PERHITUNGAN TARGET COSTING DI CV. ARENA FURNITURE UNTUK MENCAPAI TARGET LABA

Penulis

  • Andika Noviawan Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mataram
  • Khairul Mujahidi Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mataram
  • Khaerul Umam Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mataram
  • Diana Sulianti K. Tobing Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember
  • Nida Afifah Amalia Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/independen.v6i1.2143

Kata Kunci:

target_costing, furniture, laba

Abstrak

Kebutuhan masyarakat akan berbagai produk furniture berbahan kayu selalu menunjukkan angka yang tinggi. Fungsi dan nilai estetika yang disajikan oleh produk furniture  tersebut menjadi alasan utama produk ini laris manis di pasaran. Perabotan berbentuk kursi, meja, lemari, dan rak menjadi kebutuhan penting untuk mengisi rumah, kantor, maupun untuk fungsi lainnya. CV. Arena Furniture merupakan perusahaan yang aktif memproduksi berbagai produk furniture di Lombok Barat. Salah satu aspek penting dalam mengelola usaha furniture agar dapat bersaing di pasar adalah pengelolaan keuangan, termasuk mengelola biaya dan penentuan target laba. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pelatihan dan pendampingan langkah-langkah menerapkan target costing pada berbagai produk yang diproduksi CV. Arena Furniture seperti kursi, meja, dan lemari. Hasil kegiatan ini menunjukkan adanya kemampuan pemilik dan karyawan dalam menghitung target costing pada tiga produk furniturenya. Pemilik dan karyawan sudah mampu menghitung target costing secara mandiri dengan spreadsheet yang disediakan tim pengabdian, sehingga di waktu mendatang mereka juga akan mampu menghitung target costing untuk produk furniture lain yang diproduksi.

Referensi

Bardak, T. (2023). Predicting Prices of Case Furniture Products Using Web Mining Techniques. BioResources, 18(4), 7412–7427. https://doi.org/10.15376/biores.18.4.7412-7427

Chandrarin, G., Omar, N., Yuniawan, D., & Lisetyati, E. (2019). Implementation of Target Costing in Indonesia: The Influence of Dynamic Capabilities, Dysfunctional Behaviour and Success Factors in Manufacturing Companies. Asia-Pacific Management Accounting Journal, 14(2), 23–49. https://doi.org/10.24191/APMAJ.v14i2-02

Dinda, B. M. A., Yulinartati, Y., & Maharani, A. (2021). Analisis Penerapan Target Costing dalam Upaya Pengendalian Biaya Produksi pada CV Multi Bangunan. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 5(2), 220–228. https://doi.org/10.23887/jppsh.v5i2.31494

Hakala, I., Autio, M., & Toppinen, A. (2015). Young Finnish and German Consumers’ Furniture Acquisition – Wooden, Inherited or Just Low Price? International Journal of Consumer Studies, 39(5), 445–451. https://doi.org/10.1111/ijcs.12189

Diterbitkan

2025-05-31

Cara Mengutip

Noviawan, A., Mujahidi, K., Umam, K., Tobing, D. S. K., & Amalia, N. A. (2025). PERHITUNGAN TARGET COSTING DI CV. ARENA FURNITURE UNTUK MENCAPAI TARGET LABA. https://jurnal.fe.unram.ac.id/index.php/abdimas/about/Privacy, 6(1), 21–31. https://doi.org/10.29303/independen.v6i1.2143