PERAN BANK SAMPAH NTB MANDIRI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN NASABAH MENURUT PERSPEKTIF ISLAM

Authors

  • Yakut Nahdiana Ulfa Universitas Mataram
  • Muaidy Yasin Universitas Mataram
  • Muhammad Firmansyah Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/oportunitas.v3i1.601

Keywords:

Kesejahteraan, Pekerjaan, Sumberdaya Manusia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kontribusi Bank Sampah NTB Mandiri terhadap peningkatan kesejahteraan nasabah menurut perspektif islam dan bagaimana pengelolaan bank sampah dalam meningkatkan kesejahteraan nasabah dalam perspektif islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang menggunakan metode wawancara, observasi, dan documentasi. Dengan data primer dan data skunder yang berasal dari informan yang dipilih dengan metode snow ball. Hasil penelitian ini menunjukkan peran Bank Sampah NTB Mandiri belum mampu sepenuhnya dalam meningkatkan kesejahteraan nasabah karena menabung di Bank Sampah hanya pekerjaan sampingan bukan pekerjaan utama. Dan Pengelolaan Bank Sampah diarahkan pada pengembangan sumberdaya manusia, penciptaan peluang usaha yang sesuai dengan keinginan nasabah

References

Abdullah al-Mushlih dan Shalah ash-Shawi, Fikih Ekonomi Islam, terj. Abu Umar Basyir, (Jakarta: Darul Haq, 2001)

Aisyah Odist, Bank Sampah NTB Mandiri, Ampenan 2022.

Badan Pusat Statistik Mataram, Rata-Rata Volume Sampah per Hari (2020)

Bakhri, b. O. Y. S., & mursi, y. O. (2018). Pengaruh peranan bank sampah dalang collection terhadap kesejahteraan karyawan perspektif ekonomi syari ’ ah. 15(2).

Https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/07/29/mayoritas-sampah- nasional-dari-aktivitas-rumah-tangga-pada-2020

I Nyoman Wardi,Pengelolaan Sampah Berbasis Sosial Budaya: Upaya Mengatasi Masalah Lingkungan di Bali, 2011.

Moleong, lexy j. 2007. Metodologi penelitian kualitatif. Edisi revisi. Bandung: pt remaja rosdakarya.

Sugiyono. 2005. Memahami penelitian kualitatif. Bandung: cv.Alfabeta.

Thoriq, ahmad alfarisyi & r. Moh qudsi fauzi. 2019. Peran pemberdayaan bank sampah dalam islam (studi kasus pada bank sampah induk surabaya)

Totok Mardikanto, Poerwoko Soebianto,”Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Kebijakan Publik” dalam alfabeta, Bandung 2015.

Wahyuning Minawati & Dewi Rahayu. Pengelolaan Bank Sampah Untuk Kesejahteraan Masyarakat di Kelurahan Sungai Miai Kecamatan Banjarmasin Utara, 2022. JIEP: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Pembangunan Vol. 5 No. 1, 2022, hal 157- 171.

Zainafi Ariani, S.E., M.E., dkk. Ekonomi Sirkular Dalam Pengelolaan Sampah Sebagai Dukungan Terhadap Pariwisata Berkelanjutan, 2022.

Downloads

Published

2024-03-13