Optimalisasi Perencanaan Keuangan melalui Pasar Modal pada Mahasiswa Politeknik Pariwisata Lombok
DOI:
https://doi.org/10.29303/anjani.v3i2.2578Abstract
Tingkat literasi keuangan di kalangan mahasiswa masih tergolong rendah, terutama dalam hal perencanaan keuangan jangka panjang dan pemanfaatan instrumen investasi yang legal serta produktif. Mahasiswa Politeknik Pariwisata Lombok sebagai calon pelaku industri pariwisata perlu dibekali kemampuan mengelola keuangan pribadi secara bijak agar mampu menghadapi dinamika ekonomi di masa depan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam menyusun perencanaan keuangan melalui pemanfaatan pasar modal. Kegiatan dilaksanakan pada 07 Mei 2025 oleh tim dosen Politeknik Pariwisata Lombok bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) dan NH Korindo Sekuritas Indonesia. Metode pelaksanaan meliputi ceramah interaktif, pelatihan simulasi investasi, diskusi kelompok, dan pendampingan penyusunan rencana keuangan pribadi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman mahasiswa terhadap konsep investasi, perubahan perilaku keuangan, serta munculnya motivasi untuk berinvestasi secara bertanggung jawab. Selain itu, kegiatan ini mendorong terbentuknya Galeri Investasi Syariah Bursa Efek Indonesia sebagai wadah edukasi berkelanjutan di kampus. Secara keseluruhan, kegiatan ini menegaskan pentingnya kolaborasi antara perguruan tinggi dan industri keuangan dalam membangun budaya literasi finansial di kalangan generasi muda
References
Anwar, A., Rahayu, N., Pradnyani, I. G. A. A., & Genadi, Y. D. (2024). Edukasi Literasi Keuangan Pasar Modal Bagi Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Sayang Ibu Kota Mataram. Jurnal Abdimas Sangkabira, 4(2), 241–248. https://doi.org/10.29303/abdimass angkabira.v4i2.1038
Charolina, O., Rahayu, N., Kurniawan, S., & Rianinditas, N. (2023). Masyarakat cerdas mengelola keuangan melalui edukasi dan literasi investasi di pasar modal Indonesia pada Desa Sidodadi. Jurnal Pemberdayaan Sosial & Teknologi Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.54314/jpstm.v3i 1.1308
Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2014). The economic importance of financial literacy: Theory and evidence. Journal of Economic Literature, 52(1), 5–44. https://doi.org/10.1257/jel.52.1.5
Mahmud, M., & Hanafi, M. M. (2018). Persepsi risiko dan minat investasi mahasiswa terhadap pasar modal. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan, 9(2), 87–96. https://doi.org/10.32528/jimat.v9i2 .2018
Otoritas Jasa Keuangan. (2022). Survei nasionalliterasi dan inklusi keuangan 2022. OJK. https://www.ojk.go.id/id/kanal/edu kasi-dan-perlindungan konsumen/Pages/Survei-Nasional- Literasi-dan-Inklusi-Keuangan- 2022.aspx
Ravenska, N., & Nidar, S. R. (2024). Enhancing Student Financial Literacy through Collaborative Value Creation in West Java. Innovation Business Management and Accounting Journal, 3(2), 272–280. https://doi.org/10.56070/ibmaj.202 4.029
Wulandari, D., Prasetyo, A., & Ningsih, R. (2023). Pengaruh penggunaan media sosial, gaya hidup, dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa di Kota Surakarta. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (Rimba), 3(2), 45–56. https://journal.arimbi.or.id/index.php/Rimba/article/view/1155
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Abdi Anjani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








