PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN AKUNTANSI DAN JOB INTERVIEW PADA PESERTA DIDIK YAYASAN MASA DEPAN ANAK BEKASI
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v5i2.1691Keywords:
Basic accounting, job interview, mentoringAbstract
Keterampilan menghadapi wawancara kerja menjadi tantangan bagi mahasiswa akuntansi dan siswa dari latar belakang ekonomi kurang mampu dalam mempersiapkan masa depan mereka. Pengabdian ini berfokus pada peningkatan pemahaman akuntansi dasar serta pembangunan kepercayaan diri dalam wawancara kerja bagi siswa di Yayasan Masa Depan Anak Bekasi. Tujuan dari kegiatan ini adalah membekali peserta dengan keterampilan pengelolaan keuangan pribadi serta kemampuan menghadapi proses rekrutmen kerja. Metode yang digunakan meliputi pendekatan edukatif dengan sesi pendampingan interaktif, pre-test dan post-test untuk mengukur pemahaman, serta simulasi wawancara kerja. Materi yang diberikan mencakup pencatatan transaksi, penyusunan laporan keuangan, serta teknik menjawab pertanyaan wawancara dengan baik. Hasil menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta, dengan rata-rata skor post-test meningkat dari 66 menjadi 81, serta peningkatan kepercayaan diri dalam menghadapi wawancara kerja. Program ini membuktikan bahwa pendampingan berbasis edukasi tidak hanya berkontribusi pada peningkatan literasi keuangan tetapi juga mempersiapkan peserta dalam menghadapi dunia kerja, sehingga diharapkan dapat meningkatkan peluang mereka dalam memperoleh pekerjaan yang sesuai di masa depan.
References
Alejos, H. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 01, 1–7. http://www.albayan.ae
Auliya, N. N. (2020). Pengaruh Persepsi Kesempatan Kerja dan Kepercayaan Diri Terhadap Kesiapan Kerja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(2), 283. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i2.4912
Cahyani, A. N., Rosyadi, M. E., & Jeruk, K. (n.d.). Pembelajaran Job Interview Dan Pajak Penghasilan Usaha. Cv, 396–405.
Charismana, D. S., Retnawati, H., & Dhewantoro, H. N. S. (2022). Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Indonesia: Kajian Analisis Meta. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 9(2), 99–113. https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.18333
Hasibuan, S., Rodliyah, I., Thalhah, S. Z., Ratnaningsih, P. W., & E, A. A. M. S. (2022). Media penelitian kualitatif. In Jurnal EQUILIBRIUM (Vol. 5, Issue January). http://belajarpsikologi.com/metode-penelitian-kualitatif/
Hendryadi. (2021). Pupolasi dan Sampel. Pontificia Universidad Catolica Del Peru, 02, 1–6.
Indriyani, K., Siregar, J. L., & Ramananda, D. (2023). Dampak Covid-19 Terhadap Pendapatan Pedagang Kecil Bidang Kuliner Di Cikarang Utara, Kab. Bekasi pada Era New Normal. Jurnal Maneksi, 12(1), 170–175. https://doi.org/10.31959/jm.v12i1.1373
Irena, I. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Jurnal Penyesuaian Pada Mata Pelajaran Akuntansi Di Smk Setia Darma Palembang. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 3(2), 130–144. https://doi.org/10.31851/neraca.v3i2.3823
MULVIANI, F. (2021). ANALISIS KESULITAN BELAJAR AKUNTANSI MATERI JURNAL PENYESUAIAN PADA SISWA ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PANGKALAN KERINCI. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Nugrahani, F. (2008). Metode Penelitian Kualitatif. 1,(1).
Nura, A., & Situmorang, M. R. (2024). Pengaruh Kepercayaan Diri Dan Keterampilan Komunikasi Terhadap Public speaking Mahasiswa Prodi Administrasi Perkantoran Stambuk 2021 Universitas Negeri Medan. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 5(2), 242–254. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v5i2.1842
Pratama Atmajaya, A. (2021). Penerapan Diskon Melalui Pembayaran Gopay ditinjau dari Etika Bisnis Islam: Studi kasus Seblak Indoleta Tejo Agung Metro Timur Lampung. Jurnal Ekonomi Syariah .
Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA Negeri “X.” Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 7(1), 43. https://doi.org/10.26740/jptt.v7n1.p43-49
Rahardjo, M. (2011). Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. 1. https://uin-malang.ac.id/r/110601/metode-pengumpulan-data-penelitian-kualitatif.html
Rindarti, E. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Mengembangkan Rpp Kurikulum 2013 Revisi 2017 Melalui Pendampingan Berkelanjutan Di Ma Binaan Kota Jakarta Pusat Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 11(2), 1–19. https://doi.org/10.24832/jpkp.v11i2.221
Rokayah, S., Kuatno, & Masitoh, G. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Akuntansi Peserta Didik Dalam Menyusun Kertas Kerja (Worksheet) Pada Perusahaan Jasa Kelas Xi DI SMK Terpadu Takwa Belitang. JECO: Journal of Economic Education and Eco-Technopreneurship, 2(2), 73–79. https://doi.org/10.30599/jeco.v2i2.648
Sriwahyuni, C. (2021). Hubungan Kepercayaan Diri Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam Angkatan Tahun 2016 Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi Uin Suska Pekanbaru Riau. Epository.Uin-Suska.Ac.Id, 11.
Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 4,82 persen dan Rata-rata upah buruh sebesar 3,04 juta rupiah per bulan. (2024). https://www.bps.go.id/id/pressrelease/2024/05/06/2372/tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-4-82-persen-dan-rata-rata-upah-buruh-sebesar-3-04-juta-rupiah-per-bulan.html
Wahyuningsih, D. D., & Nugroho, S. (2024). Pelatihan Job Interview Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. SUBSERVE: Community Service and Empowerment Journal, 2(1), 75–80.
Wardani, F. K., & Wardana, B. E. (2022). Prinsip Dasar dan Konsep Dasar Akuntansi. Asian Journal of Management Analytics, 1(2), 125–136. https://doi.org/10.55927/ajma.v1i2.1485
Windiyani, O.:, & Masri, S. (2022). Hubungan Self Efficacy dan Keterampilan Komunikasi dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum Santri Pondok Pesantren Datok Sulaiman Putri Palopo The Relation Between Self Efficacy and Communication Skill with Speaking Anxiety In Public Of Santri Pondok Pes. Jurnal Komunikasi Dan Media, 1(1), 1–54.
Yasin, M., Garancang, S., & Hamzah, A. A. (2024). Metode Dan Instrumen Pengumpulan Data Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Metodologi Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif Dan Kualitatiif, 2(3), 161–173.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Abdimas Sangkabira

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal Aplikasi Akuntansi ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Aplikasi Akuntansi berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.