PENGARUH CAMPAIGN MARKETING SHOPEE PADA SPECIAL EVENT DAYS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA KEWIRAUSAHAAN UPI TASIKMALAYA

Authors

  • Redi Ismail Universitas Pendidikan indonesia
  • Azizah Fauziyah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ismail Yusuf Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29303/oportunitas.v4i2.2276

Keywords:

Kampanye Pemasaran, Special Event Days, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran menyeluruh mengenai pelaksanaan campaign marketing pada special event days Shopee, serta untuk meneliti pengaruh campaign marketing tersebut terhadap keputusan pembelian Mahasiswa Kewirausahaan di Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Sampel terdiri dari 82 responden yang merupakan Mahasiswa Program Studi Kewirausahaan UPI Tasikmalaya. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linear sederhana, uji signifikansi parsial dan uji koefisien determinasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa campaign marketing pada special event days Shopee berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mahasiswa sebesar 49,6% menunjukkan bahwa variabel campaign marketing berkontribusi dalam menjelaskan variasi keputusan pembelian, sementara sisanya sebesar 50,4% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel yang diteliti. Adapun faktor faktor lain yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian yaitu melalui factor eksternal price discount dan gratis ongkos kirim dan faktor internal seperti peran fear of missing out dan impulsive buying.

References

Angelica Herly, Marchel Randy Pratama, Putri Mardalena, & Septa Nugroho. (2025). Pengaruh Price Discount Gratis Ongkos Kirim Event Day Terhadap Impulsive Buying Di Shopee. JURNAL EKONOMI BISNIS DAN MANAJEMEN, 3(1), 200–214. https://doi.org/10.59024/jise.v3i1.1095

Arsakti Foreignyca Dewi. (2020). PERAN PEMBINAAN, PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN DARI DINAS KOPERASI DAN USAHA MIKRO KOTA SEMARANG DALAM PENINGKATAN KINERJA USAHA UMKM BINAAN . UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

BliBli. (2023, Oktober 5). Masyarakat Indonesia Banyak yang FOMO, 4 Dari 5 Orang Berpotensi Terkena Tipu Tipu Transaksi Online. blibli.

Cindy Magdalena Gunarsih, Johny A. F. Kalangi, & Lucky F. Tamengkel. (2021). Pengaruh Price Discount Gratis Ongkos Kirim Event Day Terhadap Impulsive Buying Di Shopee. Productivity, 2(1), 69–72.

Kotler, Philip., & Keller, K. Lane. (2012). Marketing management. Prentice Hall.

Putri, P. M., & Marlien, R. A. (2022). Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Online. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 25–36. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.510

Rahayu, D. (2022). PENENTUAN TOP KAMPANYE PEMASARAN MENGGUNAKAN SOCIAL NETWORK ANALYSIS PADA SHOPEE DAN TOKOPEDIA DI MEDIA SOSIAL TWITTER. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 227–245. https://doi.org/10.35326/medialog.v5i1.2042

Rika Rahma, & Chairiyaton Chairiyaton. (2024). Pengaruh Event Marketing dan Tenor Angsuran Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Pada PT. Alfa Scorpii Meulaboh Kabupaten Aceh Barat. Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce, 3(4), 168–179. https://doi.org/10.30640/digital.v3i4.3646

Rini Wijaningsih, Evi Ekawati, & Adib Fachri. (2024). Peran Fear of Missing Out Memediasi Pengaruh Promo Event Tanggal Kembar E-Commerce Shopee Terhadap Impulsive Buying Tendency Pada Generasi Z Pengguna Shopee di Bandar Lampung. GEMILANG: Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 4(3), 58–72. https://doi.org/10.56910/gemilang.v4i3.1531

Solis, B. (2010). Engage: The Complete Guide for Brands and Businesses to Build, Cultivate, and Measure Success in the New Web. John Wiley & Sons.

Suci, D. M., Akramiah, N., & Subagio, D. P. W. (2024). PERAN SPECIAL EVENT DAN PENGGUNAAN PAYLATER TERHADAP IMPULSE BUYING PADA PENGGUNA APLIKASI SHOPEE. Jurnal EMA, 8(2), 190. https://doi.org/10.51213/ema.v8i2.392

Tawasuli, L., & Kholifah, K. (2023). KORELASI SPECIAL EVENT DAY TANGGAL KEMBAR TERHADAP MINAT BELI MASYARAKAT DI SHOPEE. Journal of Digital Business and Management, 2(2), 91–96. https://doi.org/10.32639/jdbm.v2i2.401

Wardhana, A. (2024). Keunikan Fitur E-Commerce dan Pengaruhnya Terhadap Bisnis (hlm. 65–97).

Yonathan, A. Z. (2024, Mei 2). Indonesia Jadi Negara yang Paling Sering Kunjungi Situs Shopee. GoodStats.

Yulistiyani, N., Afwa, A., & Puspita, A. (2024). Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian pada Event Tanggal Kembar Shopee di Pekanbaru. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 18(1), 20. https://doi.org/10.35931/aq.v18i1.2971

Published

2025-08-31