PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TELKOMSEL ORBIT DI PRAYA LOMBOK TENGAH

PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TELKOMSEL ORBIT DI PRAYA LOMBOK TENGAH

Authors

  • Tatan Amalin Rizkina FEB UNIVERSITAS MATARAM
  • Handry Sudiartha Athar FEB UNIVERSITAS MATARAM
  • Weni Retnowati FEB UNIVERSITAS MATARAM

Keywords:

Price, Product Quality, Service Quality, Customer Satisfaction

Abstract

This study aims to determine the significance of the effect of Product Quality Price and Service Quality on Customer Satisfaction at Telkomsel Orbit in Praya, Central Lombok. The type of research used in this study is quantitative research with an associative approach. This research is located in the city of Praya. The population in this study were Telkomsel customers who used Telkomsel orbit in Praya, Central Lombok. Sampling determination was carried out using nonprobability sampling method with purposive sampling technique with a sample size of 100 respondents. The data calculation test in this study used Multiple Linear Regression analysis with the help of the IBM SPSS application program to test statistical data. The results showed that: (1) Price has a positive and significant effect on customer satisfaction. (2) Product quality has a positive and significant effect on customer satisfaction. (3) Service quality has a positive and significant effect on customer satisfaction.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andi, Irawan.(2002). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan.PT. Elexmedia Computindo. Jakarta

Assauri, Sofjan. (2012). Manajemen Pemasaran.Jakarta : PT Raja Grapindo

Augusty, Ferdinand. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Fajar, Laksana, 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

Ghozali, Imam.2013.Aplikasi Analisis Multivariate dengan Prograam IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas

Diponegoro.

Ghozali. (2011) Aplikasi Analisis Multivariate dengan Prograam SPSS.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS.Edisi 7. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunawan, Imam, S.Pd. M.Pd. 2016. Pengantar Statistika Inferensial. Jakarta: Rajawali Pers.

Hermawan, Iwan. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Hidayatul Quran.

Imron, I. (2019). Analisa pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen menggunakan metode kuantitatif pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1), 19-28.

Irwan, Handi, 2002. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta. Elex media Komputindo

Irfanudin, A. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasann Pelanggan. Jurnal Semarak, 2(1), 1-20

Johanes Gerardo Runtunuwu, Sem Oroh, dan Rita Taroreh. 2014. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Cafe dan Resto Cabana Menado, Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan

Akuntansi, Vol. 2, No 3, 2014 ISSN 2303-1174.

Khairunnisa, K. W., & Wulandari, A. (2022).Analisis Strategi Promosi Pada Penjualan Telkomsel Orbit Di Kota Madiun (Studi Kasus Pada PT. Telkom Witel Madiun Tahun 2022). eProceedings of Applied Science, 8(5).

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks

Kotler, Philip dan Amstrong, Gray, 2014. Prinsip – Prinsip Manajemen. Edisi 14, Jilid 1. Jakarta : Erlangga

Kotler, P., & Keller, K, L. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1.Edisi Ketiga belas. Penerbit Erlangga. jakarta

Kotler, Philip dan Kevin Keller.(2008). Manajemen Pemasaran.Edisi 13.Jilid 1.

Erlangga PT. Gelora Aksara Pratama.

Kotler Philip. 2008. Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium diterjemahkan Benyamin Molan: PT. Prenhallindo: Jakarta.

Kotler, dan Keller (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12.Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip & Armstrong, Gray (2016).Prinsip-Prinsip Manajemen.

Kodu, S. (2013).Harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian mobil Toyota avanza. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Lenzun, J. J., Massie, J. D., & Adare, D. (2014).Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap kepuasan pelanggan kartu prabayar telkomsel. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3).

Losung, Y. H., Wenas, R. S., & Arie, F. V. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Iklan, Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Kartu Prabayar Telkomsel Di Kecamatan Pasan. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 401-411.

Lupiadi, Rambat. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta.

Lupiyadi Rambat dan Hamdani, A. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi 2.Salemba Empat,Jakarta

Laksana, Fajar . (2008). Manajemen Pemasaran . Yogyakarta: Graha Ilmu

Milasari, S. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas. Jurnal Kompetitif Bisnis, 1(5), 16-16.

Narulita, C. S., &Wiyata, M. T. (2020).Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Provider Telkomsel di Kota Sukabumi. Winter Journal: IMWI Student Research Journal, 1(2), 82-93.

Nela, F., & Hakim, L. (2015). Analisis Pengaruh Harga, Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pengguna Smartphone Samsung di STIE Totalwin Semarang. Among Makarti, 8(1).

Prahastuti, L., & FERDINAND, A. T. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan

Konsumen Untuk Meningkatkan Loyalitas Konsumen Indosat (Studi Pada Pelanggan Indosat di Wilayah Semarang) (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).

Sandy, B. S. (2019). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS JARINGAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN LAYANAN JASA INDIHOME WIFI ID CORNER TELKOM KLATEN (Doctoral dissertation, Universitas Widya Dharma).

Shartykarini, S., & Firdaus, M. R. (2016). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan (Studi Pengunjung Cafe di Banjarbaru). Jurnal Wawasan Manajemen, 4(1), 39-52.

Siregar.Syofian.2014. Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual dan SPSS. Jakarta: Kencana

Sarjono, H., and Julianita, W. (2017 :6). Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset, Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif daan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono.(2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). metode penelitian bisnis. yogyakarta : graha ilmu.

Sugiyono. (2015). metode penelitian dan pengembangan . bandung: alfabeta .

Syam, A. E. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Telkomsel Di Perawang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Tjiptono, f. (2011). pemasaran jasa . jawa timur: bayumedia publishing.

Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset, Yogyakarta.

Fandy Tjiptono,(2005).Prinsip-Prinsip Total Quality Service.Edisi V. Yogyakarta: Andi

Tjiptono, Fandy, 2004, Manajemen Jasa, Andy Offset, Yogyakarta

Tjiptono,Fandy 2017. Pemasaran Stategik. Yogyakarta: Andi Offset

Tjiptono, F. 2008 Strategi Pemasaran.Edisi ketiga. Andi, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy (2015). Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta: Andi

Tjiptono.Fandy & Diana.Anastasia. 2019. Kepuasaan Pelanggan-Konsep, Pengukuran, dan Strategi. Yogyakarta : ANDI. ISBN 978 – 623 – 01 –0194 – 6.

Tatama, V., Imansyah, F., Saleh, M., & Marpaung, J. Analisis Quality Of Service Pada Jaringan Telkomsel Orbit Pada Jaringan Telkomsel Orbit Menggunakan Aplikasi Wireshark. Jurnal Teknik Elektro Universitas Tanjungpura, 2(1).

Utari, P. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA BENGKEL GOWATA SAKTI MOTOR (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).

Sekaran, Uma dan Roger Bougie (2017), Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian. Edisi 6, Buku 1. Cetakan kedua. Selemba Empat, Jakarta Selatan 12610

Sekaran, Uma dan Roger Bougie (2017), Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian. Edisi 6, Buku 2.Selemba Empat, Jakarta Selatan 12610

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/13/5-operator-seluler-favorit-masyarakat-indonesia-versi-apjii

Downloads

Published

2024-09-17