PENINGKATAN KUALITAS PRODUK DAN PEMASARAN USAHA FAM’S KITCHEN UNTUK MENDUKUNG PERTUMBUHAN EKONOMI LOKAL
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v5i2.1666Keywords:
MSMEs, Digital Marketing, Design, Product QualityAbstract
Fam's Kitchen, as one of the MSMEs operating as a street vendor at night markets and concerts, faces problems related to the appearance of the unattractive place of sale and limited marketing strategies, both conventionally and digitally. This community service program aims to improve product quality and marketing strategies, especially by utilizing social media and improving the design of the place of business. Through training and mentoring, Fam's Kitchen is expected to be able to develop product quality, enhance the appearance of its place of sale, and maximize digital marketing. With these steps, it is hoped that this business can compete on a broader market, increase competitiveness, attract more customers, and contribute more broadly to local economic growth and empowerment of MSMEs.
References
Endarwati, E. T., Widyastuti, S. M., & Desfitrina, D. (2022). Penggunaan Media Sosial Sebagai Alternatif Strategi Pemasaran Para Pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 2164–2171. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2739
Hapsari, Y. A., Apriyanti, P., Hermiyanto, A., & Rozi, F. (2024). Analisa Peran UMKM Terhadap Perkembangan Ekonomi di Indonesia. 4.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.) (P. Education. (ed.); Pearson Ed). Pearson Education.
Laurina, N. A., Swastuti, E., Nurchayati, N., & Yunita, L. E. (2024). Meningkatkan Daya Saing UMKM Melalui Branding dan Inovasi Digital. Dedikasi Sains Dan Teknologi, 4(1), 7–15. https://doi.org/10.47709/dst.v4i1.3636
Mahabbah, H. I. N., & Mawardi, A. I. (2024). Implementasi Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning) Pada UMKM Alief Onion`s. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 5(1), 183–189.
Oktaviani Tarru, R., & Eirene Tarru, H. (2024). Pemberdayaan Umkm Sebagai Usaha Meningkatkan Kualitas Pemasaran Produk di Lembang Tadongkon. Jurnal Locus Penelitian Dan Pengabdian, 3(2), 203–208. https://doi.org/10.58344/locus.v3i2.2475
Prof. (Riset) Dr. Ir. Achmad Suryana, M. (2019). Teknologi Disruptif: Tantangan Dan Peluang Dalam Mendorong Kewirausahaan. In Yayasan Pustaka Obor Indonesia. https://berkas.dpr.go.id/puslit/files/buku_tim/buku-tim-public-110.pdf
Putri, T. E., Oktoberza, W., & Wahyuni, A. S. (2024). Optimasi Pemasaran Produk UMKM melalui Pelatihan Fotografi dan Media Sosial di Desa Sawah Lebar Baru untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 115–123. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v7i1.19922
Sya’bania, A., Zain, M. A. A., Winarno, A., & Hermawan, A. (2022). Strategi Pengembangan Umkm Dengan Pemanfaatan Digital Marketing Di Era Modernisasi (Studi Pada Umkm Lamingo97). Jurnal Pemantik, 1(2), 134–143. https://doi.org/10.56587/pemantik.v1i2.51
Wahyu, H. T., Sarmini, S., & Subarkah, P. (2024). Visual Rebranding Desain Kemasan Produk Olahan Gula Jahe Seduh UMKM Berkah di Kabupaten Banyumas. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 9(4), 565–577. https://doi.org/10.33633/andharupa.v9i4.8311
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Abdimas Sangkabira

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal Aplikasi Akuntansi ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Aplikasi Akuntansi berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.