MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA SMK MELALUI PELATIHAN MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN BERBASIS SAK ETAP
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v4i2.1068Keywords:
Akuntansi, Kompetensi, Laporan Keuangan, SiswaAbstract
Uji Sertifikasi Kompetensi Teknisi Akuntansi bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai kompetensi keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk mempersiapkan siswa SMK menempuh uji sertifikasi untuk mendapatkan pengakuan kompetensi, dengan memberikan pelatihan melalui bimbingan teknis dengan latihan dan variasi soal. Sasaran pengabdian masyarakat adalah siswa SMK yang berdomisili di wilayah Jakarta, Bekasi, Bogor, Tangerang, Rangkasbitung dan Karawang. Diharapkan mahasiswa setelah mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat dapat memahami konsep dasar akuntansi, prinsip akuntansi, persamaan akuntansi dan mampu Menyusun laporan keuangan berdasarkan SAK ETAP. Metode pengabdian masyarakat dilakukan melalui penyampaian materi pengetahuan teoritis dan praktis. Dampak dari kegiatan ini adalah meningkatnya kemampuan siswa dalam memahami konsep dasar akuntansi, serta meningkatnya kemampuan dalam menyusun laporan keuangan sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP).
References
Bahri, S. (2017). Pengantar akuntansi berdasarkan SAK ETAP dan IFRS.
Dewi, Luh Retiantari., Suharsono, Naswan dan Haris, Iyus Akhmad. 2014. Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMAN 4 Singaraja . Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. Vol. 4 No. 1.
Haslina, W., Yentifa, A., & Sulastri, R. E. (2022). Pelatihan Sertifikasi Kompetensi Teknisi Akuntansi Bagi Guru Dan Siswa Jurusan Akuntansi SMKN 3 Padang. Jurnal Abdimas: Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat, 4(1), 111-117.
Ikatan Akuntan Indonesia. 2013. Modul Dasar Akuntansi. Jakarta: Salemba 4,2013.
Ikatan Akuntan Indonesia. 2019. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntanbilitas Publik. Jakarta: Divisi Penerbitan IAI.
Kusumastuti Dwi Endah,Susanti Ita, & Hastuti . (2021). Peningkatan Kompetensi Siswa Smk Puragabaya Kota Bandung Dalam Menyusun Laporan Keuangan Untuk Menghadapi Uji Kompetensi Keahlian Bidang Akuntansi. Jurnal Difusi, 4(1), 1–9.
Makaryanawati, E. A. S., Harahap, R. F., & Furqorina, R. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi Bagi Guru Akuntansi Di Kota Malang. PEDULI: Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 23-29.
Riyanah, A. Y. R. N. P. N. S. (2023). Uji Kompetensi Keahlian (UKK) sebagai Alat Ukur Kemampuan Akuntansi Siswa SMK Islam Darurrohman Sukawangi. Jurnal Peradaban Masyarakat, 3(3), 123–128. https://doi.org/10.55182/jpm.v3i3.284
Santoso, M., Putra, A., Muhidong, J., Sailah, I., Mursid, S., Rifandi, A., Susetiawan, & Endrotomo. (2015). KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (Y. Baso (ed.)). Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.
Sihombing, N. S. C. W. H. H. R. A. E. H. (2021). Efforts to Increase Investment Awareness Desa Harapan Baru. GANDRUNG: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 292–300. https://doi.org/10.36526/gandrung.v2i2.1368
Soemaryono, P. R., & Ismangil.(2021). Pelatihan Akuntansi Keuangan Bagi Siswa SMK Kartini Surabaya. Jurnal Pengabdian Dharma Masyarakat (PADMA), 1(4), 261-264.
Sudradjat, S., & Djanegara, M. S. (2020). PKM Uji Kompetensi Bidang Keahlian Akuntansi Di SMK Bina Sejahtera Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 1(1), 21–28. https://doi.org/10.37641/jadkes.v1i1.319
Sudradjat, S., & Amyar, F. (2020). PKM Uji Kompetensi Bidang Keahlian Akuntansi di SMK Pembangunan Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 1(1), 37-42.
Widayati, A., & Isroah, I. (2014). Evaluasi Pelaksanaan Uji Kompetensi Produktif SMK Program Keahlian Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v5i1.867
Wulaningrum, E. R. M. I. R. (2022). Strengthening Vocational Accounting Graduates for Competence Certification in East Kalimantan. ETAM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 141–147
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Abdimas Sangkabira
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal Aplikasi Akuntansi ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Aplikasi Akuntansi berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.