STRATEGI PEMASARAN KAVA COFFEE AND EATERY DI MATARAM

Authors

  • Fhadila Karunia Fitri
  • Lalu M Furkan Universitas Mataram
  • Handry Sudiarta Athar Universitas Mataram

Keywords:

Kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman, strategi pemasaran

Abstract

Tujuan dari artikel ini adalah untuk menyajikan strategi berbasis analisis SWOT untuk kedai kopi lokal bernama Kava Coffee and Eatery di Mataram. Faktor-faktor berikut harus dipertimbangkan ketika mengembangkan strategi pemasaran: anggaran, waktu, dan perhatian. Desain yang digunakan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah manajer perusahaa dan konsumen. Sampel penelitian ini adalah manajer dan konsumen di Kava Coffee and Eatery Mataram dengan jumlah tujuh orang. Teknik sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Instrument penelitian dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan temuan penelitian ini, analisis kekuatan meliputi lokasi yang strategis, variasi produk, harga yang wajar, kualitas produk yang ditawarkan, dan pelayanan yang sopan dan ramah. Sedangkan kelemahannya adalah adanya karyawan yang kurang responsive. Pada peluang yang dimiliki pangsa pasar yang luas, permintaan konsumen yang tinggi, pasar yang maksimal, dan kualitas produk yang diakui konsumen. Ancaman yang dihadapi yaitu pesaing dibidang yang sama, konsumen yang beralih ketempat lain, pesaing yang memberikan harga miring, timbulnya usaha dibidang yang sama, dan pesaing yang lebih dulu menggunakan pemasaran yang sama.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-10