MENANGKIS STIGMA NEGATIF DISABILITAS DENGAN PROGRAM DIGDAYA

Penulis

  • Maria Asumpta Evi Marlina Universitas Ciputra
  • Eko Budi Santoso Universitas Ciputra
  • Margareth Sunjoto Universitas Ciputra
  • Aurellia Agatha Sylvia Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Agus Sugiharto Samada

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v4i2.937

Kata Kunci:

disabilitas, kewirausahaan, pengembangan usaha

Abstrak

Keberadaan penyandang disabilitas masih mendapatkan stigma negatif. Mereka dianggap tidak mampu mandiri untuk hidup layak dan sejahtera. Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Program Studi Akuntansi Universitas Ciputra Surabaya dan Program Studi Pendidikan Khusus Universitas PGRI Adi Buana Surabaya berupaya untuk membantu penyandang disabilitas dalam menangkis stigma negatif tersebut. Tim pelaksana bekerja sama dengan LPPM Universitas Ciputra dan kelompok Sahabat Masyarakat Berdaya untuk menyiapkan starter kit, modal kerja dan serangkaian pelatihan kewirausahaan bagi penyandang disabilitas yang tergabung dalam Persatuan Sepakbola Amputasi (PERSAS) dan Disabilitas Motor Club (DMC). Selanjutnya, melalui serangkaian pelatihan, anggota PERSAS dan DMC mendeklarasikan program Disabilitas Giat Berdaya (DIGDAYA) Batch 1. Deklarasi tersebut dimaksudkan untuk menggugah semangat peserta agar menjadi lebih mendiri dan mampu menjadi sejahtera hingga terlepas dari stigma negatif disabilitas.

Referensi

Bachfischer, A., Barbosa, M. C., Rojas, A. A. R., Bechler, R., Schwienhorst-Stich, E. M., Kasang, C., Simmenroth, A., & Parisi, S. (2023). Implementing community based inclusive development for people with disability in Latin America: a mixed methods perspective on prioritized needs and lessons learned. International Journal for Equity in Health, 22(1), 1–12. https://doi.org/10.1186/s12939-023-01966-8

Dewi Pangestuti, R., & Pribadi, F. (2022). Konstruksi Sosial Pendidikan Umum Bagi Penyandang Disabilitas. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 6(1), 37–48. https://doi.org/10.38043/jids.v6i1.3253

Dinata, C. (2023). Kesempatan kewirausahaan bagi penyandang disabilitas di Kota Malang. JAMAS: Jurnal Abdi Masyarakat, 1(1), 1–13.

Erissa, D., & Widinarsih, D. (2022). Akses Penyandang Disabilitas Terhadap Pekerjaan: Kajian Literatur. Jurnal Pembangunan Manusia, 3(1). https://doi.org/10.7454/jpm.v3i1.1027

Gunawan, T., & Rezki, J. F. (2022). Pemetaan Pekerja dengan Disabilitas di Indonesia Saran dan Rekomendasi Kebijakan. In International Labour Organization. International Labour Organization. https://www.ilo.org/wcmsp5/groups/public/---asia/---ro-bangkok/---ilo-jakarta/documents/publication/wcms_836030.pdf

Harisantoso, I. T. (2023). Nilai Diri Disabilitas terhadap Dirinya Sendiri dalam Model Disabilitas. Jurnal Teologi Berita Hidup, 5(2), 31–41.

Lutfiani, N., Rahardja, U., & Manik, I. S. P. (2020). Peran Inkubator Bisnis dalam Membangun Startup pada Perguruan Tinggi. Jurnal Penelitan Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 77–89. https://doi.org/10.33633/jpeb.v5i1.2727

Mahasneh, R., Randle, M., Gordon, R., Algie, J., & Dolnicar, S. (2023). Increasing employer willingness to hire people with disability: the perspective of disability employment service providers. Journal of Social Marketing, 13(3), 361–379. https://doi.org/10.1108/JSOCM-08-2022-0174

Maulyansyah, R., Choirul Muna, & Arifin, Z. (2022). Sinergi untuk Negeri melalui Pemberdayaan Masyarakat Inklusi oleh CSR PT Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Rewulu. Prospect: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 1(3), 106–121. https://doi.org/10.55381/jpm.v1i3.39

Mellifont, D., Smith-Merry, J., & Bulkeley, K. (2023). The employment of people with lived experience of disability in Australian disability services. Social Policy and Administration, 57(5), 642–655. https://doi.org/10.1111/spol.12898

Mulyono, S. E., Widhanarto, G. P., Sutarto, J., Malik, A., & Shofwan, I. (2023). Empowerment strategy for people with disabilities through nonformal batik education program. Cakrawala Pendidikan, 42(3), 683–694. https://doi.org/10.21831/cp.v42i3.59191

Rifai, A. A., & Humaedi, S. (2020). Inklusi Penyandang Disabilitas dalam Situasi Pandemi Covid-19 Covid-19 dalam Perspektif Sustainable Development Goals (SDGs). Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 449. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i2.28872

Roth, D., Pure, T., Rabinowitz, S., & Kaufman-Scarborough, C. (2018). Disability awareness, training, and empowerment: A new paradigm for raising disability awareness on a university campus for faculty, staff, and students. Social Inclusion, 6(4), 116–124. https://doi.org/10.17645/si.v6i4.1636

Siregar, N. A. M., & Purbantara, A. (2020). Melawan Stigma Diskriminatif: Strategi Pemberdayaan Penyandang Disabilitas di Desa Panggungharjo. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran Dan Dakwah Pembangunan, 4(1), 27–50. https://doi.org/10.14421/jpm.2020.041-02

Tjahjanti, P. H., Arrahman, R. A., & Putra, A. C. (2021). Upaya Pemberdayaan Wirausaha Disabilitas Fisik. Jurnal Abdimas ADPI Sains Dan Teknologi, 2(4), 44–48. https://doi.org/10.47841/saintek.v2i4.169

Diterbitkan

2024-05-01

Cara Mengutip

Marlina, M. A. E., Santoso, E. B., Sunjoto, M., Sylvia, A. A., & Sugiharto, A. (2024). MENANGKIS STIGMA NEGATIF DISABILITAS DENGAN PROGRAM DIGDAYA. Jurnal Abdimas Sangkabira, 4(2), 224–231. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v4i2.937