PENDAMPINGAN PEMASARAN INDUSTRI RUMAH TANGGA DI KELAYU
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v3i1.349Kata Kunci:
Pemasaran, Label/stiker, Industri rumah tanggaAbstrak
Kemasan dan label merupakan hal yang penting dalam memasarkan produk industri rumah tangga. Kemasan dan label adalah salah satu cara memperkenalkan produk kepada konsumen dengan tujuan meningkatkan produksi dan penjualan guna meningkatkan penghasilan. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pendampingan pemasaran melalui kemasan dan label kepada Ibu-Ibu yang mempunyai industri rumah tangga di Kelayu. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini terdiri dari tiga tahap yaitu survey kemasan dan label produk (jajan) tradisional, pendampingan proses pengemasan dan pemasangan label/stiker sampai menjadi jajan yang siap dijual dan evaluasi kegiatan. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa setelah produk (jajan) dikemas dan diberikan label, produk dan penjualan mengalami peningkatan yang signifikan.
Referensi
Badan Pusat Statistik. (n.d.). Istilah. Badan Pusat Statistik. Retrieved September 28, 2022, from https://www.bps.go.id/istilah/index.html?Istilah_sort=deskripsi_ind.desc&Istilah_page=53
Ermawati, E. (2019). Pendampingan Peranan Dan Fungsi Kemasan Produk Dalam Dunia Pemasaran Desa Yosowilangun Lor. Empowerment Society, 2(2), 15–22. https://doi.org/10.30741/eps.v2i2.459
Lusianingrum, F. P. W., Purbohastuti, A. W., & Hidayah, A. A. (2021). Pelatihan labeling kemasan produk UMKM mitra binaan Posyantek Al-Ikhlas. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 624–632.
Nurwidiana, N., Fatmawati, W., & Masidah, E. (2019). Pendampingan Proses Produksi dan Kemasan Produk Industri Kecil Minuman Herbal. Community Empowerment, 4(2), 57–65. https://doi.org/10.31603/ce.v4i2.3067
Riki, A., Yusuf, B., Fatimatuzzahro, U., Putra, F. L., & Ardiyana, I. G. (2022). PENDAMPINGAN PEMBUATAN LABEL PADA PRODUK KEMASAN Fera Tri Aidhaningtyas , Nabilah Rahma Krisna , Deva Surya Murti , Setyo. Jurnal Penyuluhan Dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 01(02), 48–54.
Siregar, A. S., Pristiyono, & Prayoga, Y. (2021). Pendampingan Produksi Dan Strategi Pemasaran Industri Rumah Tangga Keripik Ubi Mana Lagi “Pak Jaim” Di Desa Gunung Selamat. JPKM?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 72(2), 155–160. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/view/23526/pdf_1
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Abdimas Sangkabira
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal Aplikasi Akuntansi ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Aplikasi Akuntansi berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.