PERENCANAAN PROSES PRODUKSI DAN LAYOUT FASILITAS PADA INDUSTRI TEMPE DI LINGKUNGAN PERESAK TEMPIT KELURAHAN AMPENAN TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v1i2.29Keywords:
perencanaan, produksi, layout, tempeAbstract
Kegiatan usaha sebagian besar di kota Mataram merupakan usaha industri kecil dan menengah yang merupakan lahan pencaharian dari masyarakat kota. Usaha-usaha tersebut bercirikan usaha rumahan atau home industry. Salah satu home industri yang bergerak dalam sektor makanan di Kota Mataram adalah industri penghasil tempe di Lingkungan PeresakTempit Kelurahan Ampenan Tengah. Seperti halnya kebanyakan usaha rumahan, usaha tempe di lingkungan ini juga mengalami kendala dalam hal proses produksi dan layout fasilitas. Pengabdian ini ditujukan bagi produsen tempe agar mereka dapat mengembangkan kemampuannya dalam hal merencanakan alur proses yang benar, penataan layout fasilitas yang dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja, serta penggunaan ruang dapat dihemat. Penyampaian materi dalam bentuk penyuluhan dan diskusi dengan memberikan materi pentingnya perencanaan proses produksi dan layout. Sebagai narasumber adalah Tim Pengusul Pengabdian pada Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram. Permasalahan mitra antara lain: (1) Persaingan yang cukup ketat dengan banyaknya pesaing; dan (2) Para pengusaha tempe di Tempit belum cukup memiliki kemampuan perencanaan proses produksi dan layout fasilitas. Solusi yang ditawarkan adalah: (1) penyuluhan tentang perencanaan proses produksi (2) penyuluhan tentang layout fasilitas produksi. Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung dalam masa pandemi covid 19 (Agustus 2020), maka untuk menghindari kerumunan massa maka dilakukan di beberapa tempat usaha yang masing-masing dihadiri 4 -5 orang di setiap tempat usaha. Hasil kegiatan ini adalah peserta yang berjumlah 15 orang yang terdiri dari pemilik/karyawan mendapatkan pengetahuan dan kemampuan merencanakan proses produksi dan layout fasilitas yang merupakan aspek penting untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas usaha di masa datang.
References
Aziz N. 2007. Penerapan Sisitem Informasi Pemasaran pada Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota Malang. Universitas Muhammadiyah. Malang.
Ikatan Akuntan Indonesia. 2009. Standar Akuntansi Keuangan. Salemba Empat. Jakarta.
Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, 2008. UU No. 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah. www.bi.go.id
Martowardoyo, Agus. “Bank Indonesia Klaim Peduli Nasib UMKM di Indonesia”. http://www.merdeka.com.
Santia, Masayu Praba. 2014. Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Tahu pada UD. Putra Abian Tubuh, Universitas Mataram. Mataram.
Tambunan, TH Tulus. 2003. Perekonomian Indonesia. Ghalia Indonesia. Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal Aplikasi Akuntansi ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Aplikasi Akuntansi berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.