Literasi Keuangan Untuk Anak-anak Usia 6-15 Tahun

Kenali dan Bijak dengan Uangmu

Authors

  • Vici Handalusia Husni Universitas Mataram
  • Emi Salmah Universitas Mataram
  • Satarudin Universitas Mataram
  • Nadia Nuril Ferdaus Universitas Mataram
  • Arifal Khairunnas Universitas Mataram
  • Salshabila Rizkika Arindi Universitas Mataram
  • Baiq Putri Eliza Salsabilla Universitas Mataram

Keywords:

literasi, Anak-anak, Pengelolaan, Investasi, Keuangan

Abstract

Rendahnya pemahaman keuangan di kalangan anak-anak yang dapat berdampak negatif pada pengelolaan keuangan mereka di masa depan. Hal ini menyebabkan pentingnya dilaksanakan program literasi keuangan untuk usia dini agar membentuk perilaku finansial yang sehat. Kegiatan Pelatihan literasi keuangan untuk anak-anak ini bertujuan untuk membekali mereka dengan pengetahuan dasar mengenai pengelolaan keuangan. Kegiatan ini diadakan oleh komunitas Rumah Peradaban Pagutan pada tanggal 22 Juni 2023 di Musholla Al Hidayah Perumahan Aura Mutiara Pagutan, dengan pendekatan interaktif yang melibatkan permainan edukatif. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini meliputi pengelolaan uang saku, investasi dasar, dan etika keuangan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman anak-anak tentang perbedaan antara kebutuhan dan keinginan, konsep menabung, dan pentingnya perencanaan keuangan. Selain itu, pelatihan ini juga berhasil mengubah kebiasaan anak-anak dalam mengelola uang saku mereka menjadi lebih bijak. Kesimpulannya, program ini efektif dalam meningkatkan literasi keuangan dan diharapkan dapat memberikan dampak positif jangka panjang terhadap kebiasaan finansial anak-anak.

References

Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2014). The Economic Importance of Financial Literacy: Theory and Evidence. Journal of Economic Literature, 52(1), 5-44.

Lusardi, A., Michaud, P. C., & Mitchell, O. S. (2017). Optimal Financial Knowledge and Wealth Inequality. Journal of Political Economy, 125(2), 431-477

Mandell, L., & Klein, L. S. (2009). The Impact of Financial Literacy Education on Subsequent Financial Behavior. Journal of Financial Counseling and Planning, 20(1), 15-24.

OECD. (2017). PISA 2015 Results (Volume IV): Students’ Financial Literacy. OECD Publishing, Paris.

Sherraden, M. S., Johnson, L., Guo, B., & Elliott, W. (2011). Financial Capability in Children: Effects of Participation in a School-based Financial Education and Savings Program. Journal of Family and Economic Issues, 32(3), 385-399.

Published

2024-06-20

How to Cite

Handalusia Husni, V., Emi Salmah, Satarudin, Nadia Nuril Ferdaus, Arifal Khairunnas, Salshabila Rizkika Arindi, & Baiq Putri Eliza Salsabilla. (2024). Literasi Keuangan Untuk Anak-anak Usia 6-15 Tahun: Kenali dan Bijak dengan Uangmu. Jurnal Abdi Anjani, 2(1), 129–133. Retrieved from https://jurnal.fe.unram.ac.id/index.php/anjani/article/view/1152