PENINGKATAN AKUNTABILITAS KEUANGAN BUMDES MELALUI PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER

Authors

  • Wirawan Suhaedi Universitas Mataram
  • Baiq Rosyida Dwi Astuti Universitas Mataram
  • Intan Rakhmawati Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v3i1.305

Keywords:

BUMDes, Pelaporan Keuangan

Abstract

BUMDes menjadi salah satu usaha yang dikembangkan di desa dalam rangka meningkatkan pendapatan asli desa. Untuk bisa mencapai tujuan tersebut BUMDes harus dikelola dengan baik dan menjalankan konsep bisnis yang sehat. Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah tata Kelola keuangan yang baik yang tercermin dari laporan keuangan yang hasilkan. BUMDes. Desa Bayan merupakan salah satu BUMDes yang saat ini sudah mulai berkembang. Saat ini pengurus masih mengalami kendala dalam penyusunan laporan keuangan tepat waktu sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada pemerintah desa. Dari kondisi tersebut, Tim pengabdian menyusunkan sebuah aplikasi berbasis MS Excel untuk memudahkan pencatatan dan pelaporan keuangan. Selain itu juga dilakukan pendampingan sampai sistem tersebut dapat diimplementasikan dengan baik. Penyusunan dan pelatihan aplikasi dilakukan pada Bulan Juni dan Juli 2022, sedangkan pendampingan dilaksanakan bulan Juli- September 2022. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa saat ini pengurus BUMDes sudah mampu menyusun laporan keuangan secara tetap waktu dengan bantuan aplikasi yang sudah disusun.

References

Anonim, 14 November 2015, 4 Tujuan Pendirian BUMDesa, https://www.berdesa.com/4-tujuan-pendirian-bumdesa/, diakses pada 26 Februari 2021.

Anonim, 28 Juli 2018, Informasi Lengkap Tentang BUMDes yang Harus Anda Ketahui, https://www.berdesa.com/informasi-lengkap-tentang-bumdes-yang-harus-anda-ketahui/, diakses pada 26 Februari 2021.

Astuti, BRD, I Rakhmawati, W Suhaedi, DT Della Nabila, Prosiding Pepadu 1 (1), 2019.

Indriyanthi, Ni Nyoman Ira, 2020, Analisis Pengelolaan dan Akuntabilitas Laporan Keuangan Badan Usaha Milik Desa di Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat.

Permendesa PDTT Nomor 4 Tahun 2015 Tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa.

Rahayu, Amy Y.S., Vishnu Juwono, 2019, Birokrasi dan Governance: Teori, Konsep dan Aplikasi, Rajawali Pers, Depok.

Downloads

Published

2022-12-05

How to Cite

Suhaedi, W., Astuti, B. R. D., & Rakhmawati, I. (2022). PENINGKATAN AKUNTABILITAS KEUANGAN BUMDES MELALUI PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER. Jurnal Abdimas Sangkabira, 3(1), 70–75. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v3i1.305