PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB PADA USAHA “BALE FOOD” DALAM MENGHADAPI ERA DIGITAL 4.0

Penulis

  • Isnawati Isna Universitas Mataram
  • lukman Effendy Universitas Mataram
  • zuhrotul Isnaini Universitas Mataram
  • Yusli Mariadi Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/independen.v1i1.10

Kata Kunci:

Kunci : Sistem Informasi ; Era Digital 4.0; Web.

Abstrak

“Bale Food” adalah salah satu usaha rumah tangga yang mencoba peruntungan di bidang kuliner berupa Kentang Kriuk ala nasi puyung. Usaha ini belum lama berjalan, namun sudah mendapatkan respon yang cukup baik dari konsumen, namun pengenalan produk oleh pemilik usaha “Bale Food” menggunakan fasilitas system informasi yang ada sekarang ini (seperti Facebook, Instagram) belum maksimal digunakan, terlebih lagi penggunaan web, sehingga informasi mengenai produk ini tentu belum sampai ke konsumen yang lebih luas.. Maka kegiatan pengabdian ini menjadi urgent dilakukan sebagai solusi untuk permasalahan tersebut. Adapun jenis kegiatan pengabdian ini adalah membantu usaha “Bale Food” untuk memasarkan produknya ke pasar yang lebih terbuka dan lebih luas melalui “Web”. Oleh karena itu tim pengabdian nantinya akan membuatkan usaha “Bale Food” web. Metode Pelaksanaa pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan metode pembuatan web untuk usaha “Bale Food”, dan nantinya pemilik usaha akan dilatih untuk menggunakan web itu. Kegiatan pengabdian sudah dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang sudah dirumuskan yaitu membuatkan web untuk usaha “Bale Food“. Adapun alamat / link web yang sudah berhasil dibuatkan untuk usaha “Bale Food” adalah https://balefood.blogspot.com.

Referensi

Badan Pusat Statistik Tahun 2017
Baswori dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta. Rineka Cipta.

Bogdan, Robert dan Steven taylor. 1992. Pengantar Metode Kualitatif. Surabaya.
Usaha Nasional.


Davies, R. (2015). Industry 4.0 Digitalisation for productivity and growth. http://www.europarl.europa.eu/RegData/etudes/BRIE/2015/568337/EPRS
_BRI(2015)568337_EN.pdf, Diunduh pada 11 Maret 2017.


Drath, R., & Horch, A. (2014). Industrie 4.0: Hit or hype?[industry forum]. IEEE industrial electronics magazine, 8(2), pp. 56-58.

Heng, S. (2014). Industry 4.0: Upgrading of Germany's Industrial Capabilities on the Horizon. https://ssrn.com/abstract=2656608, Diakses pada 17 Juni 2017.

Kagermann, H., Lukas, W.D., & Wahlster, W. (2013). Final report: Recommendations for implementing the strategic initiative INDUSTRIE 4.0. Industrie 4.0 Working Group.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)



Qin, J., Liu, Y., & Grosvenor, R. (2016). A Categorical Framework of Manufacturing for Industry 4.0 and Beyond. Procedia CIRP, Vol. 52, pp. 173- 178.

Sasongko, Nanang. 2002. Profesi Akuntan: Masa Kini dan Tantangan Masa Depan. Jurnal Ilmiah Akuntansi. Mei Vol.1 No.2. Fakultas Ekonomi. Universitas Jenderal Ahmad Yani.

Yahya, Muhammad. 2018. Era Industri 4.0: Tantangan dan peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia. Pidato Sidang Terbuka Luar Biasa Senat Universitas Negeri Makasar tanggal 14 Maret 2018.

Diterbitkan

2020-05-25

Cara Mengutip

Isna, I., Effendy, lukman, Isnaini, zuhrotul, & Mariadi, Y. (2020). PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB PADA USAHA “BALE FOOD” DALAM MENGHADAPI ERA DIGITAL 4.0. https://jurnal.fe.unram.ac.id/index.php/abdimas/about/Privacy, 1(1), 10–22. https://doi.org/10.29303/independen.v1i1.10