PENYULUHAN SUMBER DAN PENGELOLAAN MODAL USAHA BAGI PEDAGANG KULINER DI DESA SANTELUK KECAMATAN BATULAYAR KABUPATEN LOMBOK BARAT

Authors

  • St. Maryam Universitas Mataram
  • Wahidin Universitas Mataram
  • Abdul Manan Universitas Mataram
  • M Irwan Irwan Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v4i1.872

Keywords:

Pengelolaan, Modal, Pedagang Kuliner

Abstract

Modal merupakan salah satu unsur yang menentukan gagal dan suksesnya usaha. Para pelaku usaha harus memiliki pengetahuan yang lengkap berkaitan dengan modal usaha. Kegiatan Penyuluhan ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pengetahuan tentang (1) Pengertian  dan Penilaian Modal Usaha; (2) Jenis-Jenis dan Sumber Modal Usaha; (3) Teknik pengelolaan Modal Usah;(4) Modal Dasar Kewirausahaan.

Kegiatan penyuluhan telah dilaksanakan dengan lancar, meski pelaksanaan kegiatan sepenuhnya menggunakan metode ceramah dan memberikan contoh-contoh secara umum kepada peserta. Peserta ingin mengembangkan usaha dengan harapan dapat memperoleh modal yang diperoleh dengan cara meminjam pada pihak lain tanpa adanya tambahan bunga pinjaman. Pedagang kuliner membutuhkan modal usaha yang bersumber dari luar untuk melengkapi modal sendiri, karena saat sekarang jumlah pembeli mengalami peningkatan setelah dilanda Virus Corona (Covid-19). Peserta penyuluhan memiliki pengetahuan tambahan berkenaan dengan modal usaha dan pengelolaannya.

References

Amaliawati, Lia dan Asfia Murni, 2015. Ekonomika Mikro, Edisi Revisi. PT. Revika Adhitama, Bandung.

Anggiani, Sarfilianty, 2018. Kewirausahaan Pola Pikir Pengetahuan dan Keterampilan, Edisi Kedua, Kencana PrenadaMedia Group, Jakarta.

Burhanudin, 2013. Koperasi Syariah dan Pengaturannya di Indonesia. UIN-Maliki Press, Malang.

Farid, 2017, Kewirausahaan Syariah, Kencana, Jakarta

Hamali. Arif Yusuf, Eka Sari Budihastuti, 2017. Pemahaman Kewirausahaan. Strategi Mengubah Pola Pikir “Orang Kantoran Menuju Pola Pikir “Wirausahawan Sukses”. Edisi Pertama, Kencana, Depok.

Najmudin, 2011. Manajemen Keuangan dan Akuntansi Syariah Modern. Editor. Dr. Suliysnto. ANDI, Yogyakarta.

Suparyanto. 2013. Kewirausahaan Konsep Dan Realita Pada Usaha Kecil. Alfabeta, Bandung.

Suryana. 2013. Kewirausahaan Kiat dan Proses Menuju Sukses. Salemba Empat. Jakarta.

Suryana, Yuyus, Kartib Bayu. 2010. Kewirausahaan Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Edisi Kedua. Kencana, Jakarta.

Suwatno, 2021. Manajemen Kewirausahaan Panduan Menghadapi Disrupsi Bisnis. Kencana PrenadaMedia Group, Jakarta.

Downloads

Published

2023-12-10

How to Cite

Maryam, S., Wahidin, W., Manan, A., & Irwan, M. I. (2023). PENYULUHAN SUMBER DAN PENGELOLAAN MODAL USAHA BAGI PEDAGANG KULINER DI DESA SANTELUK KECAMATAN BATULAYAR KABUPATEN LOMBOK BARAT. Jurnal Abdimas Sangkabira, 4(1), 180–188. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v4i1.872