PELATIHAN PENGEMASAN PRODUK PADA USAHA MIKRO SAMBEL PECEL BU KARJO KOTA MADIUN

Authors

  • Ajeng Widi Pramnesti Universitas PGRI Madiun
  • Anggita Langgeng Wijaya Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.29303/independen.v3i1.115

Keywords:

Pelatihan, Pengemasan Produk, Sambel Pecel, Kota Madiun

Abstract

Produk sambel pecel merupakan produk salah satu produk unggulan di Kota Madiun Jawa Timur. Industri pembuatan sambel pecel di Kota Madiun berkembang dengan baik dan luas yang umumnya berbasis pada industri rumah tangga. Sebagai upaya mempertahankan dan mengembangkan industri sambel pecel di Kota Madiun, UMKM perlu melakukan berbagai upaya inovasi. Salah satunya melalui inovasi dalam hal pengemasan produk. Kegitan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pengemasan produk pada usaha mikro Sambel Pecel Bu Karjo Kota Madiun. Metode pelaksanaan kegiatan ini dimulai dengan identifikasi masalah mitra, kordinasi pelaksanaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi atas pelaksanaan kegiatan. Kegiatan pelatihan pengemasan produk dilaksanakan dengan metode presentasi dan diskusi serta praktik langsung pengemasan produk sambel pecel pada mitra. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan ketrampilan dari usaha mikro sambel pecel Bu Karjo Kota Madiun yang terlihat dari nilai pres-test dan post-test terkait dengan pengemasan produk. Peningkatan ketrampilan dan pengetahun tentang pengemasan produk bagi mitra diharapkan mampu meningkatkan daya tarik dan daya saing dari produk sambel pecel yang diproduksi oleh Usaha Mikro Sambel Pecel Bu Karjo Kota Madiun.

References

Fadilla, R. I., Aryati, I., & Damayanti, R. (2019). Analisis Produk, Brand Image, Dan Packaging Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Toko Roti Wonder Bakery di Surakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(01). https://doi.org/10.29040/jie.v3i01.411

Lidyasuwanti, A. (2017). Pengaruh Kemasan, Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Pancake Durian Sharie Radjanya Di Kota Mataram. Jmm Unram - Master Of Management Journal, 6(2). https://doi.org/10.29303/jmm.v6i2.105

Qonita, R. A., Khomah, I., Riptanti, E. W., & Setyowati, N. (2021). Perbaikan kemasan Sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing Produk Ukm Murni Snack. Kawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 320–327.

Sriningsih, S., Sutanto, H., & Sujadi, S. (2021). Pelatihan Peningkatan Jumlah Produksi Dan Peningkatan Nilai Tambah Produk Pada Usaha Jajanan Kering. Jurnal Abdimas Independen, 2(1), 86–96. https://doi.org/10.29303/independen.v2i1.45

Sulistiono, S., & Mulyana, M. (2021). Pelatihan Pengembangan Merek Dan Kemasan Bagi UMKM Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 1(2), 87–96. https://doi.org/10.37641/jadkes.v1i2.512

Swasty, W., Rahman, Y., & Fadilla, A. N. (2019). Pelatihan Kemasan Produk Kuliner Yang Persuasif Bagi Koperasi Dan Ukm Kabupaten Bandung. Charity, 2(1). https://doi.org/10.25124/charity.v2i1.2067

Wijaya, A. L., Fauziah, M. N., & Pangastuti, P. K. (2021). Pelatihan Pengemasan Produk dan Pengelolaan Akun Marketplace pada Usaha Mikro ” Namida ” Masker Magetan. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 150–154.

Wiliani, N., Feta, N. R., & ... (2021). Pengenalan Pengenalan Desain Produk dan Packaging pada UMKM Karang Taruna Bogor. Jurnal AbdiMas Nusa Mandiri, 3(1), 3–8. http://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/abdimas.

Downloads

Published

2022-05-30

How to Cite

Pramnesti, A. W. ., & Wijaya, A. L. (2022). PELATIHAN PENGEMASAN PRODUK PADA USAHA MIKRO SAMBEL PECEL BU KARJO KOTA MADIUN. Jurnal Abdimas Independen, 3(1), 31–44. https://doi.org/10.29303/independen.v3i1.115