PENGEMBANGAN UMKM MELALUI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS E-COMMERCE PADA PENGERAJIN SENTRA TENUN PRINGGASELA
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v5i2.1599Keywords:
e-commerce, media sosial, pemasaran strategis, UMKM Tenun PringgaselaAbstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Sentra Tenun Pringgasela, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, melalui pengembangan manajemen sumber daya manusia berbasis e-commerce. Pelaku usaha di Sentra Tenun Pringgasela menghadapi berbagai tantangan, seperti minimnya pengetahuan tentang strategi pemasaran, kurangnya pemahaman terhadap penggunaan media sosial sebagai alat promosi, dan rendahnya kreativitas dalam pengembangan produk. Metode pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan memberikan pelatihan intensif kepada para pelaku usaha di Sentra Tenun Pringgasela melalui pendekatan partisipatif dan berbasis kebutuhan local yang mencakup pengenalan konsumen, branding logo, pemanfaatan teknologi informasi, manajemen rantai pasokan, serta pemasaran strategis berbasis media sosial. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan peningkatan pemahaman pelaku usaha terhadap pentingnya strategi pemasaran yang terencana dan berbasis data, serta kemampuan dalam memanfaatkan media sosial untuk mengembangkan usaha pelaku usaha di Sentra Tenun Pringgasela. Dengan implementasi yang tepat, pelaku usaha di Sentra Tenun Pringgasela diharapkan mampu meningkatkan daya saing produk Tenun Pringgasela, memperluas pasar, dan mendukung keberlanjutan usaha tenun tradisional sebagai salah satu warisan budaya Indonesia.
References
Andiny, T. T. (2023). Peran Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Diakonia di Era Digital. Danum Pambelum: Jurnal Teologi Dan Musik Gereja, 3(1), 82–87. https://doi.org/10.54170/dp.v3i1.204
Bukama, S., Hanggara, B. T., & Syawli, A. (2024). Pengaruh Adopsi E-commerce dan E-payment terhadap Kinerja UMKM di Kelurahan Penanggungan. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 1(1), 1–8.
Dewi, L. S., & Setiawan, W. B. (2023). Pengembangan Dan Pelatihan Sumber Daya Manusia Di Era Digital Marketing Menuju 5.0 Dengan Memanfaatkan Platform Media Sosial Pada Umkm Di Desa Sukasukur Kecamatan Cisayong. Jurnal Umum Pengabdian Masyarakat, 2(4), 36–44. https://doi.org/10.58290/jupemas.v2i4.190
Fathimah, V. (2019). Determinan Adopsi E-commerce dan Dampaknya Pada Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 7(3), 445–464. https://doi.org/10.17509/jrak.v7i3.18105
Hafitasari, I. A., Adzani, D. A., & Mafruhat, A. Y. (2022). Analisis Hubungan E-commerce terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan, 5(2), 95–105. https://doi.org/10.33005/jdep.v5i2.401
Hmwd, Z., Almtiri, A., & Miah, S. J. (2017). XXX-X-XXXX-XXXX-X/XX/$XX.00 ©20XX IEEE Impact of Business technologies on the success of E-commerce Strategies: SMEs Perspective.
Le Monde. (2024). Denica Riadini-Flesch: « Les cultures indigenes n'ont pas seulement une place dans le monde, elles sont la clef d'un futur durable ». Retrieved from https://www.lemonde.fr/perspectives/article/2024/10/15/denica-riadini-flesch-les-cultures-indigenes-n-ont-pas-seulement-une-place-dans-le-monde-elles-sont-la-clef-d-un-futur-durable_6352662_468.html
Muliadi, S. (2021). SAS App: Mewujudkan Umkm Berbasis Digital Dalam Rangka Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pringgasela Lombok Timur. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 1877–1885. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/5104
Sari, P., & Samarinda, D. I. K. (2024). PLATFORM E-COMMERCE: STUDI KASUS. 7, 15278–15283.
September, N., Amelia, D., Kamila, P., Febrianita, R., Angelita, V., & Putri, Y. (2023). SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia Strategi Pengembangan UMKM Melalui Pelatihan Branding Dan Digital Marketing Dalam Peningkatan Pemasaran Produk Di RW 09 Kelurahan Menur Pumpungan MSMEs Development Strategy Through Digital Marketing Traini. 2(3).
Telagawathi, N. L. W. S., Suci, N. M., & Heryanda, K. K. (2022). Strategi Transformasi Digital Umkm Kerajinan Tangan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Gianyar, Bali. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 11(2), 204–212. https://doi.org/10.23887/jish.v11i2.39734
Wartika, I. M. B. L. P., Putra, A. A. P., Mahendra, Wirawan, I. P. A., Mahyuni, L. P., & Wirsa, I. N. (2023). Pemberdayaan UMKM Melalui Pengenalan Pemasaran Digital Khususnya Media Sosial Sebagai Sarana Promosi di Era Pandemi Empowering MSMEs through the Introduction of Digital Marketing, Especially Social Media As A Means of Promotion in the Pandemic Era. Panrita Abdi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 285–292. http://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi
Wikipedia. (2024a). Batik in Indonesia. Retrieved from https://en.wikipedia.org/wiki/Batik_in_Indonesia
Wikipedia. (2024b). Culture of Indonesia. Retrieved from https://en.wikipedia.org/wiki/Culture_of_Indonesia
Wikipedia. (2024c). Songket. Retrieved from https://en.wikipedia.org/wiki/Songket
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Abdimas Sangkabira

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal Aplikasi Akuntansi ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Aplikasi Akuntansi berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.