PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TELKOMSEL ORBIT DI PRAYA LOMBOK TENGAH
PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TELKOMSEL ORBIT DI PRAYA LOMBOK TENGAH
Keywords:
Price, Product Quality, Service Quality, Customer SatisfactionAbstract
This study aims to determine the significance of the effect of Product Quality Price and Service Quality on Customer Satisfaction at Telkomsel Orbit in Praya, Central Lombok. The type of research used in this study is quantitative research with an associative approach. This research is located in the city of Praya. The population in this study were Telkomsel customers who used Telkomsel orbit in Praya, Central Lombok. Sampling determination was carried out using nonprobability sampling method with purposive sampling technique with a sample size of 100 respondents. The data calculation test in this study used Multiple Linear Regression analysis with the help of the IBM SPSS application program to test statistical data. The results showed that: (1) Price has a positive and significant effect on customer satisfaction. (2) Product quality has a positive and significant effect on customer satisfaction. (3) Service quality has a positive and significant effect on customer satisfaction.
Downloads
References
Andi, Irawan.(2002). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan.PT. Elexmedia Computindo. Jakarta
Assauri, Sofjan. (2012). Manajemen Pemasaran.Jakarta : PT Raja Grapindo
Augusty, Ferdinand. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Fajar, Laksana, 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu
Ghozali, Imam.2013.Aplikasi Analisis Multivariate dengan Prograam IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas
Diponegoro.
Ghozali. (2011) Aplikasi Analisis Multivariate dengan Prograam SPSS.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS.Edisi 7. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.
Gunawan, Imam, S.Pd. M.Pd. 2016. Pengantar Statistika Inferensial. Jakarta: Rajawali Pers.
Hermawan, Iwan. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Hidayatul Quran.
Imron, I. (2019). Analisa pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen menggunakan metode kuantitatif pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1), 19-28.
Irwan, Handi, 2002. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta. Elex media Komputindo
Irfanudin, A. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasann Pelanggan. Jurnal Semarak, 2(1), 1-20
Johanes Gerardo Runtunuwu, Sem Oroh, dan Rita Taroreh. 2014. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Cafe dan Resto Cabana Menado, Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan
Akuntansi, Vol. 2, No 3, 2014 ISSN 2303-1174.
Khairunnisa, K. W., & Wulandari, A. (2022).Analisis Strategi Promosi Pada Penjualan Telkomsel Orbit Di Kota Madiun (Studi Kasus Pada PT. Telkom Witel Madiun Tahun 2022). eProceedings of Applied Science, 8(5).
Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks
Kotler, Philip dan Amstrong, Gray, 2014. Prinsip – Prinsip Manajemen. Edisi 14, Jilid 1. Jakarta : Erlangga
Kotler, P., & Keller, K, L. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1.Edisi Ketiga belas. Penerbit Erlangga. jakarta
Kotler, Philip dan Kevin Keller.(2008). Manajemen Pemasaran.Edisi 13.Jilid 1.
Erlangga PT. Gelora Aksara Pratama.
Kotler Philip. 2008. Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium diterjemahkan Benyamin Molan: PT. Prenhallindo: Jakarta.
Kotler, dan Keller (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12.Jakarta : Erlangga.
Kotler, Philip & Armstrong, Gray (2016).Prinsip-Prinsip Manajemen.
Kodu, S. (2013).Harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian mobil Toyota avanza. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).
Lenzun, J. J., Massie, J. D., & Adare, D. (2014).Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap kepuasan pelanggan kartu prabayar telkomsel. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3).
Losung, Y. H., Wenas, R. S., & Arie, F. V. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Iklan, Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Kartu Prabayar Telkomsel Di Kecamatan Pasan. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 401-411.
Lupiadi, Rambat. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta.
Lupiyadi Rambat dan Hamdani, A. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi 2.Salemba Empat,Jakarta
Laksana, Fajar . (2008). Manajemen Pemasaran . Yogyakarta: Graha Ilmu
Milasari, S. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas. Jurnal Kompetitif Bisnis, 1(5), 16-16.
Narulita, C. S., &Wiyata, M. T. (2020).Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Provider Telkomsel di Kota Sukabumi. Winter Journal: IMWI Student Research Journal, 1(2), 82-93.
Nela, F., & Hakim, L. (2015). Analisis Pengaruh Harga, Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pengguna Smartphone Samsung di STIE Totalwin Semarang. Among Makarti, 8(1).
Prahastuti, L., & FERDINAND, A. T. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan
Konsumen Untuk Meningkatkan Loyalitas Konsumen Indosat (Studi Pada Pelanggan Indosat di Wilayah Semarang) (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).
Sandy, B. S. (2019). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS JARINGAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN LAYANAN JASA INDIHOME WIFI ID CORNER TELKOM KLATEN (Doctoral dissertation, Universitas Widya Dharma).
Shartykarini, S., & Firdaus, M. R. (2016). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan (Studi Pengunjung Cafe di Banjarbaru). Jurnal Wawasan Manajemen, 4(1), 39-52.
Siregar.Syofian.2014. Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual dan SPSS. Jakarta: Kencana
Sarjono, H., and Julianita, W. (2017 :6). Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset, Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif daan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono.(2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). metode penelitian bisnis. yogyakarta : graha ilmu.
Sugiyono. (2015). metode penelitian dan pengembangan . bandung: alfabeta .
Syam, A. E. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Telkomsel Di Perawang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Tjiptono, f. (2011). pemasaran jasa . jawa timur: bayumedia publishing.
Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset, Yogyakarta.
Fandy Tjiptono,(2005).Prinsip-Prinsip Total Quality Service.Edisi V. Yogyakarta: Andi
Tjiptono, Fandy, 2004, Manajemen Jasa, Andy Offset, Yogyakarta
Tjiptono,Fandy 2017. Pemasaran Stategik. Yogyakarta: Andi Offset
Tjiptono, F. 2008 Strategi Pemasaran.Edisi ketiga. Andi, Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy (2015). Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta: Andi
Tjiptono.Fandy & Diana.Anastasia. 2019. Kepuasaan Pelanggan-Konsep, Pengukuran, dan Strategi. Yogyakarta : ANDI. ISBN 978 – 623 – 01 –0194 – 6.
Tatama, V., Imansyah, F., Saleh, M., & Marpaung, J. Analisis Quality Of Service Pada Jaringan Telkomsel Orbit Pada Jaringan Telkomsel Orbit Menggunakan Aplikasi Wireshark. Jurnal Teknik Elektro Universitas Tanjungpura, 2(1).
Utari, P. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA BENGKEL GOWATA SAKTI MOTOR (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).
Sekaran, Uma dan Roger Bougie (2017), Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian. Edisi 6, Buku 1. Cetakan kedua. Selemba Empat, Jakarta Selatan 12610
Sekaran, Uma dan Roger Bougie (2017), Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian. Edisi 6, Buku 2.Selemba Empat, Jakarta Selatan 12610
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tatan Amalin Rizkina, Handry Sudiartha Athar, Weni Retnowati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.