PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL SEBAGAI SARANA MENGOPTIMALKAN PEMASARAN PRODUK UMKM DI DESA DARMAJI KECAMATAN KOPANG

Penulis

  • M. Fauzul Universitas Mataram
  • Gita Apriliali Rukma Universitas Mataram
  • Iis Aulya Universitas Mataram
  • Varadinda Andriyani Universitas Mataram
  • Deisya Alfina Universitas Mataram
  • Ahmad Muzanni Mahirsan Saesel Universitas Mataram
  • Maria Yolanda Anel Stefani Key Universitas Mataram
  • Dewa Made Aditya Permana Universitas Mataram
  • Annisa Safitri Universitas Mataram
  • Nurabiah Nurabiah Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v4i1.786

Kata Kunci:

digital marketing, smes, social media

Abstrak

Pemasaran digital sangat diperlukan bagi sebuah bisnis untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Kelompok UMKM di Desa Darmaji, Kecamatan Kopang, Lombok Tengah merupakan salah satu UMKM yang termasuk belum mengoptimalkan penggunaan media internet sebagai sarana promosi dan pemasaran produknya. Sementara tantangan terbesar yang dihadapi oleh UMKM adalah terkait dengan inovasi produk dan cara pemasaran yang efektif. Pelatihan ini dilakukan dengan memberikan sosialisasi pengoptimalan pemasaran produk UMKM dengan memanfaatkan media sosial di era digital dan pelatihan digital marketing dalam mengoptimalkan penggunaan media sosial, membuat linktree, membuat konten promosi dengan penguasaan teknik pengambilan gambar dan video. Diharapkan Kelompok UMKM di Desa Darmaji mendapatkan manfaat dari peningkatan kualitas pengetahuan dan penguasaan sumber daya manusia dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk mengoptimalkan pemasaran digital.

Referensi

Argiyan Dwi Pritama, Gustin, Setyaningsih, Tri Mardani. (2020). Pelatihan Produksi Video Untuk Konten Promosi Online Industri Kecil Menengan (IKM) Kabupaten Pekalongan. https:/ejournal.amikompurwokerto.ac.id, 63.

Augustinah, F. (2019). Produk-Produk Yang Ditawarkan. Jurnal Dialektika, 4(2), 1–20.

Fedianty Augustinah, Widiyati. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong Di Kabupaten Sampang. https://ejournal.uniramalang.ac.id, 1.

Habibi, N. S., Fitrianti, R. N., Efendi, J., Kasanova, R., Madura, U., & Madura, U. (2022). LARANGAN TOKOL JAWA TIMUR A . LATAR BELAKANG perekonomian rakyat , mengurangi kemiskinan , dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja , sehingga dapat dan perkembangan UMKM jumlahnya sangat banyak di Indonesia , karena secara resmi . 6(3), 2275–2288.

Hamzanwadi, H. (2018). Peran keluarga dalam melanjutkan pendidikan anak ke perguruan tinggi di Desa Darmaji Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah Tahun 2017 (Doctoral dissertation, UIN Mataram).

Harto, B., Juliawati, P., Dwijayanti, A., Widia Nurdiani, T., Totok Suyoto, Y., Ariawan, J., & Tannady, H. (2022). Peran Promosi, Eco Friendly Packaging Dan Harga dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pelanggan Produk Ritel Kopi Susu. Jurnal Kewarganegaraan, 6(3), 5223–5228.

Liedfray, T., Waani, F. J., & Lasut, J. J. (2022). Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Tombatu Timur Kabupaten Minasa Tenggara. Jurnal Ilmiah Society, 2(1), 2.

Padiku, I. R., Ahaliki, B., Setiawan, E., & ... (2023). Optimalisasi UMKM Di Desa Moodulio Melalui Digital Marketing. … , Sains Dan Teknologi, 2(1), 45–49. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/devotion/article/view/18708%0Ahttps://ejurnal.ung.ac.id/index.php/devotion/article/viewFile/18708/6084

Paskalina, A. J., Nirwana, A., & Nugroho, D. P. (2021). Perancangan Konten Visual Sebagai Media Promosi Pada Sosial Media Instagram Kafe Regina Di Kabupaten Tulungagung. Sainsbertek Jurnal Ilmiah Sains & Teknologi, 2(1), 159–175. https://doi.org/10.33479/sb.v2i1.138

Pendidikan, J., & Ekonomi, I. P. S. (2017). Peran Keluarga Dalam Melanjutkan Pendidikan Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah Tahun 2017 Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah. 1–117.

Pramesti, P., & Dwijayanti, A. (2021). Mengintegrasikan Sosial Media dan E-commerce dalam Pemasaran Dandang (Studi Deskriptif Kualitatif pada UMKM Dandang MJ). Ikraith-Abdimas, 4(2), 79–87. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/article/view/984

Puji Pramesti, A. D., Komalasari, R., & Munawar, Z. (2021). Transformasi Bisnis Digital UMKM Bola Ubi Kopong. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(2), 112–119.

Ririd, A. R. T. H., Vista, C. B., Sabilla, W. I., Dien, H. E., & Asmara, R. A. (2022). Workshop Optimalisasi Digital Marketing Untuk Pelaku Umkm Pada Lapak Berkah Pkk, Di Desa Toyomarto Singosari, Kabupaten Malang. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 149. https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i1.36115

Rusiyati, S., Basudani, W. A., Mulyadi, H., Abdullah, M., Rofingi, M., & Febrianto, F. (2022). Marketing 4.0 di Ekonomi Digital dengan Pemanfaatan Linktree Bagi Pelajar Panti Sosial Asuhan Anak Putra Setia Pada Yayasan Rukun Istri Sejahtera. Jurnal Abdimas Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 57–64. https://doi.org/10.31294/abdiekbis.v2i1.1268

Sagita, N. G., Kartikasari, M., Asyrofi, M. H., & Hayati, K. R. (2022). Optimalisasi Digital Marketing untuk Pengembangan UMKM Kelurahan Kebonsari Kecamatan Jambangan Kota Surabaya. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(4), 1325–1332. https://doi.org/10.54082/jamsi.430

Diterbitkan

2023-11-14

Cara Mengutip

Fauzul, M. ., Rukma, G. A. ., Aulya, I. ., Andriyani, V. ., Alfina, D. ., Saesel, A. M. M. ., Key, M. Y. A. S. ., Permana, D. M. A. ., Safitri, A. ., & Nurabiah, N. (2023). PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL SEBAGAI SARANA MENGOPTIMALKAN PEMASARAN PRODUK UMKM DI DESA DARMAJI KECAMATAN KOPANG. Jurnal Abdimas Sangkabira, 4(1), 119–127. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v4i1.786