PELATIHAN PEMBUATAN BOUQUET SNACK DAN SOSIALISASI STRATEGI PEMASARAN KEPADA KADER PKK KECAMATAN PESANGGRAHAN

Penulis

  • Devit Setiono Universitas Budi Luhur
  • Dewi Kusumaningsih Universitas Budi Luhur
  • Ahmad Pudoli Universitas Budi Luhur
  • Mohammad Syafrullah Universitas Budi Luhur
  • Elizabeth Elizabeth Universitas Budi Luhur

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v4i1.840

Kata Kunci:

pemasaran, PKK, UMKM, bouquet

Abstrak

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki peranan yang penting dalam kelangsungan perekonomian sebagai sarana dalam meningkatkan penjualan produk-produk lokal. PKK kecamatan memiliki fungsi menggerakkan kader untuk dapat membina potensi masyarakat, salah satunya dalam berwirausaha. Ragamnya produk-produk yang bermunculan dan menjadi salah satu peluang adalah bouquet snack yang dijadikan sebagai hadiah, terlebih pada saat menghadiri kelulusan. PKK Kecamatan Pesanggrahan merupakan organisasi sosial yang berpusat di RPTRA memiliki peranan sangat penting dalam pengembangan kreativitas kader dan masyarakat dalam pengembangan usaha. Meningkatnya permintaan pelanggan pada musim kelulusan sering membuat pemilik usaha kewalahan dalam produksi serta keterbatasan kreativitas dan pemasaran produk menjadi kendala yang dihadapi saat ini. Transformasi pemasaran menjadikan para pelaku usaha harus beradaptasi dengan teknologi terkini. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah memberikan pelatihan pembuatan bouquet snack, manajemen usaha, serta pemasaran produk di era digital menggunakan media sosial. Metode pada pengabdian ini adalah tatap muka serta praktek langsung yang didampingi oleh tim pengabdian sampai dengan pendampingan setelah program selesai. Hasil dari pelatihan yang diberikan untuk mengatasi kurangnya keterampilan pembuatan bouquet snack adalah, peserta sudah dapat membuat bouquet secara mandiri serta pada aspek teknologi dapat membuat akun Instagram dan shopee. Pada aspek manajemen memberikan pelatihan terkait manajemen keuangan secara sederhana.

Referensi

Adji Widodo, Ahmad Nurhadi, & Harsono, Y. (2022). Pelatihan Digital Marketing Bagi Ibu-Ibu PKK RT 02 RW 008 Kelurahan Serpong. Abdimas Awang Long, 5(2), 59–66. https://doi.org/10.56301/awal.v5i2.440

Arfan, I., & Sumiati, S. (2019). Sosialisasi Dan Pelatihan Kader PKK Dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Produk Olahan Pisang. Jurnal Buletin Al-Ribaath, 16(1), 26. https://doi.org/10.29406/br.v16i1.1563

Biduri, F. N., Harun, Y., Yuniar, E., Persada, U. D., Ekonomi, F., & Persada, D. (2022). PRODUK ( BERWIRAUSAHA ) DI. 2021.

Lidyana, N., & Anggun, D. (2022). Pemberdayaan Ibu-ibu PKK melalui Pelatihan Pembuatan Buket Snack sebagai Alternatif Peluang Usaha Untuk Meningkatkan Pendapatan Keluarga. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 4(4), 514–520. https://doi.org/10.36312/sasambo.v4i4.834

Nyoman, I., Julianto, L., Mudra, W., Suparthana, I. P., Brewijaya, G., Permadi, P., Putu, N., Andreani, E., & Studi, P. (2023). Strategi Pemasaran Kripik Pelepah Pisang Dèbong Melalui Instagram. Jurnal Abdimas PHB, 6(1), 87–95.

Sodiq, F., & Mahmudi, A. A. (2022). Penerapan Teknologi Informasi Untuk Pemberdayaan Tim Penggerak PKK Desa Waru Rembang. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 165–176. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i1.12041

Sri Haryanti, Bambang Mursito, S. et al. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Batik Pada Pt. Danar Hadi Surakarta. July, 1–23.

Wahono, D. P., Ahsanul, A., Surya, H. M., & Desi, A. (2022). Pelatihan Digital Markrting Sebagai Strategi Pemasaran Produk PKK di Desa Sawu Sumberejo. 2(1), 102–106.

Diterbitkan

2023-11-14

Cara Mengutip

Setiono, D., Kusumaningsih, D., Pudoli, A., Syafrullah, M., & Elizabeth, E. (2023). PELATIHAN PEMBUATAN BOUQUET SNACK DAN SOSIALISASI STRATEGI PEMASARAN KEPADA KADER PKK KECAMATAN PESANGGRAHAN. Jurnal Abdimas Sangkabira, 4(1), 113–118. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v4i1.840

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama