PELATIHAN DIGITAL FINANCIAL LITERACY DAN LITERASI KEUANGAN PADA COFFEE SHOP BARRENTS DI KOTA MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v5i2.1692Keywords:
Digital Financial Literacy, Financial Literacy, Financial Management SkillsAbstract
Pelaksanaan Pelatihan Literasi Keuangan Digital dan Literasi Keuangan untuk pemilik coffee shop bertujuan untuk meningkatkan keterampilan manajemen keuangan dan efisiensi operasional mereka. Inisiatif pengabdian masyarakat ini memberikan pengetahuan penting tentang teknologi keuangan modern, alat digital, dan strategi manajemen keuangan yang efektif. Peserta dibekali dengan keterampilan praktis dalam menggunakan aplikasi akuntansi digital dan sistem pembayaran, yang memfasilitasi pemantauan arus kas yang lebih baik, pengurangan biaya operasional, dan peningkatan profitabilitas. Pelatihan ini juga meningkatkan kesadaran akan pentingnya literasi keuangan di kalangan pengusaha coffee shop, yang banyak di antaranya mungkin sebelumnya mengabaikan aspek penting ini. Hasil positif yang diamati termasuk peningkatan keberlanjutan bisnis dan pengambilan keputusan keuangan yang lebih baik. Pendampingan berkelanjutan, materi pelatihan yang diperbarui, kolaborasi dengan lembaga keuangan, evaluasi rutin, dan penggunaan platform digital direkomendasikan untuk memastikan dampak dan relevansi pelatihan yang berkelanjutan.
References
Anak Agung Ayu Intan Wulandari, & Komang Tri Werthi. (2023). Peningkatan Kepedulian Terhadap Perlindungan Keamanan Data Pribadi di Platform Digital Bagi Warga Kelurahan Tonja. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bhinneka (JPMB), 1(3), 188–194. https://doi.org/10.58266/jpmb.v1i3.41
Anam, M. K., Saifuddin, S., & Afrida, P. N. (2023). Acceleration Of Digital Service Literacy Of Bank Jatim Syariah Capem Probolinggo To Customers In An Effort To Minimize The Risk Of Digital Transformation. Jurnal Ekonomi, 12(01), 353–359.
Anggraeni, S. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Dan Literasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Kinerja Umkm Kota MatarAM. In Universitas Islam Negeri Mataram.
Ariffudin, Nurnaluri, S., & Intani, F. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan dan Financial Technology Terhadap Kinerja Keuangan UMKM (Studi Kasus pada Cafe di Kota Kendari). Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 8(01), 298–310.
Brata, W. W. W., Padang, R. Y., Suriani, C., Prasetya, E., & Pratiwi, N. (2022). Student’s Digital Literacy Based on Students’ Interest in Digital Technology, Internet Costs, Gender, and Learning Outcomes. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 17(03), 138–151. https://doi.org/10.3991/ijet.v17i03.27151
Bucher-Koenen, T., & Lusardi, A. (2011). Financial literacy and retirement planning in Germany. Journal of Pension Economics and Finance, 10(4), 565–584. https://doi.org/10.1017/S1474747211000485
Budiwati, N., Hilmiatussadiah, K. G., Nuriansyah, F., & Nurhayati, D. (2020). Economic Literacy And Economic Decisions. Jurnal Pendidikan Ilmu SosiaL, 29(1), 85–96. https://doi.org/10.17509/jpis.v29i1.21627
Herawati, N. T., Kurniawan, P. S., Sujana, E., Dewi, P. E. D. M., & Dewi, L. G. K. (2019). Pemanfaatan Financial Technology Dalam Pengelolaan Keuangan Usaha Mikro Dan Kecil. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 179–186. https://doi.org/10.31960/caradde.v2i2.281
Julaiha, P., Yuliati, N. N., & Sofiati, S. W. (2023). Peningkatan Kemampuan Perilaku Keuangan Berbasis Financial Technology pada UMKM Kreatif di Kota Mataram. Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 1(4), 157–168. https://doi.org/10.57141/kompeten.v1i4.27
Kasim, J. (2023). Pengaruh Literasi Keuagn Terhadap Pengelolaan Intervening Pada Usaha Cafe Di Kota Ternate ( Studi Kasus Pada Owner Cafe Barista Shop ). 20(1), 10–21.
Khotmi, H., Hikmah, H., Fauzi3, A. K., & Astini, Y. (2024). Pengaruh Media Sosial, Literasi Keuangan, E-commerce, Digital Payment, Dan Orientasi Wirausaha Terhadap Kinerja Umkm Di Kota Mataram. 22(1), 11–21.
Kusuma, H., & Asmoro, W. K. (2020). Perkembangan Financial Technologi (Fintech) Berdasarkan Perspektif Ekonomi Islam. Istithmar, 4(2). https://doi.org/10.30762/istithmar.v4i2.14
Kusumawati, N. F., Kusumasari, T. F., & Lubis, M. (2019). The Effectiveness of Digital Marketing for Show Up Company: Issues and Challenges. 2019 3rd International Conference on Electrical, Telecommunication and Computer Engineering (ELTICOM), 27–31. https://doi.org/10.1109/ELTICOM47379.2019.8943885
Muhtarom, Z. A. (2022). Pengaruh Financial Technology (Fintech) Terhadap Literasi Keuangan Pada Pelaku UMKM Di Kota Mataram. Muslim Preneur, 2(2), 31–43.
Nuringtyas, M. R., & Kartini, K. (2023). The Influence of Financial Literacy and Financial Technology on Student Financial Behavior in Yogyakarta. International Journal of Social Service and Research, 3(4), 919–925. https://doi.org/10.46799/ijssr.v3i4.326
Nurjanah, N., Sonhadji, S., Kamdi, W., & Nurlaela, L. (2018, Desember). Functional Literacy Skills And Problem Solving Skills In Culinary Vocational School. 1st International Conference on Social, Applied Science and Technology in Home Economics (ICONHOMECS 2017). https://doi.org/10.2991/iconhomecs-17.2018.2
Qayyum, M., Ali, M., Nizamani, M. M., Li, S., Yu, Y., & Jahanger, A. (2021). Nexus between Financial Development, Renewable Energy Consumption, Technological Innovations and CO2 Emissions: The Case of India. https://doi.org/10.4324/9781315071442-21
Reynara, I., & Pangestuty, F. W. (2023). Analisis Hubungan Literasi Digital Dan Literasi Ekonomi Dengan Keberlangsungan Usaha Mikro Dan Kecil Di Kota Malang Selama Masa Pandemi Covid-19. 2(2), 277–291.
Shvandar, D. (2020). Timely Financial and Economic Literacy for School Children as Basis for Economic Growth in Future. Proceedings of the International Scientific Conference “Far East Con” (ISCFEC 2020), 128(Iscfec), 2661–2668. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200312.375
Stolper, O. A., & Walter, A. (2017). Financial literacy, financial advice, and financial behavior. Journal of Business Economics, 87(5), 581–643. https://doi.org/10.1007/s11573-017-0853-9
Susetyo, D. P., & Firmansyah, D. (2023). Literasi Ekonomi, Literasi Keuangan, Literasi Digital dan Perilaku Keuangan di Era Ekonomi Digital. Economics and Digital Business Review, 4(1), 261–279. https://doi.org/10.37531/ecotal.v4i1.331
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Abdimas Sangkabira

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal Aplikasi Akuntansi ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Aplikasi Akuntansi berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.