FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MASYARAKAT MENJADI ANGGOTA KOPERASI SYARI’AH DI KOTA MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.29303/konstanta.v2i1.447Kata Kunci:
Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Lokasi, Religiuitas Dan Pengetahuan , Koperasi Syari’ahAbstrak
ABSTRAKIndonesia merupakan negara Islamic Micro Finance terbesar di dunia yang memberikan potensi cukup besar bagi pertumbuhan lembaga keuangan berbasis syari’ah.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari faktor kualitas pelayanan, kualitas produk, lokasi religiuitas dan pengetahuan terhadap keputusan masyarakat menjadi anggota koperasi syari’ah di Kota Mataram.
Penelitian menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu Probability Sampling dengan teknik Simple Random Sampling. Jumlah responden pada penelitian ini adalah 90 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan kemudian diolah dengan menggunakan bantuan SPSS 2017.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial faktor kualitas pelayanan, kualitas produk, tidak signifikan terhadap keputusan masyarakat menjadi anggota koperasi syari’ah, sedangkan lokasi, religiuitas dan pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan masyarakat menjadi anggota koperasi syari’ah. Hasil uji koefesien determinasi (R2) menunjukkan bahwa pengaruh faktor kualitas pelayanan, kualitas produk, lokasi religiuitas dan pengetahuan terhadap keputusan masyarakat menjadi anggota Koperasi Syari’ah di Kota Mataram adalah sebesar 55% sedangkan sisanya 45% dipengaruhi oleh faktor di luar model.
Referensi
Al- Qur’an
Jalaluddin, J., & Audia, R. (2019). FAKTOR - FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN MASYARAKAT MENJADI ANGGOTA KOPERASI SYARIAH 212 (Studi Kasus di Banda Aceh dan Aceh Besar). Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, 5(2), 163–182. https://doi.org/10.24815/jped.v5i2.15741
Komunitas, E., Persepsi, D. a N., Sikap, T., Dan, M., & Menonton, T. M. (2012). Fakultas ekonomika dan bisnis universitas diponegoro semarang 2012. In Semarang , universitas diponogoro.
Murabahah, P. (2017). HANDAYANI HANDAYANI.
Saputra, S., & Selviani, S. (2021). Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 1 Tahun 2004 tentang Bunga Bank. AL-Muqayyad, 4(1), 53–69. https://doi.org/10.46963/jam.v4i1.372
Siregar, N. M. (2020). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Menjadi Nasabah KSP Surya Abadi Mandiri Muhammadiyah Mencirim Medan.
Sofian. (2018). Koperasi Syariah Sebagai Solusi Keuangan Masyarakat?:
Yolanda, M. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Customer Decision Menjadi Anggota Koperasi Syariah 212. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan…,2,1–14. http://jurnalmahasiswa.umsu.ac.id/index.php/jimpai/article/view/1582
Indah, B (2015). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT ANGGOTA DALAM MEMANFAATKAN PRODUK PEMBIAYAAN KOPERASI SYARI’AH (Studi Kasus Pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah Satmakura Halal Panorama Kota Bengkulu).
Istiqomah, rahayu.2015.Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Perbankan Syariah Stain Salatiga Untuk Menjadi Nasabah Di Perbankan Syariah.(Skripsi).Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga.
Murabahah, P. (2017). HANDAYANI HANDAYANI.
Source Url: https://ntb.bps.go.id/indicator/108/333/1/persentase-penduduk-menurut-kabupaten-kota-dan-agama-yang-dianut-.html ( diakses pada tanggal 25 januari 2023)
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 M. Irwan, Karomatul Ulya
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.