MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA SMK MELALUI PELATIHAN MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN BERBASIS SAK ETAP

Authors

  • Marieta Ariani Universitas Trisakti
  • R. Rosiyana Dewi Universitas Trisakti
  • Hasnawati Universitas Trisakti
  • Rakendro Wijayanto Universitas Trisakti
  • Tyas Pambudi Raharjo Universitas Trisakti
  • Cia Ajeng Anjelisdya Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v4i2.1068

Keywords:

Akuntansi, Kompetensi, Laporan Keuangan, Siswa

Abstract

Uji Sertifikasi Kompetensi Teknisi Akuntansi bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai kompetensi keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk mempersiapkan siswa SMK menempuh uji sertifikasi untuk mendapatkan pengakuan kompetensi, dengan memberikan pelatihan melalui bimbingan teknis dengan latihan dan variasi soal. Sasaran pengabdian masyarakat adalah siswa SMK yang berdomisili di wilayah Jakarta, Bekasi, Bogor, Tangerang, Rangkasbitung dan Karawang. Diharapkan mahasiswa setelah mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat dapat memahami konsep dasar akuntansi, prinsip akuntansi, persamaan akuntansi dan mampu Menyusun laporan keuangan berdasarkan SAK ETAP. Metode pengabdian masyarakat dilakukan melalui penyampaian materi pengetahuan teoritis dan praktis. Dampak dari kegiatan ini adalah meningkatnya kemampuan siswa dalam memahami konsep dasar akuntansi, serta meningkatnya  kemampuan dalam menyusun laporan keuangan sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP).

References

Bahri, S. (2017). Pengantar akuntansi berdasarkan SAK ETAP dan IFRS.

Dewi, Luh Retiantari., Suharsono, Naswan dan Haris, Iyus Akhmad. 2014. Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMAN 4 Singaraja . Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. Vol. 4 No. 1.

Haslina, W., Yentifa, A., & Sulastri, R. E. (2022). Pelatihan Sertifikasi Kompetensi Teknisi Akuntansi Bagi Guru Dan Siswa Jurusan Akuntansi SMKN 3 Padang. Jurnal Abdimas: Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat, 4(1), 111-117.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2013. Modul Dasar Akuntansi. Jakarta: Salemba 4,2013.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2019. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntanbilitas Publik. Jakarta: Divisi Penerbitan IAI.

Kusumastuti Dwi Endah,Susanti Ita, & Hastuti . (2021). Peningkatan Kompetensi Siswa Smk Puragabaya Kota Bandung Dalam Menyusun Laporan Keuangan Untuk Menghadapi Uji Kompetensi Keahlian Bidang Akuntansi. Jurnal Difusi, 4(1), 1–9.

Makaryanawati, E. A. S., Harahap, R. F., & Furqorina, R. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi Bagi Guru Akuntansi Di Kota Malang. PEDULI: Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 23-29.

Riyanah, A. Y. R. N. P. N. S. (2023). Uji Kompetensi Keahlian (UKK) sebagai Alat Ukur Kemampuan Akuntansi Siswa SMK Islam Darurrohman Sukawangi. Jurnal Peradaban Masyarakat, 3(3), 123–128. https://doi.org/10.55182/jpm.v3i3.284

Santoso, M., Putra, A., Muhidong, J., Sailah, I., Mursid, S., Rifandi, A., Susetiawan, & Endrotomo. (2015). KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (Y. Baso (ed.)). Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Sihombing, N. S. C. W. H. H. R. A. E. H. (2021). Efforts to Increase Investment Awareness Desa Harapan Baru. GANDRUNG: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 292–300. https://doi.org/10.36526/gandrung.v2i2.1368

Soemaryono, P. R., & Ismangil.(2021). Pelatihan Akuntansi Keuangan Bagi Siswa SMK Kartini Surabaya. Jurnal Pengabdian Dharma Masyarakat (PADMA), 1(4), 261-264.

Sudradjat, S., & Djanegara, M. S. (2020). PKM Uji Kompetensi Bidang Keahlian Akuntansi Di SMK Bina Sejahtera Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 1(1), 21–28. https://doi.org/10.37641/jadkes.v1i1.319

Sudradjat, S., & Amyar, F. (2020). PKM Uji Kompetensi Bidang Keahlian Akuntansi di SMK Pembangunan Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 1(1), 37-42.

Widayati, A., & Isroah, I. (2014). Evaluasi Pelaksanaan Uji Kompetensi Produktif SMK Program Keahlian Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v5i1.867

Wulaningrum, E. R. M. I. R. (2022). Strengthening Vocational Accounting Graduates for Competence Certification in East Kalimantan. ETAM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 141–147

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

Ariani, M., Dewi, R. R., Hasnawati, H., Wijayanto, R., Raharjo, T. P., & Anjelisdya, C. A. (2024). MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA SMK MELALUI PELATIHAN MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN BERBASIS SAK ETAP. Jurnal Abdimas Sangkabira, 4(2), 321–327. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v4i2.1068