Pemberdayaan Usaha Souvenir Khas Wisuda Melalui Diversifikasi Produk Untuk Mencapai Optimalisasi Penjualan

Penulis

  • Sri Maryanti S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram
  • Nila Rahayu S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram
  • I G A Arista Pradnyani S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram
  • Suprayanti Maria Dewi S1 Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Mataram
  • Ahmad Zaenal Wafik S1 Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/independen.v5i1.1096

Kata Kunci:

Industri kreatif, Souvenir Khas Wisuda, Diversifikasi produk, Optimalisasi Penjualan

Abstrak

Toko souvenir khas wisuda Princess Mataram Flower merupakan bisnis yang bergerak dalam industri kreatif. Agar bisa tetap bertahan menghadapi persaingan, pelaku usaha dituntut melakukan pengembangan terhadap kreativitas dan inovasi produk sesuai dengan perkembangan selera konsumen. Tujuan dari kegiatan pembedayaan ini adalah untuk memberikan tambahan pengetahuan dan wawasan serta keterampilan terkait strategi pemasaran khususnya diversifikasi produk guna mengoptimalisasi penjualan. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan pemberdayaan dan tahap monitoring dan evaluasi. Hasilnya, pemberdayaan ini berjalan dengan baik dan lancar, mitra antusias mengikuti pemberdayaan dari awal hingga akhir. Dan yang tidak kalah pentingnya, mitra mendapatkan tambahan wawasan, pengetahuan, keterampilan terkait diversifikasi produk, yang dibuktikan dari terciptanya jenis-jenis produk baru yang ditawarkan yang sesuai dengan perkembangan selera konsumen. Dan konsumen mengindikasikan memiliki respons yang positif terhadap keberadaan produk-produk baru tersebut. Hal ini merupakan sinyal awal yang baik dan diharapkan mampu memaksimal omzet penjualan diwaktu yang akan datang.

Referensi

Adnyani, N. K. S., Dantes, K. F., & Agustini, D. A. E. (2020). MARKETING MANAJEMEN DAN DIVERSIFIKASI PRODUK PADA UMKM INDUSTRI KREATIF SOUVENIR. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Media Ganesha FHIS, 1(2), Article 2.

Bhatiasevi, V., & Dutot, V. (2014). Creative industries and their role in the creative value chain – a comparative study of SMEs in Canada and Thailand. International Journal of Entrepreneurship and Innovation Management, 18(5–6), 466–480. https://doi.org/10.1504/IJEIM.2014.064721

Diterbitkan

2024-05-17

Cara Mengutip

Maryanti, S., Rahayu, N., Arista Pradnyani, I. G. A., Maria Dewi, S., & Zaenal Wafik, A. (2024). Pemberdayaan Usaha Souvenir Khas Wisuda Melalui Diversifikasi Produk Untuk Mencapai Optimalisasi Penjualan. https://jurnal.fe.unram.ac.id/index.php/abdimas/about/Privacy, 5(1), 18–23. https://doi.org/10.29303/independen.v5i1.1096