PENGARUH BONGKAR DAN MUAT BARANG PELABUHAN LAUT TERHADAP PEREKONOMIAN DI NTB PERIODE 2011-2020

Penulis

  • Ni Made Dwitya Purwandini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram
  • Sahri Sahri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram
  • Baiq Ismiwati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/konstanta.v1i2.341

Kata Kunci:

Perekonomian, Bongkar Barang, Muat Barang

Abstrak

Mobilitas barang terjadi karena perbedaan sumber daya yang dimiliki setiap daerah sehingga menimbulkan permintaan dan penawaran. Mobilitas barang yang terjadi pada pelabuhan ditandai dengan adanya aktivitas bongkar dan muat barang. Aktivitas ini memberikan dampak pada sektor industri dan perdagangan yang dapat menciptakan pertumbuhan ekonomi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bongkar dan muat barang pelabuhan terhadap pertumbuhan perekonomian di Provinsi NTB periode 2011-2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berupa data sekunder. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi data panel yang diolah menggunakan software EViews 12.

Hasil penelitian menunjukkan variabel bongkar barang secara parsial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap perekonomian di Provinsi NTB, variabel muat barang secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap perekonomian di Provinsi NTB. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa variabel bongkar dan muat barang secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap perekonomian di Provinsi NTB.

Referensi

Badan Pusat Statistik. 2021. “PDRB ADHK 2010 (Juta Rupiah)”. Badan Pusat Statistik Provinsi Nusa Tenggara Barat: https://ntb.bps.go.id/, 2021.

Banerjee, dkk, (2012). On The Road: Access To Transportation Infrastructure And Economic Growth In China. NBER Working Paper No. 17897. P 1 – 50.

Basuki, Agus Tri dan Nano Prawoto. 2017. Analisis Regresi Dalam Penelitian Ekonomi dan Bisnis: Dilengkapi Aplikasi SPSS dan Eviews. Jakarta: Rajawali Pers.

Dinas Perhubungan: Data Sarana/Prasarana Pelabuhan Laut Di Wilayah Nusa Tenggara Barat: https://dishub.ntbprov.go.id/wp-content/uploads/2020/10/Sarana-dan-Prasarana-Pelabuhan-Se-NTB-2019.doc, 2021.

Jaya, Wihana Kirana. 2021. Ekonomi Kelembagaan: Studi Kasus Sektor Transportasi dan Sektor Ekonomi Lainnya. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Kartiasih, F. 2019. Dampak infrastruktur transportasi terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia menggunakan regresi data panel. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 16(1), 67-77.

Lasse, D.A. 2014. Manajemen Muatan Aktivitas Rantai Pasok di Area Pelabuhan. Jakarta: Rajawali Pers.

Maimunah, S. (2010). Peranan Infrastruktur Jalan Terhadap Perekonomian Regional Di Indonesia. Warta Penelitian Perhubungan, 22(2), 113-133

Palilu, A. (2018). Analisis Pengaruh Pembangunan Infrastruktur Transportasi Terhadap Produk Domestik Regional Bruto Kota Ambon. Jurnal Buletin Studi Ekonomi, 2.

Pamungkas, B.T. 2009. Pengaruh Infrastruktur Ekonomi, Sosial, dan Administrasi/Institusi Terhadap Pertumbuhan Propinsi – Propinsi di Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomi Departemen Ilmu Ekonomi Konsentrasi Publik Universitas Indonesia, Depok.

Ruchi, A. 2020. Pengembangan Pelabuhan Tanjungwangi Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Investasi dan Perekonomian Kabupaten Banyuwangi. (Doctoral dissertation).

Salim, H.A. Abbas. 2020. Manajemen Transportasi. Depok: Rajawali Pers.

Sjafrizal. 2018. Analisis Ekonomi Regional Dan Penerapannya Di Indonesia. Depok: Rajawali Pers.

Tambunan, Tulus. 2003. Perekonomian Indonesia. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Tamin, Ofyar Z. 2000. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Bandung: ITB.

Todaro, M.P. 2000. Economic Development. Wesley: Addison Wesley.

Utama, B. T. 2018. Analisis Pengaruh Pelabuhan Terhadap Ekonomi Provinsi Lampung Studi Kasus 15 Kabupaten/Kota Di Provinsi Lampung Periode 2012-2016. Doctoral dissertation. Universitas Brawijaya.

Diterbitkan

2022-12-30