PENYULUHAN AKUNTANSI KEUANGAN PADA PENGUSAHA WISATA KULINER PESISIR PANTAI TANJUNG BIAS DESA SENTELUK KECAMATAN BATULAYAR

Penulis

  • Alamsyah AB Universitas Mataram
  • Junaidi Sagir Universitas Mataram
  • Lalu Hamdani Husnan Universitas Mataram
  • Budi Santoso Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v3i2.458

Kata Kunci:

Akuntansi Keuangan

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan penyuluhan dan memperkenalkan kepada para pengusaha Wisata Kuliner di Pesisi Pantai Tanjung Bias Desa Senteluk Kecamatan Batu Layar Kabupaten Lombok Barat tentang pentingnya Akuntansi Keuangan bagi usaha café. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk penyuluhan di lokasi usaha Kuliner Tanjung Bias, peserta yang hadir dalam kegiatan ini adalah pemilik/karyawan usaha kuliner yang ada di Lokasi Tanjung Bias Desa Senteluk Kecamatan Batu Layar Kabupaten Lombok Barat, metode kegiatan Pengabdian ini dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, tutorial, dan diskusi. Materi penyuluhan berupan Akuntansi Keuangan itu penting bagi suatu Usaha, dengan maksud untuk: 1). Meminimalisasi Kelebihan Pengeluaran Usaha, 2). Mengetahui Untung atau Rugi Suatu Usaha, dan 3). Sebagai Strategi Usaha selanjutnya, disamping itu diberikan materi berupan contoh Pembukuan Usaha Cafe yang meliputi : 1). Mencatat Pengeluaran, 2). Membuat Buku Catatan Pemasukan, 3). Membuat Buku Kas Utama, 4). Menyediakan Buku Stok Barang, 5). Membuat Buku Catatan Inventaris Barang, dan 6). Buku Laba Rugi

Referensi

Damardjati, R.S. (1995). Istilah-istilah Dunia Pariwisata. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

Purnamawati IG ayu, 2020, Akuntansi Koperasi & UMKM : Teori dan Praktik, Edisi 2, Cet. 3 Terbitan PT Raja Grafindo Persada, Depok Indonesia

Rudianto, 2010, Akuntansi Koperasi Tehnik dan Konsep Penyusunan Laporan Keuangan, Edisi kedua, Erlangga.

Stowe, L., & Johnston, D. (2010). Throw your napkin on the floor: Authenticity, culinary tourism, and a pedagogy of the senses. Australian Journal of Adult Learning , 52, Number 3.

Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran Edisi Kedua. Cetakan Pertama.Yogyakarta: Andi Offset. 2001. Manajemen Jasa Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi Offset

Kotler, Philip. 2004. Manajemen Pemasaran Edisi Milenium. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Warsono (2010). Prinsip-prinsip dan Praktik Keuangan Pribadi. Volume 13 no 2. Yohnson (2004)

Diterbitkan

2023-05-18

Cara Mengutip

AB, A., Sagir, J., Husnan, L. H., & Santoso, B. (2023). PENYULUHAN AKUNTANSI KEUANGAN PADA PENGUSAHA WISATA KULINER PESISIR PANTAI TANJUNG BIAS DESA SENTELUK KECAMATAN BATULAYAR. Jurnal Abdimas Sangkabira, 3(2), 184–196. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v3i2.458