PEMBELAJARAN KREATIF DAN LITERASI KEUANGAN MENGENAI HARGA POKOK PRODUKSI DI PANTI ASUHAN SOLA GRATIA

Penulis

  • Elisa Tjondro Petra Christian University
  • Sany Sany Petra Christian University
  • Saarce Elsye Hatane Petra Christian University

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v5i2.1607

Kata Kunci:

Literasi Keuangan, Pembelajaran Kreatif, Harga Pokok Produksi, Pendampingan, Panti asuhan

Abstrak

Pendampingan anak-anak dan remaja panti asuhan melalui kegiatan pembelajaran kreatif dan literasi keuangan sangat penting dalam mendukung kemampuan mengelola keuangan pribadi maupun membangun usaha mikro. Permasalahan yang dihadapi panti asuhan Sola Gratia adalah penghuni panti belum memiliki jiwa kemandirian dan kewirausahaan. Keuangan panti asuhan masih didukung oleh swadaya pemerintah, masyarakat individu, yayasan gereja, dan  institusi lainnya. Kegiatan pengabdian ini mengembangkan cara pembelajaran ke tingkat yang lebih aplikatif dibanding semester sebelumnya. Dalam kegiatan ini anak-anak dan remaja di panti asuhan Sola Gratia diajarkan resep dan menghasilkan minuman yang bernilai jual, sekaligus memasarkannya di lingkungan sekitar panti asuhan. Tahapan kegiatan diawali ceramah pembekalan perhitungan harga pokok produksi, praktik produksi produk dan minuman, proses pemasaran produk, perhitungan keuntungan, dan evaluasi. Produk yang dihasilkan berupa minuman siap konsumsi, makanan berupa kue kering yang telah di-repacking, gelang dari manik-manik.  Tim pengabdian memberikan modal berupa bahan-bahan membuat minuman berbagai rasa, kue kering kiloan, dan manik-manik berbagai bentuk. Salah satu aspek penting dalam merintis usaha mikro adalah pemahaman tentang perhitungan  harga pokok produksi yang berperan besar dalam penentuan keberlanjutan bisnis.

Referensi

Batty, M., Collins, J. M., O'Rourke, C. and Odders-White, E. (2020). Experimental financial education: A field study of my classroom economy in elementary schools. Economics of Education Review, 78, 102014.

Bover, O., Hospido, L. and Villanueva, E. (2018). The impact of high school financial education on financial knowledge and choices: Evidence from a randomized trial in Spain. IZA Discussion Papers 11, 265.

Cannistrà, M., De Beckker, K., Agasisti, T., Amagir, A.,

Põder, K., Vartiak, L. and De Witte, K. (2024). The impact of an online game-based financial education course: Multi-country experimental evidence. Journal of Comparative Economics, 52(4), pp. 825–847.

Mahapatra, M.S. and Mishra, R. (2020). Behavioral influence and financial decision of individuals: A study on mental accounting process among Indian households. Cogent Economics and Finance, 8(1), 1827762.

Muñoz-Céspedes, E., Ibar-Alonso, R., Cuerdo-Mir, M. (2024). Individual entrepreneurial behavior and financial literacy. International Entrepreneurship and Management Journal, 20(3), pp. 2263–2285.

Reisdorfer-da-Silva, R.C., Becker, K.L. and Vieira, K.M. (2025). The impact of board games on the financial literacy of public-school students. Journal of Behavioral and Experimental Economics, 114, 102331.

Tjondro., E., Sany, S. and Hatane, S. E. (2024). Pembelajaran kreatif dan konsep menabung untuk menghasilkan produk yang memiliki nilai jual di panti asuhan Sola Gratia Sidoarjo. Jurnal Abdimas Sangkabira, 5(1), pp. 175-184.

Zhou, Y., Hussin, M. and Majid, M.Z.A. (2024). Re-conceptualizing financial literacy in China's higher education: An exploratory qualitative study. Journal of Pedagogical Research, 8(4), pp. 147–162.

Diterbitkan

2025-04-22

Cara Mengutip

Tjondro, E., Sany, S., & Hatane, S. E. (2025). PEMBELAJARAN KREATIF DAN LITERASI KEUANGAN MENGENAI HARGA POKOK PRODUKSI DI PANTI ASUHAN SOLA GRATIA. Jurnal Abdimas Sangkabira, 5(2), 253–260. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v5i2.1607