PENGARUH BONUS, UPAH DAN TUNJANGAN TERHADAP PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PADA PERUSAHAAN ROTI DI KELURAHAN BABAKAN KECAMATAN SANDUBAYA KOTA MATARAM

Authors

  • Mayang Zachrie universitas mataram
  • Putu Karismawan Universitas Mataram
  • Baiq Saripta Wijimulawiani Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/oportunitas.v2i1.603

Keywords:

Bonus, Upah, Tunjangan, Perusahaan Roti

Abstract

Sektor industri di Kota Mataram terbagi menjadi industri formal dan industri nonformal. Pertumbuhan-pertumbuhan industri kecil dan menengah di Kota Mataram terjadi di berbagai tempat salah satunya industri roti di Kelurahan Babakan Kecamatan Sandubaya.  Industri roti di Kelurahan Babakan Kecamatan Sandubaya Kota Mataram ini tergolong industri menengah ke bawah yang memiliki kapasitas produksi yang kecil yang disebabkan kurangnya modal dan penggunaan input produksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat upah, bonus dan tunjangan terhadap produktivitas tenaga kerja / karyawan pada perusahaan roti di Kelurahan Babakan Kecamatan Sandubaya Kota Mataram. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan roti yang berlokasi di Kelurahan Babakan Kecamatan Sandubaya Kota Mataram. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan observasi menggunakan kuisioner.

Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Tingkat bonus tidak memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap produktivitas tenaga kerja pada perusahaan roti di Kelurahan Babakan Kecamatan Sandubaya Kota Mataram. Tingkat upah memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap produktivitas tenaga kerja pada perusahaan roti di Kelurahan Babakan Kecamatan Sandubaya Kota Mataram. Tingkat tunjangan memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap produktivitas tenaga kerja pada perusahaan roti di Kelurahan Babakan Kecamatan Sandubaya Kota Mataram. Tingkat upah, bonus, dan tunjangan memiliki pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap produktivitas tenaga kerja pada perusahaan roti di Kelurahan Babakan Kecamatan Sandubaya Kota Mataram

Kata Kunci : Bonus, Upah, Tunjangan dan Perusahaan Roti

References

Alamin (2017. Pengaruh Bonus dan Tunjangan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan (Studi Kasus pada PT. Gapuraning Rahayu Ciamis). Skripsi Universitas Siliwangi Tasikmalaya

Ali, M. S. B. M., & Wijayanti, A. K. (2019). Pengaruh Upah, Modal, Teknologi dan Produktivitas Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Industri Kecil Percetakan Di Sebatik. Jurnal Ekonomika, 10(1).

Anamathofani, A. L. (2019). PENGARUH UPAH MINIMUM, PDRB, DAN INFLASI TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DI KOTA MLANG. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Feb, 7(2).

Dessler Gary, 1992, Manajemen Personalia, edisi ke Tiga, Erlangga, Jakarta.

Handoko T. Hani, 1992, Manajemen Personalia Dan Sumber Daya Manusia, BPFE, Yogyakarta.

Ichsan Achmad, 1981, Tata Administrasi Kekaryawanan, Biro Aksara, Jakarta

Kertonegoro Sentanoe, 1982, Jaminan Sosial Prinsip dan Pelaksanaannya di Indonesia, Mutiara, Jakarta.

Koencoroningrat, 1989, Metode Penelitian Sosial dan Budaya, Bumi Aksara, Jakarta

Manulung Sedjun H, 1990, Pokok-pokok Hukum Ketenagakerjaan Di Indonesia, Bhineka Cipta, Jakarta.

Mockijat, 1987, Manajemen Kepegawaian, Alumni, Bandung.

Mockijat, 1989, Manajemen Kepegawaian, Mandar Maju, Bandung.

Ravianto J, 1990, Produktivitas Tenaga Kerja Indonesia, Lembaga Sarana Informasi Usaha dan Produktivitas, Jakarta.

Ranupandojo, Heidjrachman, Husnan, Suad, 1993, Manajemen Personalia, Edisi ke Tiga, BPFE Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Rivai Veithzal, M.B.A, 2005, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Pemasaran, Rajagrapindo Persada, Jakarta

Siagian P. Sondang, 1994, Manajemen Sumber Daya Manusia, BPFE, Yogyakarta

Simamora, Henry, 2003, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi ke-3, STIE, YKPN. Yogyakarta

Simanjuntak Payman, J, 1989, Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Sinungan, Muchdarsyah, 1987, Produktivitas Apa Dan Bagaimana, Edisi ke Dua, Bina Aksara, Jakarta.

Wirawan Nata,2002, Statistik-Teori Dan Aplikasi, Erlangga-Jakarta

Hermawan, R., Indrawati, L. R., & Sarfiah, S. N. (2019). Analisis Pengaruh Upah Minimum Provinsi (UMP), Investasi terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2007-2017. DINAMIC: Directory Journal of Economic, 1(2), 236-245.

Ganie, D. (2017). Analisis Pengaruh Upah Tingkat Pendidikan Jumlah Penduduk Dan PDRB Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Jurnal Eksekutif, 14(2), 332-354.

Putri, N. A., & Soelistyo, A. (2018). Analisis Pengaruh Upah, Pdrb, Dan Investasi Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Dikawasan Gerbangkertasusila Tahun 2012-2016. Jurnal Ilmu Ekonomi JIE, 2(3), 357-371.

Candra, K., Heryanto, B., & Rochani, S. (2019). Analisis Pengaruh Upah, Tingkat Pendidikan, Jenis Kelamin, Dan Usia Terhadap Produktifitas Tenaga Kerja Pada Sektor Industri Tenun Ikat Di Kota Kediri. JIMEK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi , 2 (1), 38-51.

Susilowati, L., & Wahyuni, D. (2019). Pengaruh Upah Minimum Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Bidang Industri Di Indonesia. Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi, 15(2), 222-230.

Iksan, SAN, Arifin, Z., & Suliswanto, MSW (2020). Pengaruh Upah Minimum Provinsi, Investasi dan PDRB Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Di Indonesia. Jurnal Ilmu Ekonomi JIE , 4 (1), 42-55.

Daniel, P. A. (2020). Pengaruh Upah Dan Pendidikan Terhadap Produktivitas Tenaga Kerja Di Provinsi Jambi. Journal Development, 8(2), 96-102.

Lube, F., Kalangi, J. B., & Tolosang, K. D. (2021). ANALISIS PENGARUH UPAH MINIMUM DAN PDRB TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DI KOTA BITUNG. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 21(3).

H Kara, O. A. M. A. 2018. Perekonomian indonesia dan dinamika ekonomi global. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents. 7(2):107–115.

Kawet, J. A., V. A. J. Masinambow, dan G. M. V. Kawung. 2019. Pengaruh jumlah penduduk, pendidikan dan tingkat upah terhadap penyerapan tenaga kerja di kota manado. Jurnal Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan Daerah. 19(10)

Mulyani, A. 2019. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi produktifitas kopi robusta terhadap peningkatan pendapatan ekonomi dalam prespektif ekonomi islam (studi di perkebunan kopi robusta desa talang banung bawah kecamatan sumber jaya kkabupaten lampung barat). Repository UIN Raden Intan Lampung. 1–183.

Saleh, A. R. dan H. Utomo. 2018. Pengaruh disiplin kerja, motivasi kerja, etos kerja dan lingkungan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan bagian produksi di pt. inko java semarang. Among Makarti. 11(1):28–50.

Sayuti, A. 2020. Analisis pemberian bonus terhadap kinerja karyawan bagian pemasaran. Bengkulu Suara Press. 1(10):3.

Hapsari.(2017).Pengaruh Bonus dan Tunjangan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan (Studi Kasus di PDAM Tirta Galuh Ciamis).Skripsi Fakultas Ekonomi UniversitasSiliwangi

Roskineng .(2017).Pengaruh Bonus Dan Tunjangan Terhadap Produktivitas Tenaga Kerja Pada Pt. Roda Mas Baja Inti Di Makassar. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar Makassar

Siagian, Sondang P. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit : Bumi Aksara, Jakarta

Veronika, D. S. (2021). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat upah tenaga kerja pada industri agribisnis di kecamatan tumpaan kabupaten minahasa selatan (studi kasus di pt. tropica coco prima). Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi.

Yang dan Jeong (2021). Analisis pengaruh tenaga kerja, tingkat upah, dan pdrb terhadap indeks pembangunan manusia (ipm) di provinsis jawa tengah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.

Downloads

Published

2023-03-26