PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN LITERASI KEUANGAN DAN E-COMMERCE BERBASIS DIGITAL BAGI KELOMPOK USAHA PENGOLAHAN STRAWBERRY DI DESA SEMBALUM BUMBUNG KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Penulis

  • endar endar pituringsih universitas mataram
  • Herlina Pusparini Universitas Mataram
  • Lilik Handajani Universitas Mataram
  • Ayudia Sokarina Universitas Mataram
  • Zuhrotul Isnaini Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/independen.v5i1.1084

Kata Kunci:

Pelatihan, Pendampingan, Literasi Keuangan, E-Commerce, Pemasaran Digital

Abstrak

Sasaran e-commerce adalah menciptakan lingkungan komersial yang baru dalam segala bentuknya di era informasi. Dimana beberapa tahap yang umumnya terdapat diantara penjual dan pembeli dalam transaksi komersial dapat diintegrasikan sekaligus dan otomatis secara elektronik yang dapat meminimalkan biaya transaksi. Pelaku usaha yang membutuhkan TI untuk bertransaksi secara online bukan saja kelompok usaha besar, namun juga pelaku usaha menengah, kecil, bahkan mikro. Tujuan dilakukannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi guna meningkatkan omzet penjualan dengan menyasar konsumen lebih luas dan meningkatkan penjualan sebagai bentuk dalam metode analisis ketercapaian tujuan serta pendampingan tentang pemahaman pengelolaan keuangan berbasis digital sesuai dengan standar. Kegiatan pelatihan dan pendampingan ini akan ditujukan pada kelompok usaha strawberry “Putri Rinjani” Kabupaten Lombok Timur. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan pendekatan pemberian materi dan pendampingan pelatihan penggunaan aplikasi e-commerce dan peningkatan pemahaman pengelolaan keuangan berbasis digital. Kegiatan pengabdian dapat dilaksanakan dengan lancar, dimana peserta dengan aktif bertanya dalam diskusi dan kiat-kiat dalam strategi memasarkan secara digital.

Referensi

Christoper, Samuel, WH., Ika, Kristianti. 2020. Hubungan E-Commerce dan Literasi Keuangan Terhadap Kelangsungan Usaha Di Boyolali. Jurnal Akuntansi, 10 (1): 1-12.

Eva, A. (2017). Persepsi Pengunaan Aplikasi Internet untuk Pemasaran Produk Usaha Kecil Menengah. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).

Anggita, W., Julia, Suhaidar, & Rudianto, N. A. R. (2020). Peningkatan Pemahaman Literasi Keuangan di Era Pandemi Corona Sebagai Upaya Penguatan Ketahanan Ekonomi Keluarga. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBB, 7(2), 7–11.

Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2014). The economic importance of financial literacy: Theory and evidence. Journal of Economic Literature, 52(1), 5–44. https://doi.org/10.1257/jel.52.1.5

Diterbitkan

2024-05-21

Cara Mengutip

endar pituringsih, endar, Pusparini , H., Handajani, L. ., Sokarina, A. ., & Isnaini, Z. . (2024). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN LITERASI KEUANGAN DAN E-COMMERCE BERBASIS DIGITAL BAGI KELOMPOK USAHA PENGOLAHAN STRAWBERRY DI DESA SEMBALUM BUMBUNG KABUPATEN LOMBOK TIMUR. https://jurnal.fe.unram.ac.id/index.php/abdimas/about/Privacy, 5(1), 24–32. https://doi.org/10.29303/independen.v5i1.1084