PENDAMPINGAN MAHASISWA BEASISWA CENDEKIA BAZNAS (BCB) STUDENTPRENEUR UNIVERSITAS MATARAM

Authors

  • Alamsyah AB Universitas Mataram
  • M. Ahleyani Universitas Mataram
  • Annisa Syafrina Rizkyka Hamid Universitas Mataram
  • Rauhul Ijtihad Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v4i1.859

Keywords:

Pendampingan BCB, Studentpreneur, Mahasiswa

Abstract

Tujuan kegiatan Monitoring kepada mahasiswa penerima Beasiswa Cendekia Baznas (BCB) Studentpreneur 2023 ini diharapkan dapat membekali pengetahuan kepada mereka sehingga memiliki pengetahuan kewirausahaan dan mampu mengimplementasikan pengetahuannya tersebut untuk keberhasilan pasca kampus. Melalui kegiatan tersebut mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi dan mempersiapkan diri sehingga menjadi alumni yang memiliki kompetensi yang kuat baik hard skill maupun soft skill. Kegiatan ini dilaksanakan di Universitas Mataram selama 8 (delapan) bulan yaitu dari Bulan Januari 2023 sampai dengan Agustus 2023. Kegiatan berjalan dengan lancar, bentuk kegiatannya dilaksana secara off-line maupun on-line. Materi pendampingan meliputi Mental Growth, Team Leadership, Potensi Diri, Personal Branding, Karier Pasca Kampus, Netiket, dan Refleksi Tengah Tahun. Di samping  penyampaian materi juga diselingi dengan diskusi dan tanya jawab. Para peserta sangat antusias  mengikuti setiap kegiatan, hal ini terjadi karena materi yang disampaikan berkaitan langsung dengan keseharian mereka. Para peserta menyadari bahwa memiliki mental yang senantiasa bertumbuh, team kepemimpinan, memahami dan mengembangkan potensi diri, mengembangkan personal branding sangat diperlukan dalam mempersiapkan Karier Pasca Kampus. Sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi wirausaha mahasiswa tersebut perlu pembinaan lebih lanjut pada masa-masa yang akan datang, dan juga perlu dilakukan evaluasi terhadap keberhasilan pembinaan yang dilakukan.

References

---------------, 2023, Panduan Beasiswa Baznas Nasional.

---------------, 2018, RI Masuk Daftar Negara Biaya Pendidikan Termahal di Dunia, LIFESTYLE - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia, 16 April 2018 13:06.

---------------, 2003, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik. Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran.

---------------, 2023, Sosialisasi Tema Pembinaan Beasiswa Cendekia Maznas, Divisi Pendidikan dan Dakwah, Jakarta.

Mayang Rizky, dkk., 2019, Daniel Suryadarma, and Asep Suryahadi, Effect Of Growing Up Poor On Labor Market Outcomes: Evidence From Indonesia, Asian Development Bank Institute (ADBI), Working Paper Series.

Yeni Rachmawati, dkk. 2018, Potret Pendidikan Indonesia Statistik Pendidikan, Badan Pusat Statistik , Jakarta Indonesia.

Downloads

Published

2023-11-26

How to Cite

AB, A., Ahleyani, M., Hamid, A. S. R., & Ijtihad, R. (2023). PENDAMPINGAN MAHASISWA BEASISWA CENDEKIA BAZNAS (BCB) STUDENTPRENEUR UNIVERSITAS MATARAM. Jurnal Abdimas Sangkabira, 4(1), 161–172. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v4i1.859