ANALISIS PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN MEDIASI KEPUASAN KONSUMEN
(Studi Pada Konsumen Indomie di FEB UNRAM)
Keywords:
Harga, Kualitas, Kepuasan dan LoyalitasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Mediasi Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen Indomie di FEB UNRAM). Populasi penelitian ini adalah konsumen Indomie di FEB UNRAM. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari 100 responden. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan SPSS 25.0 for Windows, dimana dilakukan uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, uji analisis jalur, uji signifikansi (uji t), uji koefisien determinasi (R²) dan uji sobel. Berdasarkan hasil analisis, variabel yang berpengaruh secara langsung dan tidak langsung adalah Harga berpengaruh terhadap Loyalitas konsumen, Kualitas produk berpengaruh terhadap Loyalitas konsume, Kualitas produk berpengaruh terhadap Kepuasan konsumen, Kepuasan konsumen berpengaruh terhadap Loyalitas konsumen, dan kepuasan konsumen dapat memediasi hubungan antara harga dan kualitas produk dengan loyalitas konsumen. Adapun variabel yang tidak berpengaruh secara langsung adalah Harga tidak berpengaruh terhadap Kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil tersebut maka disarankan agar perusahaan Indofood dapat meninjau nominal harga yang di gunakan, menigkatkan kualitas produk dan meningkatkan kepuasan pelanggan sehingga mengakibatkan meningkatnya loyalitas pelanggan terhadap pembelian produk Indomie.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.