PEMBELAJARAN KREATIF DAN KONSEP MENABUNG UNTUK MENGHASILKAN PRODUK YANG MEMILIKI NILAI JUAL DI PANTI ASUHAN SOLA GRATIA SIDOARJO

Penulis

  • Elisa Tjondro Petra Christian University
  • Sany Sany Petra Christian University
  • Saarce Elsye Hatane Petra Christian University

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v5i1.1386

Kata Kunci:

pengabdian masyarakat, menabung, literasi keuangan, pembelajaran kreatif

Abstrak

Tujuan literasi keuangan tentang konsep menabung diberikan kepada anak-anak dan remaja di panti asuhan Sola Gratia adalah untuk mengajarkan mereka pentingnya memahami cara menabung uang yang dihasilkan dari penjualan karya kreatif mereka. Sangat penting bagi anak-anak dan remaja untuk mengontrol perilaku konsumtif ini sejak usia dini, sehingga mereka belajar menabung untuk membeli barang-barang yang benar-benar diperlukan. Anak-anak dan remaja di panti asuhan perlu memiliki rasa percaya diri, tekad yang kuat, dan kemandirian bahwa mereka dapat berkontribusi pada komunitas setempat. Program pengabdian literasi keuangan dan pengajaran karya kreatif bagi anak-anak dan remaja ini merupakan yang pertama dilakukan di panti asuhan Sola Gratia. Program ini melibatkan kolaborasi antara tim dosen dan mahasiswa yang memberikan edukasi mengenai literasi keuangan dan keterampilan kerajinan tangan selama empat bulan. Melalui metode fun learning, anak-anak diperkenalkan pada konsep menabung, perhitungan dasar, serta praktik jual beli. Kegiatan ini tidak hanya bermanfaat untuk pemberdayaan anak-anak, tetapi juga memberikan pengalaman berharga bagi dosen dan mahasiswa dalam berinteraksi dengan masyarakat. Evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan ini sangat efektif dan direkomendasikan untuk dilakukan secara berkala dengan beberapa perbaikan untuk hasil yang lebih optimal.

Referensi

Almulla, M.A. 2023. Constructivism learning theory: A paradigm for students' critical thinking, creativity, and problem solving to affect academic performance in higher education. Cogent Education, 10 (1), 2172929.

Aydin, A.E. and Selcuk, E.A. 2018. An investigation of literasi keuangan, money ethics and time preference among college students. International Journal of Bank Marketing, 37 (3), 880-900.

Khurshid, M., Zahid, R.M.A. and Nisa, M.U. 2024. Factors affecting financial decisions of university students: evidence from Pakistan. Managerial Finance, 50 (2), 297-312.

Kumar, S. and Chaurasia, A. 2024. The relationship between emotional biases and investment decisions: a meta-analysis. IIMT Journal of Management, forthcoming.

Lone, U.M. and Bhat, S.A. 2022. Impact of literasi keuangan on financial well-being: a mediational role of financial self-efficacy. Journal of Financial Services Marketing, 29 (1), 122-137.

Rapina, R., Meythi, M., Rahmatika, D.N., and Mardiana, M. 2023. The impact of literasi keuangan and financial behavior in entrepreneurial motivation – evidence from Indonesia. Cogent Education, 10 (2), 2282827.

Rodrigues, C.G. and Gopalakrishna, B.V. 2024. Literasi keuangan–a regulator of intended investment behaviour: analysing the hypothetical portfolio composition. Managerial Finance, 50 (5), 837-853.

Sconti, A., Caserta, M., and Ferrante, L. 2024. Gen Z and financial education: Evidence from a randomized control trial in the South of Italy. Journal of Behaviour and Experimental Economics, 112, 102256.

Sajid, M., Mushtaq, R., Murtaza, G., Yahiaoui, D., and Pereira, V. 2024. Literasi keuangan, confidence and well-being: The mediating role of financial behavior. Journal of Business Research, 182, 114791.

Diterbitkan

2024-11-21

Cara Mengutip

Tjondro, E., Sany, S., & Hatane, S. E. (2024). PEMBELAJARAN KREATIF DAN KONSEP MENABUNG UNTUK MENGHASILKAN PRODUK YANG MEMILIKI NILAI JUAL DI PANTI ASUHAN SOLA GRATIA SIDOARJO. Jurnal Abdimas Sangkabira, 5(1), 175–184. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v5i1.1386