan diadakanya kegiatan KKU ini untuk mengidentifikasi permasalahan yang ada di UMKM. Setelah mengetahui permasalahan yang di alami oleh UMKM, maka melalui kegiatan KKU ini akan diberikan alternatif solusi. Setelah mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh UMKM Singkong Thailand maka solusi alternatif yang kami berikan adalah Pendampingan dilaksanakan dalam bentuk pelatihan pembuatan akun sosial media,pendampingan pembuatan logo, dan pendampingan pembuatan konten promosi untuk sosial media. Pelatihan dilaksanakan dengan tema peningkatan kapabilitas pemasaran Singkong Thailand.

References

Azmeilia, R. (2019). Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Bermuda Coffee sesuai SAK EMKM. 3(1), 18–23.

Fathurrohman, Y. E. (2016). Peran Media Sosial Sebagai Ujung Tombak Pemasaran Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Seminar Nasional Pembangunan Pertanian, 1(69), 508–515.

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Indriani, Y. P., Erfandi, E., Faiz, A., Zuhriana, W., Setya Handika, D., & Lala, V. (2023). Peningkatan Marketing Capability Pada Umkm Singkong Thailand Di Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang. Jurnal Abdimas Independen, 4(2), 132–138. https://doi.org/10.29303/independen.v4i2.893