PENYULUHAN TENTANG MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN ISLAMI BAGI PEMUDA DI KELURAHAN MONJOK BARAT KECAMATAN SELAPARANG KOTA MATARAM

Authors

  • Muhammad Firmansyah
  • Abdul Manan Universitas Mataram
  • Iwan Harsono Universitas Mataram
  • Muhammad Irwan Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v1i2.37

Keywords:

Pemuda, Kewirausahaan Islami, Etika Bisnis Islami

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah  memberikan pemahaman tentang  (a)  Arti dan prinsip-prinsip kewirausahaan syariah; (b) Merintis Kewirusahaan Islami; (c) Etika Bisnis Islami; (d)  Karakteristik Wirausahawan Islami dan (e)  Unsur-Unsur Wirausaha Islami.Untuk mencapai tujuan tersebut, solusi yang dilakukan adalah : memberikan pemahaman tentang  (a)  Arti dan prinsip-prinsip kewirausahaan syariah; (b) Merintis Kewirusahaan Islami; (c) Etika Bisnis Islami; (d)  Karakteristik Wirausahawan Islami dan (e)  Unsur-Unsur Wirausaha Islami.

Kegiatan ini dapat dikatakan berjalan baik dan berhasil dilihat dari beberapa indikator yaitu: (a) Kehadiran peserta yang hadir melebihi setengah yang telah ditetapkan  yang dihadiri oleh peserta baik laki – laki dan perempuan, (b) Diskusi dan tanya jawab yang memberikan gambaran tentang permasalahan yang dihadapi peserta terutama berkenaan langkah-langkah memulai atau merintis usaha, (c) Peserta bersedia untuk menjalankan usaha dengan memperhatikan ketersedian modal usaha dalam arti luas.

Saran yang berkenaan dengan kegiatan ini adalah (a) Tim harus menindaklanjuti keinginan peserta untuk memberikan penyuluhan berkenaan dengan pemantapan pemahaman mengenai berwirausaha secara Islami maupun pemanfaatan modal usaha dengan prinsp-prinsip syariah; (b) Penyajian tim masih dalam bentuk ceramah, dikembangkan dalam bentuk pendidikan seperti mempraktekkan langkah-langkah memulai usaha dengan prinsip-prinsip Islami.

References

Baidan, Nashrudin, dan Erwati Azis, 2008. Etika Islam Dalam Berbisnis. Zada Haniva, Solo.
Dawabah, Asyraf Muhammad. 2005. The Moslem Entrepreneur. Kiat Sukses Pengusaha Muslim. Lini Zikrul Media Intelektual, Jakarta.
Farid, 2017, Kewirausahaan Syariah, Kencana, Jakarta
Hamali, Arif Yusuf dan Eka Sari Budihastuti,, 2017, Pemahaman Kewirausahaan, Kencana, Jakarta.
Husain Syahatah, Sidiq Muh Al-Amin Adh Zdhahir, 2005, Transaksi Dan Etika Bisnis Islam, Visi Insani Publishing, Jakarta.
Idri, H. 2015. Hadis Ekonomi. Ekonomi Dalam Perspektif Hadis Nabi. Prenadmedia Group. Jakarta.
Muhammad. (tt). Etika Bisnis Islami. UPP. AMP YKPN. Yogyakarta.
Muslich. 2010. Etika Bisnis Islami. Ekonisia, Yogyakarta.
Suryana, 2016, Kewirausahaan Kiat dan Proses Menuju Sukses, Salemba Empat, Jakarta.
Suryana, Yuyus dan Kartib Bayu. 2010. Kewirausahaan. Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Edisi Kedua, Kencana, Prenadamedia Group. Jakarta.
Yusanto, Muhammad Ismail dan Muhammad Karebet Widjajakusuma. 2002. Menggagas Bisnis Islami. Gema Insani, Jakarta.

Downloads

Published

2021-06-04

How to Cite

Firmansyah, M., Manan, A., Harsono, I., & Irwan, M. (2021). PENYULUHAN TENTANG MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN ISLAMI BAGI PEMUDA DI KELURAHAN MONJOK BARAT KECAMATAN SELAPARANG KOTA MATARAM. Jurnal Abdimas Sangkabira, 1(2), 110–117. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v1i2.37

Most read articles by the same author(s)