EFEKTIVITAS PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM UPAYA PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI DESA BERARE KECAMATAN MOYO HILIR KABUPATEN SUMBAWA

Authors

  • Chelvin Aldiansyah Universitas Mataram
  • Hailuddin Hailuddin Universitas Mataram
  • Endang Astuti Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/oportunitas.v3i1.578

Keywords:

Program Keluarga Harapan, Efektivitas, Kemiskinan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui/melihat Efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) dalam upaya penanggulangan kemiskinan di Desa Berare Kecamatan Moyo Hilir Kabupaten Sumbawa. PKH merupakan salah satu program kebijakan pemerintah dalam pengentasan kemiskinan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dari data-data yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukan efektivitas PKH yang diukur melalui empat indikator yaitu ketepatan sasaran program, sosialisasi program, pengetahuan dan ketepatan tujuan program serta pemantauan program menunjukan bahwa PKH di Desa Berare telah berjalan dengan efektif. Terdapat beberapa aspek keberhasilan PKH pada kehidupan keluarga miskin/rentan di Desa Berare, dapat dilihat dari indikator yaitu pemenuhan kebutuhan pokok, peningkatan kualitas Kesehatan, pemenuhan Pendidikan bagi anak, mengurangi beban pengeluaran dan menciptakan perubahan perilaku dan kemandirian KPM dalam mengakses layanan Kesehatan, Pendidikan serta kesejahteraan sosial.

References

Annur, Reza Attabiurribbi (2013) “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemiskinan di Kecamatan Jekulo dan Mejobo Kabupaten Kudus Tahun 2013”, dalam Economics Development Analysis Journal, 2 (4).

Badan Pusat statistik. (2020). Berita Resmi Statistik 2020.

Budiani, Ni Wayan.(2007). Efektivitas Program Penanggulangan Pengangguran Karang Taruna “Eka Taruna Bhakti” Desa Sumerta Kelod Kecamatan Denpasar Timur Kota Denpasar. Jurnal Ekonomi dan Sosial INPUT. Volume 2 No.1

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (2002).

Kementerian Sosial RI. (2018). Peraturan Menteri Sosial Tentang Program Keluarga Harapan. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Kementerian Sosial.(2019). Pedoman Pelaksanaan Program Keluarga Harapan.

Kementerian Sosial. (2020). Petunjuk Teknis Penyaluran Bantuan Sosial Non Tunai Program Keluarga Harapan Tahun 2020.

Kementerian Sosial RI. (2021). Pedoman Umum Program Keluarga Harapan. Jakarta.

Keputusan Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat selaku ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan, No:31/KEP/MENKO/- KESRA/IX/2007 tentang “Tim Pengendali Program Keluarga Harapan”

Khomsan, Ali, dkk. (2015). Indikator Kemiskinan Dan Misklasifikasi Orang Miskin. Jakarta: Pustaka Obor Indonesia.

Najidah, Nurul dan Hesti Lestari. (2018). “Efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) Di Kelurahan Rowosari Kecamatan Tembalang Kota Semarang”, dalam Jurnal Departemen Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

Pratama, Rizky Yusuf. (2015). Kamus Istilah Bisnis. Yogyakarta: Istana Media

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sunarti, Eusi. (2006). Indikator Keluarga Sejahtera: Sejarah Pengembangan, Evaluasi Dan Keberlanjutan. Bogor: Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor.

Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). (2011). Panduan Penanggulangan Kemiskinan Buku Pegangan Resmi TKPK Daerah.

Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). (2020). Buletin TNP2K Vol 01/ No 02/ Juli-September 2020.

Downloads

Published

2024-03-13