PENGEMBANGAN UMKM MELALUI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS E-COMMERCE PADA PENGERAJIN SENTRA TENUN PRINGGASELA

Authors

  • Djoko Suprayetno Universitas Mataram
  • Iwan Kusmayadi Universitas Mataram
  • Siti Nurmayanti Universitas Mataram
  • Lalu Edy Herman Mulyono Universitas Mataram
  • Eka Agustiani Universitas Mataram
  • Zainal Abidin Universitas Mataram
  • Gusti Ayu Sri Oktaryani Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v5i2.1599

Keywords:

e-commerce, media sosial, pemasaran strategis, UMKM Tenun Pringgasela

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Sentra Tenun Pringgasela, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, melalui pengembangan manajemen sumber daya manusia berbasis e-commerce. Pelaku usaha di Sentra Tenun Pringgasela menghadapi berbagai tantangan, seperti minimnya pengetahuan tentang strategi pemasaran, kurangnya pemahaman terhadap penggunaan media sosial sebagai alat promosi, dan rendahnya kreativitas dalam pengembangan produk. Metode pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan  dengan memberikan pelatihan intensif kepada para pelaku usaha di Sentra Tenun Pringgasela melalui pendekatan partisipatif dan berbasis kebutuhan local yang mencakup pengenalan konsumen, branding logo, pemanfaatan teknologi informasi, manajemen rantai pasokan, serta pemasaran strategis berbasis media sosial. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan peningkatan pemahaman pelaku usaha terhadap pentingnya strategi pemasaran yang terencana dan berbasis data, serta kemampuan dalam memanfaatkan media sosial untuk mengembangkan usaha pelaku usaha di Sentra Tenun Pringgasela. Dengan implementasi yang tepat, pelaku usaha di Sentra Tenun Pringgasela diharapkan mampu meningkatkan daya saing produk Tenun Pringgasela, memperluas pasar, dan mendukung keberlanjutan usaha tenun tradisional sebagai salah satu warisan budaya Indonesia.

References

Andiny, T. T. (2023). Peran Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Diakonia di Era Digital. Danum Pambelum: Jurnal Teologi Dan Musik Gereja, 3(1), 82–87. https://doi.org/10.54170/dp.v3i1.204

Bukama, S., Hanggara, B. T., & Syawli, A. (2024). Pengaruh Adopsi E-commerce dan E-payment terhadap Kinerja UMKM di Kelurahan Penanggungan. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 1(1), 1–8.

Dewi, L. S., & Setiawan, W. B. (2023). Pengembangan Dan Pelatihan Sumber Daya Manusia Di Era Digital Marketing Menuju 5.0 Dengan Memanfaatkan Platform Media Sosial Pada Umkm Di Desa Sukasukur Kecamatan Cisayong. Jurnal Umum Pengabdian Masyarakat, 2(4), 36–44. https://doi.org/10.58290/jupemas.v2i4.190

Fathimah, V. (2019). Determinan Adopsi E-commerce dan Dampaknya Pada Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 7(3), 445–464. https://doi.org/10.17509/jrak.v7i3.18105

Hafitasari, I. A., Adzani, D. A., & Mafruhat, A. Y. (2022). Analisis Hubungan E-commerce terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan, 5(2), 95–105. https://doi.org/10.33005/jdep.v5i2.401

Hmwd, Z., Almtiri, A., & Miah, S. J. (2017). XXX-X-XXXX-XXXX-X/XX/$XX.00 ©20XX IEEE Impact of Business technologies on the success of E-commerce Strategies: SMEs Perspective.

Le Monde. (2024). Denica Riadini-Flesch: « Les cultures indigenes n'ont pas seulement une place dans le monde, elles sont la clef d'un futur durable ». Retrieved from https://www.lemonde.fr/perspectives/article/2024/10/15/denica-riadini-flesch-les-cultures-indigenes-n-ont-pas-seulement-une-place-dans-le-monde-elles-sont-la-clef-d-un-futur-durable_6352662_468.html

Muliadi, S. (2021). SAS App: Mewujudkan Umkm Berbasis Digital Dalam Rangka Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pringgasela Lombok Timur. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 1877–1885. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/5104

Sari, P., & Samarinda, D. I. K. (2024). PLATFORM E-COMMERCE: STUDI KASUS. 7, 15278–15283.

September, N., Amelia, D., Kamila, P., Febrianita, R., Angelita, V., & Putri, Y. (2023). SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia Strategi Pengembangan UMKM Melalui Pelatihan Branding Dan Digital Marketing Dalam Peningkatan Pemasaran Produk Di RW 09 Kelurahan Menur Pumpungan MSMEs Development Strategy Through Digital Marketing Traini. 2(3).

Telagawathi, N. L. W. S., Suci, N. M., & Heryanda, K. K. (2022). Strategi Transformasi Digital Umkm Kerajinan Tangan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Gianyar, Bali. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 11(2), 204–212. https://doi.org/10.23887/jish.v11i2.39734

Wartika, I. M. B. L. P., Putra, A. A. P., Mahendra, Wirawan, I. P. A., Mahyuni, L. P., & Wirsa, I. N. (2023). Pemberdayaan UMKM Melalui Pengenalan Pemasaran Digital Khususnya Media Sosial Sebagai Sarana Promosi di Era Pandemi Empowering MSMEs through the Introduction of Digital Marketing, Especially Social Media As A Means of Promotion in the Pandemic Era. Panrita Abdi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 285–292. http://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi

Wikipedia. (2024a). Batik in Indonesia. Retrieved from https://en.wikipedia.org/wiki/Batik_in_Indonesia

Wikipedia. (2024b). Culture of Indonesia. Retrieved from https://en.wikipedia.org/wiki/Culture_of_Indonesia

Wikipedia. (2024c). Songket. Retrieved from https://en.wikipedia.org/wiki/Songket

Downloads

Published

2025-06-03

How to Cite

Suprayetno, D., Kusmayadi, I., Nurmayanti, S., Mulyono, L. E. H., Agustiani, E., Abidin, Z., & Oktaryani, G. A. S. (2025). PENGEMBANGAN UMKM MELALUI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS E-COMMERCE PADA PENGERAJIN SENTRA TENUN PRINGGASELA. Jurnal Abdimas Sangkabira, 5(2), 318–325. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v5i2.1599

Most read articles by the same author(s)