Penyuluhan dan Sosialisasi Digitalisasi Marketing dan Literasi Keuangan Pada Masyarakat Desa Batulayar Kecamatan Batulayar Kabupaten Lombok Barat
Keywords:
Desa, Digitalisasi, Marketing, Literasi, KeuanganAbstract
Program penyuluhan dan sosialisasi yang dilakukan oleh mahasiswa Program MBKM Membangun Desa di Desa Batulayar yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan masyarakat, terutama pelaku UMKM dan anggota kelompok PKK, dalam memanfaatkan teknologi digital dan mengelola keuangan secara bijaksana. Metode kegiatan ini mencakup tahap persiapan kegiatan, penyampaian materi, penyuluhan langsung, diskusi interaktif, dan layanan desain produk. Penyuluhan dan sosialisasi ini menghasilkan respon positif dari masyarakat Desa Batulayar serta peningkatan kemampuan dalam memanfaatkan teknologi dan literasi keuangan. Diharapkan program ini dapat memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan ekonomi lokal dan kesejahteraan masyarakat Desa Batulayar.
References
Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Margono, S. (2000). Memantapkan Posisi dan Meningkatkan Peran Penyuluhan Pembangunan dalam Pembangunan. Bogor: Pustaka Wira Usaha Muda.