Pembinaan Motivasi dan Pelatihan Digital Marketing Bagi Siswa SMK Muhammdiyah 1 Kota Batam

Authors

  • M Khoiri Universitas Putera Batam
  • Triana Ananda Rustam Universitas Putera Batam
  • Muhammad Haldy Universitas Putera Batam

Keywords:

Pembinaan Motivasi, Pelatihan Digital Marketing.

Abstract

Pembinaan motivasi dan pelatihan digital marketing sangat perlu dilakukan terhadap siswa dan siswi sekolah menengah atas. Tujuan utama kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan kompetensi siswa-siswa SMK Muhammadiyah 1 Kota Batam dalam bidang digital marketing. Kegiatan pengabdian yang dilakukan ini menggunakan beberapa Teknik pendekatan. Pada tahap awal tim yang terdiri dari 3 orang dosen melakukan pra survey, kemudian setelah memperoleh hasil yang telah didapatkan selanjutnya dilakukan sosialisasi tentang perencanaan kegiatan yang akan dilakukan oleh tim kepada pihak sekolah dalam hal ini SMK Muhammadiyah 1 Kota Batam. Tahapan berikutnya adalah melaksanakan kegiatan pembinaan motivasi dan pelatihan digital marketing bagi siswa dan siswi SMK Muhammadiyah 1 Kota Batam dan Pendekatan terakhir adalah dengan melakukan evaluasi terhadap siswa dan siswi dengan memberikan sejumlah pertanyaan terkait dengan motivasi dan ketertarikan mereka menjadi seorang pengusaha dan bagaimana mengimplementasikan digital marketing dengan baik. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah adanya umpan balik yang positif dari para siswa dan siswi selama mengikuti kegiatan pembinaan dan pelatihan. Berdasarkan hasil post-test para siswa menyatakan sangat berniat dan berminat untuk menjadi seorang pengusaha dimasa yang akan datang, mereka sengat antusias dan termotivasi serta tertarik dengan digital marketing karena sangat menjanjikan untuk memperoleh keuntungan. Kegiatan pembinaan dan pelatihan terhadap siswa dan siswi di SMK Muhammadiyah 1 Kota Batam memberikan dampak positif bagi siswa dan siswi dalam menumbuh kembangkan minat siswa untuk menjadi seorang pengusaha serta mampu memaksimalkan platform digital sebagai media promosi atau digital marketing.

Published

2023-12-02

How to Cite

Khoiri, M., Triana Ananda, & Muhammad. (2023). Pembinaan Motivasi dan Pelatihan Digital Marketing Bagi Siswa SMK Muhammdiyah 1 Kota Batam. Jurnal Abdi Anjani, 1(2), 47–52. Retrieved from https://jurnal.fe.unram.ac.id/index.php/anjani/article/view/915