ANALISIS PENGARUH EKONOMI DIGITAL TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA TAHUN 2017-2021

Penulis

  • Hesya Nungki Nabila
  • Taufik Chaidir Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram
  • Ida Ayu Putri Suprapti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/konstanta.v1i2.362

Kata Kunci:

Ekonomi Digital, Nilai Transaksi, Uang Elektronik, E-Commerce, Pertumbuhan Ekononi, ECM

Abstrak

Pesatnya kemajuan teknologi dan digitalisasi telah menghadirkan ekonomi digital yang ditandai dengan tingginya perkembangan bisnis dan transaksi perdagangan berbasis teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ekonomi digital yang diukur dengan Nilai Transaksi Uang Elektronik (NTUE) dan Nilai Transaksi E-Commerce (NTE) terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia pada tahun 2017-2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian explanatory research dengan data time series tahun 2017-2021 yang bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan Bank Indonesia (BI). Adapun metode yang digunakan adalah metode analisis ECM (Error Correction Model). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel nilai transaksi uang elektronik berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia dalam jangka panjang dan dalam jangka pendek. Pada variabel nilai transaksi e-commerce terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia dalam jangka pendek. Sedangkan dalam jangka panjang memiliki pengaruh yang sinifikan negatif. Keberadaan ekonomi digital telah memberikan stimulus dalam pertumbuhan ekonomi. Hal ini perlu ditingkatkan baik dari sisi pemerintah dan masyarakat guna mendukung pertumbuhan ekonomi, meningkatkan daya saing dan produktivitas, serta mewujudkan kerja sama perekonomian dan perdagangan yang saling menguntungkan dalam jangka panjang.

Referensi

Agus Tri Basuki (2016). Tahapan Regresi Model ECM (Bahan Ajar Regresi Model ECM) EViews. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Badan Pusat Statistik (2020). Statistik E-Commerce 2020. Katalog BPS/BPS Catalog: 8101004.

Bank Indonesia (2022). Laporan Perekonomian Indonesia (2021). Publikasi SEKI. Diakses di www.bi.go.id

Bank Indonesia. (2020). Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025. Jakarta. Emarketing institute (2018). E-Commerce Course Edition. Denmark.

Hastina Febriaty , Sri Endang Rahayu , Eri Yanti Nasution (2020). Pengaruh Inklusi Keuangan Pada Era Digital Economi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesi. Seminar of Social Sciences Engineering & Humaniora e-ISSN 2775-4049 SCENARIO 2020, Medan .

Musnaini (2020). Digital Business. Jawa Tengah. CV. Pena Persada.

Nefo Indra Nizar(2021). Peran Ekonomi Digital Terhadap Ketahanan Dan Pertumbuhan Ekonomi Selama Pandemi Covid-19. J. Madani., Vol. 4, No. 1.

Ratnawaty Marginingsih, Imelda Sari (2019). Nilai Transaksi Non Tunai Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia Periode 2014-2018. Inovator Jurnal Manajemen, Vol 8 No.2.

Rr. Getha Fety Dianari (2018). Pengaruh E-Commerce Terhadap Pertumbuhan Ekonomi. Bina Ekonomi Vol. 22 No 1.

Sugiyono (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&B. Alfabeta, Bandung.

Yan Shen, Wenxiu Hu, Dan C. James Hueng (2020). Digital Financial Inclusion And Economic Growth. Procedia Computer Science 187 (2021) 218–223.

Zhao, M., Liu, R, Dai, D (2021). Synergistic Effect between China’s Digital Transformation and Economic Development: A Study Based on Sustainable Development. Sustainability 2021, 13, 13773.

Diterbitkan

2022-12-30