PENGEMBANGAN POTENSI WIRAUSAHA MELALUI PRODUK FROZEN FOOD DARI OLAHAN DAGING AYAM DI LINGKUNGAN KARANG PANAS KECAMATAN AMPENAN KOTA MATARAM

Authors

  • Indria Lenap Universitas Mataram
  • Nina Karina Karim Universitas Mataram
  • Elin Erlina Sasanti Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v3i2.692

Keywords:

wirausaha, produk frozen food, kelompok Ibu Rumah Tangga

Abstract

Peluang usaha frozen food di masa pandemi Covid-19, khususnya saat pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sangat besar. Hal ini dikarenakan tren baru dalam pola konsumsi di masyarakat yang secara perlahan beralih ke makanan yang cepat dan mudah disajikan serta dapat bertahan walaupun disimpan dalam jangka waktu yang lama. Beberapa diantaranya adalah makanan jenis nugget, daging olahan dan frozen food. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengajarkan pengetahuan dan keterampilan membuat berbagai kreasi frozen food dari daging ayam pada Kelompok Ibu Rumah Tangga di lingkungan Karang Panas. Kegiatan ini dimulai dengan penjelasan tentang proses pembuatan nugget ayam dan gyoza dari persiapan bahan sampai penyajian lalu dilanjutkan ke sesi praktik yaitu urutan pembuatan frozen food mulai dari pemilihan dan penyiapan daging ayam serta bahan lainnya, pencetakan menggunakan loyang, pelapisan menggunakan tepung lalu penggorengan awal serta pembekuan. Berdasarkan hasil observasi pasca kegiatan, Tim pengabdian memperoleh informasi bahwa beberapa dari peserta sudah mencoba mempraktekkan sendiri pembuatan Nugget maupun Gyoza. Hasilnya adalah sebagian sudah berhasil membuat Nugget maupun Gyoza, namun beberapa diantaranya belum memperoleh hasil maksimal. Walaupun hasilnya belum maksimal. Tetapi, hal ini menjadi awal yang baik untuk proses pembelajaran dan sebagai upaya awal untuk dapat berkembang menghasilkan kreasi produk frozen food yang dapat dipasarkan dan memberi manfaat ekonomi kedepannya.

References

Daftar Referensi

Alamsyah, A., Basuki, E., Prarudiyanto, A., Cicilia, S., Studi, P., Pangan, T., & Teknologi, F. (2019). DIVERSIFIKASI PRODUK OLAHAN DAGING AYAM. 1.

Widyawatiningrum, E., Yati, M. D., & Nur, S. (2022). Peningkatan Mutu Produk Nugget Ayam Kelor melalui Unjuk Kerja Metode Penggorengan Deep Frying. 1(2), 73–78.

Imaningsih, N., & Wahed, M. (2021). Peningkatan Kemampuan Keuangan Dan Profesionalisme Pengelolaan Usaha Di Kelompok Usaha “ Kartini ” Pendahuluan. 2(1), 42–50.

Indrawati, M. (2020). Pemberdayaan Ibu-Ibu PKK Melalui Usaha Rumah Tangga pada Masa Pandemi Covid. 3, 1035–1047.

Leke, J. R., Rembet, D., Sompie, M., Surtijono, S., Junus, J., Mandey, J.S., Sompie, F.N. (2013). Prosiding Seminar Nasional PEMBUATAN NUGGET AYAM KAMPUNG KELOMPOK WANITA TANI Prosiding Seminar Nasional. 37–40.

Sintiawati, N., Fajarwati, S. R., Program, S., Nusantara, U. I., & Barat, J. (2019). PARTISIPASI ORANG DEWASA DALAM SEBUAH PELATIHAN. 1(1), 26–30.

Suryani, T., & Hasanah, N. (2018). Pemberdayaan Ibu-Ibu Rumah Tangga untuk Meningkatkan Daya Saing Produk Opak Jepit. 03(01), 29–33.

Downloads

Published

2023-06-28

How to Cite

Lenap, I., Karim, N. K., & Sasanti, E. E. (2023). PENGEMBANGAN POTENSI WIRAUSAHA MELALUI PRODUK FROZEN FOOD DARI OLAHAN DAGING AYAM DI LINGKUNGAN KARANG PANAS KECAMATAN AMPENAN KOTA MATARAM. Jurnal Abdimas Sangkabira, 3(2), 344–350. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v3i2.692