PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MASYARAKAT KECAMATAN KOPANG KABUPATEN LOMBOK TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.29303/konstanta.v4i1.2093Kata Kunci:
Social Media, Online Community, Interaction, AccessibilityAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemanfaatan media social facebook terhadap minat berwirausaha Masyarakat kecamatan Kopang kab. Lombok tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah anggota komunitas online pengusaha online di Kopang yang terdapat di social media Facebook yang berjumlah 17.202 anggota. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden yang diambil secara puposive sampling, jumlah sampel ditentukan menggunakan rumus slovin.Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari pengisian kuesioner yang disebarkan melalui GoogleFrom kepada responden. Data diolah menggunakan aplikasi SPSS 24 dengan metode analisis data adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan variabel komunitas online berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha, variabel interaksi berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha, variabel aksesibilitas berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha. Hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara komunitas online, interaksi dan aksesibilitas terhadap minat berwirausaha masyarakat. Diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,596 atau 59,6%, artinya sebesar 59,6% faktor minat berwirausaha dapat di jelaskan oleh variabel komunitas online (X1), interaksi (X2), dan aksesibilitas (X3) sedangkan sisanya 40,4% dipengaruhi oleh faktor lain yag tidak diteliti dalam penelitian ini.
Referensi
AFANDI, M. (2022). Analisis Peran Media Sosial Dalam Menumbuhkan Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah UIN Raden Fatah Palembang. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.
Ali, J. F., Yuniarti, T., Agustiani, E., Mataram, U., Kopang, K., Kopang, K., Tengah, L., Kesejahteraan, T., & Tinggal, K. T. (2023). GAMANG KECAMATAN KOPANG KABUPATEN LOMBOK TENGAH. 2(2), 35–56.
Arifatul Ulya, F., Abdullah, A. N., Aisya Hanan, T., & Manfaati Nur, I. (2023). Pengelompokkan Tingkat Pengangguran Terbuka Di Jawa Tengah Menggunakan Metode K – Means Clustering. Journal Of Data Insights, 1(2), 71–80. https://doi.org/10.26714/jodi.v1i2.148
Asiva Noor Rachmayani. (2024). kabupaten lombok Tengah dalam Angka 2024. https://www.lpwntb.or.id/wp-content/uploads/2024/09/Kabupaten-Lombok-Tengah-Dalam-Angka-2024.pdf
Astar, S. E. (2020). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Teknologi Dan Bisnis, 2(2), 124–133. https://doi.org/10.37087/jtb.v2i2.92
Fauzul, M., Rukma, G. A., Aulya, I., Andriyani, V., Alfina, D., Saesel, A. M. M., Key, M. Y. A. S., Permana, D. M. A., Safitri, A., & Nurabiah, N. (2023). Pemanfaatan Teknologi Digital Sebagai Sarana Mengoptimalkan Pemasaran Produk Umkm Di Desa Darmaji Kecamatan Kopang. Jurnal Abdimas Sangkabira, 4(1), 119–127. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v4i1.786
Fikrian, M. (2018). “Analisis Peran Media Sosial Instagram terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa dalam Perspektif Ekonomi Islam". Repository UIN Raden Intan Lampung., July, 1–162. http://repository.radenintan.ac.id/4755/5/BAB SEMUA.pdf
Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran (Dasar Dan Konsep). Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(1), 51–66.
Ghozali, I. (2018). APLIKASI ANALISIS MULTIVARIATE DENAN PROGRAM IBM SPSS 26 (10th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hastuti, P., & dkk. (2021). Kewirausahaan Dan Umkm. In Yayasan Kita Menulis.
Imam Bachtiar, D., Sundari, R., Administrasi, P., Politeknik, B., & Aji, S. (2024). Pengaruh Digital Marketing Melalui Facebook Terhadap Minat Beli Pengguna Facebook Di Amira Bakery. Jurnal Janitra Informatika Dan Sistem Informasi, 4(1), 25–36. https://doi.org/10.59395/janitra.v4i1.179
KARTINI, E., MIMBAR, L., & IZRAWATI, I. (2023). Pengaruh Penggunaan Informasi Akuntansi, Media Sosial Dan Modal Terhadap Kinerja Umkm Di Kec.Kopang Lombok Tengah. Ganec Swara, 17(4), 1553. https://doi.org/10.35327/gara.v17i4.643
Muhammad Dinar, S.E., M.S. Dr. M. Ihsan Said Ahmad, S.E., M.Si. Dr. Muhammad Hasan, S.Pd., M. P. (2020). KEWIRAUSAHAAN. eprints.unm.ac.id
Pakpahan, A. F., Prasetio, A., Negara, E. S., Gurning, K., Situmorang, R. F. R., Tasnim, T., Sipayung, P. D., Sesilia, A. P., Rahayu, P. P., Purba, B., Chaerul, M., Yuniwati, I., Siagian, V., & Rantung, G. A. J. (2021). Metodologi Penelitian Ilmiah.
R Ananda, T. R. (2016). PENGANTAR kEWIRAUSAHAAN (M. Rifai (ed.)). perdana publishing.
Rahmawati, I. (2024). Peran Media Sosial dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. 2(1), 101–105.
Salmah, E., Fadliyanti, L., & Sriningsih, S. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Instagram Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mataram. Elastisitas - Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2), 137–147. https://doi.org/10.29303/e-jep.v3i2.44
Sugiyono. (2020a). METODE PENELITIAN KOMBINASI (Mixed Methodes). deepublish.
Sugiyono. (2020b). METODE PENELITIAN KOMBINASI (Mixed Methodes). ALFABETA.
Utami, T. W., Rohman, A., & Prahutama, A. (2017). Pemodelan Regresi Berganda Dan Geographically Weighted Regression Pada Tingkat Pengangguran Terbuka Di Jawa Tengah. Media Statistika, 9(2), 133. https://doi.org/10.14710/medstat.9.2.133-147
Wahyuni, N. M. (2023). Pengaruh Media Sosial Dalam Mendorong Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Syekh Ali Hasan Ahmad Addary P a D a N G S I D I M P U a N 2023. 202.
Warismayati, N. R., Ru’ya, H. U., Irawati, W., & Hairunnisa, B. N. D. (2020). Peningkatan Nilai Tambah Produk Olahan Gula Aren Melalui Inovasi Kemasan dan Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi Pemasaran di Desa Aik Bual Kecamatan Kopang. Jurnal SIAR ILMUWAN TANI, 1(1), 28–32. https://doi.org/10.29303/jsit.v1i1.8
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dian Wulan Apriliana, M Irwan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.