PENERAPAN ETIKA EKONOMI UNTUK KEBERLANJUTAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENEGAH (UMKM) SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN DI KOTA MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.29303/oportunitas.v4i2.2491Keywords:
Etika, Keberlanjutan, UMKMAbstract
Kehadiran usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di indonesia telah memberikan kontribusi positif terhadap penyerapan tenaga kerja, pendapatan negara, investasi dan lainnya, pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) khususnya sektor makanan dan minuman, yang merupakan kebutuhan dasar masyakarakat,dan harus diberikan dukungan terhadap pengembangannya, menimbang kontribusnya terhadap bangsa dan negara, pengembangan UMKM sudah seharusnya tidak hanya bertumpu pada aspek administrasi dan finansial tapi juga pada prinsip-prinsip etik. penelitian ini menggukan pendekatan kualitatif asosiatif yaitu untuk mengetahui hubungan etika ekonomi dengan keberlanjutan usaha UMKM, dilakukan dengan studi literatur melalui buku dan jurnal, dikuatkan dengan tambahan data skunder dari sumber kredibel seperti badan pusat statistik, kementrian UMKM dan sumber lainnya. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu dengan menganalisa beberapa sumber buku maupun jurnal yang berkaitan dengan masalah penelitian, dilakukan dengan langkah reduksi data yang sudah dipilih. kemudian data disajikan dengan menguraikan hasil studi terhadap jurnal atau buku, kemudian menarik kesimpulan dari data yang telah direduksi dan di display, hasil dari penelitian ini, bahwa penerpan prinsip-prinsip etik, seperti prinsip tauhid, kemanusiaan, keadilan, kebajikan, kebebasan, mampu memberikan kontribusi positif terhadap keberlanjutan UMKM sektor makanan dan minuman.
References
Abdurahim, A., dkk. (2009). Ekonomi dan bisnis Islam (Cetakan ke-3). PT. Raja Grafindo Persada.
Abdullah, B. (2010). Peradaban pemikiran ekonomi Islam (Cetakan pertama). CV. Pusta Setia.
Alma, B. (2018). Pengantar bisnis (Cetakan ke-22). CV. Alfabeta.
Anjeli, A. W., & Priantina, A. (2024). Pengaruh literasi halal, religiusitas, halal awareness terhadap minat beli konsumen pada restoran bersertifikat halal pada generasi Z di Jabodetabek: Halal industry. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(10). https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i10.2854
Febrianti, E. W. (2025). Gharar dalam transaksi online: Analisis akad jual beli pada marketplace digital. [Nama jurnal tidak dicantumkan], 4(2).
Makatita, A. R. (2023). Pengaruh suku, marga dan agama terhadap minat beli masyarakat perspektif ekonomi syariah dengan harga sebagai variabel intervening pada Pasar Mardika Kota Ambon. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(2), 2302. https://doi.org/10.29040/jiei.v9i2.8889
Qardawi, Y. (1995). Daurul qiyam wal akhkaq fil iqtishadil islami (Cetakan pertama). Maktabah Wahbah.
Pradana, R. R., & Ismail, N. (2025). Analisis kesadaran, sertifikasi dan bahan makanan halal terhadap minat beli produk makanan di restoran Jabodetabek. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 7(6). https://doi.org/10.47467/alkharaj.v7i6.7231
Siti, A., Fasa, M. I., & Suharto. (2022). Pengaruh implementasi etika bisnis, konsep produksi dan distribusi pada UMKM terhadap profitabilitas dalam perspektif ekonomi Islam. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 1(4), 305–313. https://doi.org/10.53625/juremi.v1i4.729
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Cetakan ke-28). CV. Alfabeta.
Sukirno, S. (2019). Mikro ekonomi (Edisi ke-3, Cetakan ke-32). PT. RajaGrafindo Persada.
Wijaya, C. A. (2009). Filsafat ekonomi Adam Smith.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Iman Hidayatullah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.