PENINGKATAN NILAI EKONOMI HASIL PERKEBUNAN (PISANG) MENJADI PRODUK OLAHAN (PERMEN JELLY) UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DI DESA KOTARAJA KECAMATAN SIKUR LOMBOK TIMUR

Authors

  • Siti Aisyah Hidayati university of Mataram
  • Sri Wahyulina Universitas Mataram
  • Embun Suryani Universitas Mataram
  • Gusti Ayu Sri Oktariyani Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v2i1.70

Keywords:

Buah Pisang, Diversifikasi Produk, Permen Jelly, Desa Kotaraja

Abstract

Pisang merupakan komoditas hortikultura (buah) yang dapat dimakan langsung atau diolah. Namun tentunya pengkonsumsian pisang secara langsung ataupun diolah memiliki kelebihan masing-masing. Di Desa Kotaraja masih banyak mengkonsumsi pisang dalam keadaan segar ataupun pengolahan yang masih sederhana seperti direbus dan digoreng.  Sehingga perlu adanya upaya diversifikasi dan peningkatan nilai ekonomi pangan olahan berbahan baku pisang menjadi produk olahan, salah satunya yaitu permen Jelly.

Metode pelaksanaan dilakukan dengan sosialisasi dan praktik pembuatan permen jelly. Sosialisasi pembuatan permen jelly dari  pisang dilakukan dihadapan ibu-ibu rumah tangga di Desa Tetebatu Selatan. Kegiatan sosialisasi ini memberikan penjelasan tentang peningkatan nilai ekonomi pisang. Untuk dapat meningkatkan nilai ekonomi harus dilakukan diversifikasi produk berbahan dasar pisang. Setelah dilakukannya sosialiasi, dilanjutkan dengan praktik pembuatan permen jelly. Praktik ini dimulai dengan menjelaskan bahan dan peralatan yang digunakan sampai dengan proses pembuatan permen jelly. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan ibu-ibu rumah tangga dapat memproduksi permen jelly dari buah pisang untuk dijual sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat terutama bagi ibu-ibu  rumah tangga yang ada di Desa Kotaraja Kecamatan Sikur Lombok Timur.

References

Eva Fauziah, Esti Widowati, Windi Atmaka. 2015.Kajian Karakteristik Sensoris dan Fisikokimia Fruit Leather Pisang Tanduk (Musa corniculata) dengan Penambahan Berbagai Konsentrasi Karagenan. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan. Vol 4 (1) : 11.

Koswara. S., 2009. Pengolahan Pangan dengan Suhu Rendah. http://tekpan.unimus.ac.id. Diakses pada tanggal 02 Desember 2018..

Putri, T.K. ? D. Veronika ? A. Ismail ? A. Karuniawan ? Y. Maxiselly ?A. W. Irwan W. Sutari. 2015. Pemanfaatan Jenis-jenis Pisang (Banana dan Plantain) Lokal Jawa Barat Berbasis Produk Sale dan Tepung. Jurnal Kultivasi Vol. 14(2).

Wiratmaja, H., 2006. Perbaikan Nilai Tambah Limbah Tulang Ikan Tuna(Thunnus sp) Menjadi Gelatin serta Analisis Fisika-Kimia. Skripsi.Institut Pertanian Bogor. Bogor.

https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Raja,_Sikur,_Lombok_Timur. Diakses pada tanggal 10 Desember 2018.

Downloads

Published

2021-12-28

How to Cite

Hidayati, S. A., Wahyulina, S., Suryani, E., & Oktariyani, G. A. S. (2021). PENINGKATAN NILAI EKONOMI HASIL PERKEBUNAN (PISANG) MENJADI PRODUK OLAHAN (PERMEN JELLY) UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DI DESA KOTARAJA KECAMATAN SIKUR LOMBOK TIMUR. Jurnal Abdimas Sangkabira, 2(1), 57–68. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v2i1.70

Most read articles by the same author(s)