PENGARUH AKSESIBILITAS, INFRASTRUKTUR DAN LINGKUNGAN BISNIS TERHADAP KESUKSESAN USAHA BISNIS KULINER DI TAMAN UDAYANA KOTA MATARAM

Authors

  • Depi Alpianingsih Unram
  • M. Firmansyah Universitas Mataram
  • Adhitya Bagus Singandaru Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/oportunitas.v2i1.474

Keywords:

Aksesibilitas, Infrastruktur dan Lingkungan Bisnis, Kesuksesan Usaha

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh aksesibilitas, infrastruktur dan lingkungan bisnis terhadap kesuksesan usaha bisnis kuliner di taman Udayana Kota Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dengan kuesioner. Teknik Analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga faktor tersebut berpengaruh terhadap kesuksesan usaha di taman Udayana. Faktor yang paling dominan mempengaruhi Kesuksesan Usaha adalah faktor Aksesibilitas.

References

Alcacer, J. (2008 ). Location Choices Across The Value Chain: How Aktivity And Capability Influence Collocation Location Choices Across The Value Chain: How Aktivity And Capability Influence Collocation Location. Management Science,52(10):1457-71. https://doi.org/https://doi.org/10.1287/mnsc.1060.0658.

DJPB, M. P. (2022). Liputan FGD Upaya Mendorong Kemadirian UMKM di NTB. Kanwil NTB DJPb Kemenkeu RI.

Fu’ad, E. N. (2015). Pengaruh Pemilihan Lokasi Terhadap Kesuksesan Usaha Berskala Mikro/Kecil Di Koplek Shopping Center Jepara. UTAG, Semarang, Vol. 30 No.

Harding, H. . (1978). Manajemen Produksi. Balai Aksara.

Kartajaya, H. (1998). Marketing Plus 2000?: Siasat Memenangkan Persaingan Globa. PT Gramedia Pustaka Utama.

Kartiningsih. (2016). Pengaruh Modal, Lama Usaha, Jam kerja Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Pedagang Kaki Lima Di Alun – Alun Raden Bagus Assra Kironggo Kabupaten Bondowongso. Universitas Jember.

Masnun. (2013). Taman Udayana Tempat Pengecengan Yang Kian Memikat. https://mataram.antaranews.com/berita/24029/taman-udayana-tempat-pengecengan-yang-kian-memikat-oleh-masnun-masud

Rubiyani. (2020). Strategi Pemilihan Lokasi Terhadap Kesuksesan Usaha Jasa (Studi Pada Usaha Jasa Mikro-Kecil Disekitar Kampus Muhammadiyah Mataram). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Muhammadiyah Mataram.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.

Sutanto. (2019). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Lokasi Terhadap Kesuksesan Usaha Dagang Di Kota Surabaya. Seminar Nasional Ilmu Terapan, Universitas Widya Kartika.

Swatsha & Irawan. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada.

Tjiptono. (2014). Service, Quality & Satisfaction. Penerbit Andi.

Tjiptono. (2018). Pemasaran Staregik (Edisi ke-3). Andi (Anggota IKAPI).

Wahyudi, N., A, L. E., & Heriyanto. (2014). Analisis Faktor-Faktor Pemilihan Lokasi Usaha Terhadap Kesuksesan Usaha Jasa Mikro di Kecamatan Sungai Kunjang. Ekonomia .

Downloads

Published

2023-03-26