PELATIHAN PEMBUATAN BOUQUET SNACK DAN SOSIALISASI STRATEGI PEMASARAN KEPADA KADER PKK KECAMATAN PESANGGRAHAN
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v4i1.840Kata Kunci:
pemasaran, PKK, UMKM, bouquetAbstrak
Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki peranan yang penting dalam kelangsungan perekonomian sebagai sarana dalam meningkatkan penjualan produk-produk lokal. PKK kecamatan memiliki fungsi menggerakkan kader untuk dapat membina potensi masyarakat, salah satunya dalam berwirausaha. Ragamnya produk-produk yang bermunculan dan menjadi salah satu peluang adalah bouquet snack yang dijadikan sebagai hadiah, terlebih pada saat menghadiri kelulusan. PKK Kecamatan Pesanggrahan merupakan organisasi sosial yang berpusat di RPTRA memiliki peranan sangat penting dalam pengembangan kreativitas kader dan masyarakat dalam pengembangan usaha. Meningkatnya permintaan pelanggan pada musim kelulusan sering membuat pemilik usaha kewalahan dalam produksi serta keterbatasan kreativitas dan pemasaran produk menjadi kendala yang dihadapi saat ini. Transformasi pemasaran menjadikan para pelaku usaha harus beradaptasi dengan teknologi terkini. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah memberikan pelatihan pembuatan bouquet snack, manajemen usaha, serta pemasaran produk di era digital menggunakan media sosial. Metode pada pengabdian ini adalah tatap muka serta praktek langsung yang didampingi oleh tim pengabdian sampai dengan pendampingan setelah program selesai. Hasil dari pelatihan yang diberikan untuk mengatasi kurangnya keterampilan pembuatan bouquet snack adalah, peserta sudah dapat membuat bouquet secara mandiri serta pada aspek teknologi dapat membuat akun Instagram dan shopee. Pada aspek manajemen memberikan pelatihan terkait manajemen keuangan secara sederhana.
Referensi
Adji Widodo, Ahmad Nurhadi, & Harsono, Y. (2022). Pelatihan Digital Marketing Bagi Ibu-Ibu PKK RT 02 RW 008 Kelurahan Serpong. Abdimas Awang Long, 5(2), 59–66. https://doi.org/10.56301/awal.v5i2.440
Arfan, I., & Sumiati, S. (2019). Sosialisasi Dan Pelatihan Kader PKK Dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Produk Olahan Pisang. Jurnal Buletin Al-Ribaath, 16(1), 26. https://doi.org/10.29406/br.v16i1.1563
Biduri, F. N., Harun, Y., Yuniar, E., Persada, U. D., Ekonomi, F., & Persada, D. (2022). PRODUK ( BERWIRAUSAHA ) DI. 2021.
Lidyana, N., & Anggun, D. (2022). Pemberdayaan Ibu-ibu PKK melalui Pelatihan Pembuatan Buket Snack sebagai Alternatif Peluang Usaha Untuk Meningkatkan Pendapatan Keluarga. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 4(4), 514–520. https://doi.org/10.36312/sasambo.v4i4.834
Nyoman, I., Julianto, L., Mudra, W., Suparthana, I. P., Brewijaya, G., Permadi, P., Putu, N., Andreani, E., & Studi, P. (2023). Strategi Pemasaran Kripik Pelepah Pisang Dèbong Melalui Instagram. Jurnal Abdimas PHB, 6(1), 87–95.
Sodiq, F., & Mahmudi, A. A. (2022). Penerapan Teknologi Informasi Untuk Pemberdayaan Tim Penggerak PKK Desa Waru Rembang. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 165–176. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i1.12041
Sri Haryanti, Bambang Mursito, S. et al. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Batik Pada Pt. Danar Hadi Surakarta. July, 1–23.
Wahono, D. P., Ahsanul, A., Surya, H. M., & Desi, A. (2022). Pelatihan Digital Markrting Sebagai Strategi Pemasaran Produk PKK di Desa Sawu Sumberejo. 2(1), 102–106.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Abdimas Sangkabira
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal Aplikasi Akuntansi ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Aplikasi Akuntansi berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.