PELATIHAN UJIAN BERBASIS KOMPUTER PADA GURU SD YPPK SANTO PETRUS ARGAPURA
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v4i2.1066Kata Kunci:
Ujian, Berbasis-komputer, GuruAbstrak
Ujian berbasis komputer merupakan salah satu metode evaluasi yang semakin populer dalam dunia pendidikan. Ujian berbasis komputer memungkinkan proses evaluasi menjadi lebih efisien dan akurat. Guru dan siswa dapat dengan mudah mengakses soal-soal ujian, menjawabnya, dan mendapatkan hasil evaluasi secara langsung. Pelatihan ujian berbasis komputer merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru SD YPPK Santo Petrus Argapura dalam mengelola ujian berbasis komputer. Metode pelatihan yang digunakan meliputi penyampaian materi, praktik langsung, dan evaluasi hasil belajar. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman guru terhadap teknologi ujian berbasis komputer serta kemampuan dalam mengelola ujian tersebut. Diharapkan pelatihan ini dapat memberikan kontribusi positif dalam peningkatan kualitas pendidikan di SD YPPK Santo Petrus Argapura.
Referensi
Abubakar, M. P., Tanjung, Y. I., Azhar, Z., Pfis, M., & Prayogi, R. (2021). Implementasi Computer Based Test (CBT) Fisika: Modelling Assessment Konseptual Pembelajaran Berorientasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots). Media Sains Indonesia.
Dewi Puspita, P. (2018). PENGGUNAAN MEDIA PROYEKTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 9 PALU. In Scolae: Journal of Pedagogy (Vol. 1, Issue 1).
Fadilla, H., Ramadhan, A. H., Purnama, A., Bayani, N., Agil, S., & Nasution, I. (2023). SUBLIM: Jurnal Pendidikan Pengaruh Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran terhadap Kualitas Peserta didik. SUBLIM: Jurnal Pendidikan, 02, 84–90. https://ummaspul.e-journal.id/Sublim
Khoerunnisa, P., Syifa, &, & Aqwal, M. (2020). ANALISIS MODEL-MODEL PEMBELAJARAN. In Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 4, Issue 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia
Nazal, M. A., Butarbutar, W. A. F., Allo, C. B. G., Saputro, A. D., Seru, F., & Rahmadhan, R. V. (2023). Pelatihan Computer Based Test pada Tim Olimpiade Sains Nasional di SD YPPK Santo Petrus Argapura. Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 665–672. https://doi.org/10.54082/jippm.227
Rahmadiah, A., & Handican, R. (2023). Griya Journal of Mathematics Education and Application Bagaimana evaluasi yang efektif dalam pembelajaran matematika: tinjauan persepsi guru matematika. Journal of Mathematics Education and Application, 3, 357. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/indexGriya
Ramadhona Hassolthine, C., Sahara, R., Chriswantoro Putro Universitas Siber Asia Jl Harsono No, F. R., Minggu, P., & Selatan, J. (2023). Sosialisasi Computer Based Test (CBT) sebagai Evaluasi Pembelajaran di SMP Negeri 3 Banguntapan. In JMS: Jurnal Masyarakat Siber (Vol. 2, Issue 4). https://jurnal.unsia.ac.id/index.php/jms/index42
Rambe, F., Suharyani, S., & Azhar, Z. (2022). Rambe dkk. Jurnal Pengabdian Masyarakat Gemilang (JPMG), 02, 1–7.
Suhada, R., Idrus, I., & Kasrina, D. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Abdimas Sangkabira
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal Aplikasi Akuntansi ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Aplikasi Akuntansi berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.