PENGARUH INFLUENCER, BRAND IMAGE DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK KOSMETIK PURBASARI DI KOTA MATARAM

PENGARUH INFLUENCER, BRAND IMAGE DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK KOSMETIK PURBASARI DI KOTA MATARAM

Authors

  • Siti Kardina FEB UNIVERSITAS MATARAM
  • Muhammad Ilhamuddin FEB UNIVERSITAS MATARAM
  • Rusminah Rusminah FEB UNIVERSITAS MATARAM

Keywords:

Influencer, Brand Image, Price Perception, Purchase Decision

Abstract

This research aims to test and analyze the influence of influencers, brand image and price perception on consumer purchasing decisions for Purbasari cosmetic products in Mataram City. The sample in this research consisted of 100 samples. The sampling technique in this research used a nonprobability sampling technique with a purposive sampling method. Data analysis in this study used multiple linear regression analysis. All research data was processed using SPSS Statistics 26. The results of testing and statistical data analysis showed that the indicators in the research carried out were declared valid, where in the classical assumption test the data was normally distributed and multicollinearity did not occur. The results of this research also show that the three independent variables, namely Influencer, Brand Image and Price Perception, have a positive and significant influence on the dependent variable, namely Purchase Decision

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. H., & Tyra, M. J. (2020). Pengaruh Online Consumer Review dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Produk di Marketplace Shopee. Buletin Ekonomi, 99-120.

Afandi, Samudra, J. P., Sherley, veren, & w. L. (2021). Pengaruh Endorsement Influencer Instagram Terhadap Keputusan Pembelian pada Generasi Z. Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial, 15-28.

Brown, & Hayes. (2019). Analisa Pengaruh Influencer Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Z di Kota Surabaya. Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, 51-59.

Cahyani, K. I., & R. S. (2016). Pengaruh Brand Image Awareness dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Management Analysis Journal, 281-288.

Constantinides. (2021). Pengaruh Brand Image, Persepsi Harga dan Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Purbasari (Studi Pada Konsumen Kosmetik Purbasari di Kota Surabaya). STIE Mahardhika Surabaya, 1-15.

E. D. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan pembelian. IQTISHADequity, 1-12.

Ena, M. Y., & Nyoko, A. E. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian di Chezz Cafenet. Journal Of Management, 299-310.

Hasan. (2021). Pengaruh Brand Image, Persepsi Harga dan Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Purbasari (Studi Pada Konsumen Kosmetik Purbasari di Kota Surabaya). STIE Mahardhika Surabaya, 1-15.

I. M. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Jurnal Abiwara, 70-83.

Imantoro, F. S. (2017). Pengaruh Citra Merek : Upaya Meningkatkan Minat Beli. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 32-33.

kinner, & Taylor. (2021). Pengaruh Brand Image, Persepsi Harga

dan Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Purbasari (Studi Pada Konsumen Kosmetik Purbasari di Kota Surabaya). STIE Mahardhika Surabaya, 1-15.

Kotler, & Amstrong. (2014). Manajemen PEmasaran Analisis, Perencanaan, Proses Keputusan Pembelian. Jakarta: Air Langga.

Kotler, & Amstrong. (2021). Pengaruh Brand Image, Persepsi Harga dan Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Purbasari (Studi Pada Konsumen Kosmetik Purbasari di Kota Surabaya). STIE Mahardhika Surabaya, 2.

A. H., & Tyra, M. J. (2020). Pengaruh Online Consumer Review dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Produk di Marketplace Shopee. Buletin Ekonomi, 99-120.

Afandi, Samudra, J. P., Sherley, veren, & w. L. (2021). Pengaruh Endorsement Influencer Instagram Terhadap Keputusan Pembelian pada Generasi Z. Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial, 15-28.

Brown, & Hayes. (2019). Analisa Pengaruh Influencer Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Z di Kota Surabaya. Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, 51-59.

Cahyani, K. I., & R. S. (2016). Pengaruh Brand Image Awareness dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Management Analysis Journal, 281-288.

Constantinides. (2021). Pengaruh Brand Image, Persepsi Harga dan Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Purbasari (Studi Pada Konsumen Kosmetik Purbasari di Kota Surabaya). STIE Mahardhika Surabaya, 1-15.

E. D. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan pembelian. IQTISHADequity, 1-12.

Ena, M. Y., & Nyoko, A. E. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian di Chezz Cafenet. Journal Of Management, 299-310.

Hasan. (2021). Pengaruh Brand Image, Persepsi Harga dan Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Purbasari (Studi Pada Konsumen Kosmetik Purbasari di Kota Surabaya). STIE Mahardhika Surabaya, 1-15.

I. M. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian

Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Jurnal Abiwara, 70-83.

Imantoro, F. S. (2017). Pengaruh Citra Merek : Upaya Meningkatkan Minat Beli. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 32-33.

kinner, & Taylor. (2021). Pengaruh Brand Image, Persepsi Harga dan Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Purbasari (Studi Pada Konsumen Kosmetik Purbasari di Kota Surabaya). STIE Mahardhika Surabaya, 1-15.

Kotler, & Amstrong. (2014). Manajemen PEmasaran Analisis, Perencanaan, Proses Keputusan Pembelian. Jakarta: Air Langga.

Kotler, & Amstrong. (2021). Pengaruh Brand Image, Persepsi Harga dan Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Purbasari (Studi Pada Konsumen Kosmetik Purbasari di Kota Surabaya). STIE Mahardhika Surabaya, 2.

Kotler, & Amstrong. (2021). Pengaruh Brand Image, Persepsi Harga dan Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Purbasari (Studi Pada Konsumen Kosmetik Purbasari di Kota Surabaya). STIE Mahardhika Surabaya, 1-15.

Kotler, & Keller. (2022). Universitas Kristen Petra, 9.

Octavia, R. &. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian ATK dan Fotocopy di Masa Pandemi. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 2.

Peter, & Olson. (2021). Pengaruh Brand Image, Persepsi Harga dan Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Purbasari (Studi Pada Konsumen Kosmetik Purbasari di Kota Surabaya). STIE Mahardhika Surabaya, 1-15.

Plumeer, J. (2021). BAB II SKRIPSI - SUNU'AN NAILUFAR. file:///D:/SKRIPSI/brand%20image/BAB%20II%20SKRIPSI%20-%20SUNU'AN%20NAILUFAR_3.pdf, 1-83.

Rangkuti. (2021). Pengaruh Brand Image, Persepsi Harga dan Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Purbasari (Studi Pada Konsumen Kosmetik Purbasari di Kota Surabaya). STIE Mahardhika Surabaya, 1-15.

Rangkuti, F. (2021). BAB II SKRIPSI - SUNU'AN NAILUFAR. file:///D:/SKRIPSI/brand%20image/BAB%20II%20SKRIPSI%20-

%20SUNU'AN%20NAILUFAR_3.pdf, 1-83.

Sari, & Irena. (2021). Pengaruh Influencer Marketing dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Kembali Produk Skin Care MS Glow. 1-86.

Schiffman, & Kanuk. (2007). BAB II KAJIAN PUSTAKA, PENELITIAN TERDAHULU, KERANGKA, 17.

Schiffman, & Kanuk. (2021). BAB II SKRIPSI - SUNU'AN NAILUFAR. file:///D:/SKRIPSI/brand%20image/BAB%20II%20SKRIPSI%20-%20SUNU'AN%20NAILUFAR_3.pdf, 6-23.

Schiffman, & Kanuk. (2021). Pengaruh Brand Image, Persepsi Harga dan Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Purbasari (Studi Pada Konsumen Kosmetik Purbasari di Kota Surabaya). STIE Mahardhika Surabaya, 1-15.

Shadrina, R. N., & Y. S. (2022). Analisis Pengaruh Content Marketing, Influencer, dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi pada Pengguna Instagram dan Tiktok di Kota Magelang). Diponegoro Journal Of Management, 1-11.

Shichiffman, & Kanuk. (2007). BAB II KAJIAN PUSTAKA, PENELITIAN TERDAHULU, KERANGKA, 17.

Solis. (2021). Pengaruh Influencer Marketing dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Kembali Produk Skin Care MS Glow. 1-86.

Sudha, & Sheena. (2019). Analisa Pengaruh Influencer Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Z di Kota Surabaya. Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, 81-59.

Tjiptono. (2021). Pengaruh Brand Image, Persepsi Harga dan Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Purbasari (Studi Pada Konsumen Kosmetik Purbasari di Kota Surabaya). STIE Mahardhika Surabaya, 1-15.

Downloads

Published

2024-09-17