PEMBELAJARAN KREATIF DAN LITERASI KEUANGAN MENGENAI HARGA POKOK PRODUKSI DI PANTI ASUHAN SOLA GRATIA
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v5i2.1607Kata Kunci:
Literasi Keuangan, Pembelajaran Kreatif, Harga Pokok Produksi, Pendampingan, Panti asuhanAbstrak
Pendampingan anak-anak dan remaja panti asuhan melalui kegiatan pembelajaran kreatif dan literasi keuangan sangat penting dalam mendukung kemampuan mengelola keuangan pribadi maupun membangun usaha mikro. Permasalahan yang dihadapi panti asuhan Sola Gratia adalah penghuni panti belum memiliki jiwa kemandirian dan kewirausahaan. Keuangan panti asuhan masih didukung oleh swadaya pemerintah, masyarakat individu, yayasan gereja, dan institusi lainnya. Kegiatan pengabdian ini mengembangkan cara pembelajaran ke tingkat yang lebih aplikatif dibanding semester sebelumnya. Dalam kegiatan ini anak-anak dan remaja di panti asuhan Sola Gratia diajarkan resep dan menghasilkan minuman yang bernilai jual, sekaligus memasarkannya di lingkungan sekitar panti asuhan. Tahapan kegiatan diawali ceramah pembekalan perhitungan harga pokok produksi, praktik produksi produk dan minuman, proses pemasaran produk, perhitungan keuntungan, dan evaluasi. Produk yang dihasilkan berupa minuman siap konsumsi, makanan berupa kue kering yang telah di-repacking, gelang dari manik-manik. Tim pengabdian memberikan modal berupa bahan-bahan membuat minuman berbagai rasa, kue kering kiloan, dan manik-manik berbagai bentuk. Salah satu aspek penting dalam merintis usaha mikro adalah pemahaman tentang perhitungan harga pokok produksi yang berperan besar dalam penentuan keberlanjutan bisnis.
Referensi
Batty, M., Collins, J. M., O'Rourke, C. and Odders-White, E. (2020). Experimental financial education: A field study of my classroom economy in elementary schools. Economics of Education Review, 78, 102014.
Bover, O., Hospido, L. and Villanueva, E. (2018). The impact of high school financial education on financial knowledge and choices: Evidence from a randomized trial in Spain. IZA Discussion Papers 11, 265.
Cannistrà, M., De Beckker, K., Agasisti, T., Amagir, A.,
Põder, K., Vartiak, L. and De Witte, K. (2024). The impact of an online game-based financial education course: Multi-country experimental evidence. Journal of Comparative Economics, 52(4), pp. 825–847.
Mahapatra, M.S. and Mishra, R. (2020). Behavioral influence and financial decision of individuals: A study on mental accounting process among Indian households. Cogent Economics and Finance, 8(1), 1827762.
Muñoz-Céspedes, E., Ibar-Alonso, R., Cuerdo-Mir, M. (2024). Individual entrepreneurial behavior and financial literacy. International Entrepreneurship and Management Journal, 20(3), pp. 2263–2285.
Reisdorfer-da-Silva, R.C., Becker, K.L. and Vieira, K.M. (2025). The impact of board games on the financial literacy of public-school students. Journal of Behavioral and Experimental Economics, 114, 102331.
Tjondro., E., Sany, S. and Hatane, S. E. (2024). Pembelajaran kreatif dan konsep menabung untuk menghasilkan produk yang memiliki nilai jual di panti asuhan Sola Gratia Sidoarjo. Jurnal Abdimas Sangkabira, 5(1), pp. 175-184.
Zhou, Y., Hussin, M. and Majid, M.Z.A. (2024). Re-conceptualizing financial literacy in China's higher education: An exploratory qualitative study. Journal of Pedagogical Research, 8(4), pp. 147–162.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Abdimas Sangkabira

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal Aplikasi Akuntansi ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Aplikasi Akuntansi berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.