PENDAMPINGAN PENYUSUNAN PERENCANAAN BERBASIS DATA BAGI PAUD SEKOLAH PENGGERAK ANGKATAN 3 DI KABUPATEN BANTUL

Penulis

  • Evi Grediani Politeknik YKPN

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v5i2.1672

Kata Kunci:

Pendampingan, Perencanaan Berbasis Data, Rapor Pendidikan

Abstrak

Kegiatan Pendampingan Pelatihan Perencanaan Berbasis Data ini bertujuan untuk memberikan penguatan sekolah dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 12 Oktober 2024, diikuti 28 orang peserta dari 9 PAUD Sekolah Penggerak Angkatan 3 kelompok wilayah Bantul 1. Pelaksanaan kegiatan pendampingan ini difasilitasi oleh BBGP (Balai Besar Guru Penggerak) Provinsi DIY. Hasil yang ingin dicapai bagi peserta kegiatan adalah mampu memaknai sekolah yang berkualitas, mampu memanfaatkan data untuk mendukung sekolah mewujudkan sekolah yang berkualitas, mampu melakukan identifikasi dan refleksi melalui platform rapor pendidikan, mampu melakukan benahi melalui implementasi Kurikulum Merdeka, mampu menyusun RKT dan RKAS guna perbaikan kualitas layanan. Tahapan pendampingan pelatihan dimulai dari sesi mulai dari diri, peserta menjawab pertanyaan refleksi, dilanjutkan sesi eksplorasi konsep, sesi ruang kolaborasi, sesi elaborasi pemahaman, sesi menyelesaikan tugas rencana aksi nyata. Kegiatan pendampingan berjalan dengan baik dan lancar, pemahaman dan ketrampilan kepala sekolah dan guru meningkat, mampu menyelesaikan tugas berupa rencana aksi nyata kegiatan dan anggaran tahun mendatang.

Referensi

Anggriawan, F., & Muspawi, M. (2023). Analisis Rapor Pendidikan Dalam Perencanaan Berbasis Data Pada RKAS SMP N 4 Betara. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 6(2), 588–600.

Hamid, A., & Lukman, H. (2024). Pelatihan Pembuatan Rencana Kerja Sekolah Dasar Berbasis Rapor Pendidikan. PEDAMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(03), 629–636.

Hamzah, R. A. (2024). Kegiatan Lokakarya Perencanaan Berbasis Data Program Sekolah Penggerak Angkatan I Tahun Ketiga di Kabupaten Soppeng. Madani: Indonesian Journal of Civil Society, 6(1), 53–64.

Herfina, H., Setyaningsih, S., & Triningsih, T. (2023). Digital database training to support school management. Dedicated: Journal of Community Services (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 349–358.

Kemendikbudristek. (2022). Pelajari Materi Pelatihan Mandiri Perencanaan Berbasis Data (PBD) Melalui Platform Merdeka Mengajar. Rapor Pendidikan. https://pusatinformasi.raporpendidikan.dikdasmen.go.id/hc/id/articles/11797233221785-Pelajari-Materi-Pelatihan-Mandiri-Perencanaan-Berbasis-Data-PBD-Melalui-Platform-Merdeka-Mengajar

Lukman, H. S., Setiani, A., & Agustiani, N. (2024). PENDAMPINGAN PERENCANAAN BERBASIS DATA UNTUK MEWUJUDKAN PAUD BERKUALITAS. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(3), 2515–2525. (Setianto, Suwarsi, Tias, & Nurkolis, 2024)

Ningsi, G. P., Kurnila, V. S., & Jundu, R. (2022). Pendampingan Sekolah Melalui Pelatihan Perencanaan Berbasis Data Sebagai Langkah Awal Penyusunan Program Sekolah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(6), 4725–4735.

Nurcahyati, E., & Haryati, T. (2024). Peluang dan Tantangan Perencanaan Berbasis Data dengan Memanfaatkan Rapor Pendidikan. Jurnal Pendidikan: Kajian Dan Implementasi, 6(2).

Nurdiansari, N., & Utomo, A. P. (2023). Pemanfaatan Rapor Pendidikan untuk Penyusuanan Program Peningkatan Literasi di SDN 001 Teluk Alulu Kecamatan Maratua Kabupaten Berau pada Tahun 2023. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3, 97–104.

Setianto, A., Suwarsi, Tias, W. P., & Nurkolis. (2024). Peluang Dan Tantangan Perencanaan Berbasis Data Dengan . Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4035-4047.

Standar, B. (2023). Panduan penggunaan platform rapor pendidikan dan perencanaan berbasis data (PBD) untuk pendidikan anak usia dini (PAUD).

Diterbitkan

2025-05-13

Cara Mengutip

Grediani, E. (2025). PENDAMPINGAN PENYUSUNAN PERENCANAAN BERBASIS DATA BAGI PAUD SEKOLAH PENGGERAK ANGKATAN 3 DI KABUPATEN BANTUL. Jurnal Abdimas Sangkabira, 5(2), 281–289. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v5i2.1672