PELATIHAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN SISTEM AKUNTANSI

Authors

  • Intan Rakhmawati Universitas Mataram
  • R. Sapto Hendri BS Universitas Mataram
  • Baiq Rosyida Dwi Astuti Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v2i2.74

Keywords:

Pengelolaan Keuangan, Pengelolaan Usaha, BUMDes

Abstract

Pemberlakuan konsep SDG’s Desa berbasis pada pengelolaan desa, baik dari segi kesehatan, pendidikan, ekonomi, hingga lingkungan secara terintegrasi. Melalui konsep ini, pemberdayaan ekonomi masyarakat desa menjadi penting. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah melalui pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Desa Bayan, Kabupaten Lombok Utara merupakan salah satu desa yang memiliki karakteristik budaya yang potensial untuk menjadi desa wisata. BUMDes yang baru dibangun dapat diarahkan untuk hal ini.
Oleh karena baru dibangun, BUMDes baru berupaya mengelola usaha, mengelola keuangan, termasuk merancang sistem akuntansi dan pembukuan sederhananya.
Pengabdian ini bertujuan memberikan pelatihan mengenai kesemua hal itu. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan pengelola BUMDes Bayan Mandiri dapat mengelola usahanya dengan baik, dan mencapai pendapatan sesuai yang diharapkan.

References

Anonim, 14 November 2015, 4 Tujuan Pendirian BUMDesa, https://www.berdesa.com/4-tujuan-pendirian-bumdesa/, diakses pada 26 Februari 2021.
Anonim, 28 Juli 2018, Informasi Lengkap Tentang BUMDes yang Harus Anda Ketahui, https://www.berdesa.com/ informasi-lengkap-tentang-bumdes-yang-harus-anda-ketahui/, diakses pada 26 Februari 2021.

Downloads

Published

2022-06-16

How to Cite

Rakhmawati, I., BS, R. S. H., & Astuti, B. R. D. (2022). PELATIHAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN SISTEM AKUNTANSI. Jurnal Abdimas Sangkabira, 2(2), 220–223. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v2i2.74

Most read articles by the same author(s)