PENDAMPINGAN PEMASARAN INDUSTRI RUMAH TANGGA DI KELAYU

Penulis

  • Wahidatul Husnaini Universitas Mataram
  • Susi Retna Cahyaningtyas Universitas Mataram
  • Zuhrotul Isnaini Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v3i1.349

Kata Kunci:

Pemasaran, Label/stiker, Industri rumah tangga

Abstrak

Kemasan dan label merupakan hal yang penting dalam memasarkan produk industri rumah tangga. Kemasan dan label adalah salah satu cara memperkenalkan produk kepada konsumen dengan tujuan meningkatkan produksi dan penjualan guna meningkatkan penghasilan. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pendampingan pemasaran melalui kemasan dan label kepada Ibu-Ibu yang mempunyai industri rumah tangga di Kelayu. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini terdiri dari tiga tahap yaitu survey kemasan dan label produk (jajan) tradisional, pendampingan proses pengemasan dan pemasangan label/stiker sampai menjadi jajan yang siap dijual dan evaluasi kegiatan. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa setelah produk (jajan) dikemas dan diberikan label, produk dan penjualan mengalami peningkatan yang signifikan.

Referensi

Badan Pusat Statistik. (n.d.). Istilah. Badan Pusat Statistik. Retrieved September 28, 2022, from https://www.bps.go.id/istilah/index.html?Istilah_sort=deskripsi_ind.desc&Istilah_page=53

Ermawati, E. (2019). Pendampingan Peranan Dan Fungsi Kemasan Produk Dalam Dunia Pemasaran Desa Yosowilangun Lor. Empowerment Society, 2(2), 15–22. https://doi.org/10.30741/eps.v2i2.459

Lusianingrum, F. P. W., Purbohastuti, A. W., & Hidayah, A. A. (2021). Pelatihan labeling kemasan produk UMKM mitra binaan Posyantek Al-Ikhlas. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 624–632.

Nurwidiana, N., Fatmawati, W., & Masidah, E. (2019). Pendampingan Proses Produksi dan Kemasan Produk Industri Kecil Minuman Herbal. Community Empowerment, 4(2), 57–65. https://doi.org/10.31603/ce.v4i2.3067

Riki, A., Yusuf, B., Fatimatuzzahro, U., Putra, F. L., & Ardiyana, I. G. (2022). PENDAMPINGAN PEMBUATAN LABEL PADA PRODUK KEMASAN Fera Tri Aidhaningtyas , Nabilah Rahma Krisna , Deva Surya Murti , Setyo. Jurnal Penyuluhan Dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 01(02), 48–54.

Siregar, A. S., Pristiyono, & Prayoga, Y. (2021). Pendampingan Produksi Dan Strategi Pemasaran Industri Rumah Tangga Keripik Ubi Mana Lagi “Pak Jaim” Di Desa Gunung Selamat. JPKM?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 72(2), 155–160. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/view/23526/pdf_1

Diterbitkan

2022-12-14

Cara Mengutip

Husnaini, W., Cahyaningtyas, S. R., & Isnaini, Z. (2022). PENDAMPINGAN PEMASARAN INDUSTRI RUMAH TANGGA DI KELAYU. Jurnal Abdimas Sangkabira, 3(1), 147–151. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v3i1.349